Wisata  

10 Bonsai Asem Jawa Termahal Beserta Harganya

Avatar
10 Bonsai Asem Jawa Termahal Beserta Harganya

www.daytekno.com – Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam sebuah pot dangkal. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Buat para pecinta tanaman, pasti sudah tidak merasa asing lagi dengan kegiatan yang berasal dari Jepang ini.

Ada banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai, salah satunya adalah asem jawa. Buat kalian yang belum tau, asem jawa atau tamarind adalah salah satu jenis tanaman yang menghasilkan buah asam. Nah, buah asam adalah salah satu yang sering sekali dijadikan campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai penambah rasa asam. Salah satunya adalah sayur asam.

Di alam bebas, tanaman asem jawa bisa tumbuh hingga 30 meter dan diameter batang utama mencapai 2 meter. Batangnya warna cokelat dengan permukaan yang kasar dan beralur. Cabangnya melebar dan membulat dengan ranting-ranting yang rindang. Daunnya juga sangat lebat secara alami.

Asam jawa juga dapat mengeluarkan bunga dan buah. Bunga yang dikeluarkan termasuk bunga majemuk serta lengkap karena memiliki kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Diameter bunganya sangat kecil hanya sekitar 1,5 cm dengan wangi yang harum.

Sementara itu, buah yang dihasilkan oleh asem jawa adalah buah polong berwarna cokelat yang bentuknya mirip seperti kacang tanah dengan kulit yang keras. Saat masih muda, daging buahnya berwarna hijau dan akan berubah menjadi cokelat kemerahan saat telah masak.

Banyak orang yang suka membonsai asem jawa karena daunnya sudah lebat secara alami sehingga tidak perlu perlakuan khusus untuk membuatnya rindang. Selain itu, tanaman asam jawa juga akan berbuah dan berbunga meskipun sudah dibonsai. Jadi, tidak heran apabila banyak orang yang suka membonsai asem jawa.

Harga dari bonsai asem jawa pun berbeda-beda. Tentunya, semakin bagus kualitasnya akan semakin mahal. Ada beberapa yang terkenal memiliki harga cukup fantastis lho.

Baca Juga;  Semarang Zoo, Wisata Kebun Binatang & Edukasi yang Dilengkapi Wahana Permainan

Nah, penasaran apa saja bonsai asem jawa termahal beserta foto dan harganya? Yuk, simak dulu:

1. Cascade

Harga indukan per pot: 750 ribu rupiah

Jenis yang pertama adalah bonsai asem jawa cascade. Dapat kalian lihat dari foto di atas, tanaman ini memiliki bentuk yang unik, yaitu menggantung ke bawah seperti air terjun. Oleh karena itu, tanaman ini disebut juga sebagai bonsai air terjun atau bonsai menggantung.

Keunikan ini tentu membuat harganya cukup mahal, yakni mencapai 750 ribu rupiah per pot untuk indukannya. Namun, tanaman ini sudah bisa ditemukan dengan mudah di seluruh Indonesia lho. Jadi, kalian tidak perlu merasa khawatir ya!

2. Diatas Batu

Harga indukan per pot: 1,2 juta rupiah

Sesuai dengan namanya, tanaman yang satu ini diaplikasikan di atas batu serta mengikat dasar akarnya. Ternyata, ada teknik khusus yang harus diikuti agar bisa mengikat serta menempelkan tanaman di atas batunya lho. Kalian harus belajar terlebih dahulu agar bisa berhasil membuatnya.

Jadi, tidak heran apabila harganya cukup mahal karena proses pembuatannya tidak mudah ya. Harga per potnya mencapai 1,2 juta rupiah untuk indukannya.

3. Besar Juara

Harga indukan per pot: 3,5 juta rupiah

Tentu saja, bonsai asem jawa yang berukuran besar dan pernah memenangkan kontes adalah salah satu yang paling mahal. Jenis tanaman yang satu ini diklaim memiliki kesempurnaan dari segi bentuk, usia, dan ukuran. Buat kalian yang punya salah satunya, ini sangat cocok untuk dilombakan ya.

Harganya pun juga cukup tinggi, yakni dalam kisaran 3,5 juta rupiah per potnya. Namun, semua itu pasti akan sebanding dengan kepuasan batin yang didapatkan lho!

Baca Juga;  Banyak Pantai di Banten, Tetapi Mengapa Harus Pantai Carita? Inilah 7 Alasannya

4. Sedang Juara

Harga indukan per pot: Tidak Diketahui

Sesuai dengan namanya, ukuran jenis bonsai yang satu ini dapat dipastikan lebih kecil daripada yang sebelumnya. Ukurannya berkisar antara 50 hingga 100 cm. Meskipun ukurannya kecil, tidak berarti harganya murah ya. Sebab, tentu perlu kesabaran dan ketelitian agar bisa membentuknya secara maksimal dan mendapatkan hasil yang terindah.

5. Kecil Juara

Harga indukan per pot: Tidak Diketahui

Ada lagi nih, bonsai juara yg ukurannya jauh lebih kecil dari yg sebelumnya. Ukurannya berkisar antara 25 hingga 50 cm lho. Wah, sangat pendek ya! Meskipun begitu, daunnya tetap rindang lho. Jadi, bisa dijadikan sebagai peliharaan di rumah. Namun, akan sedikit merepotkan ya karena ukurannya yg sangat kecil dan bentuk daunnya yg unik.

Buat para pecinta tanaman, apakah kalian mau memelihara tumbuhan yg satu ini?

6. Lokal

Harga indukan per pot: Tidak Diketahui

Foto di atas merupakan salah satu bonsai hasil karya seorang seniman dalam negeri. Tanaman ini merupakan hasil dongkelan dari hutan sehingga bentung batang utamanya terlihat sangat menarik. Kesan artistik pun terpancar dari tumbuhan yg satu ini karena dibuat dengan gaya tertiup angin.

7. Karya Seniman Purwakarta

Harga indukan per pot: Tidak Diketahui

Ada lagi nih, sebuah bonsai yg merupakan karya dari seniman lokal asal Purwakarta. Keindahan dan keunikan yg dimiliki pun tidak kalah dengan yg lain ya. Batangnya meliuk-liuk, dapat kalian lihat di fotonya. Untuk membuatnya, tentu perlu keahlian yg tinggi. Jadi, meskipun harganya tidak diketahui secara pasti, kisarannya mahal.

8. Juara Kontes Provinsi

Harga indukan per pot: Tidak Diketahui

Nah, kalo bonsai yg satu ini kabarnya pernah menjuarai kontes provinsi lho. Wah, jadi tidak kalah bagus dan mahal ya! Apalagi, rupanya bonsai ini merupakan hasil dongkelan sehingga memiliki dasar yg cukup menarik. Jadi, buat para pecinta tanaman, apakah menurut kalian bentuknya bagus?

Baca Juga;  Bagaimana Akses Jalan Menuju Lokasi Pantai Nguyahan Gunung Kidul, Hari Ini Buka Atau Tutup?

9. Juara Kontes Internasional

Harga indukan per pot: Tidak Ternilai

Jika tadi ada yg memenangkan kontes tingkat provinsi, kali ini juga ada yg tidak kalah menarik karena telah memenangkan kontes internasional di Hong Kong. Dapat kalian lihat pada foto di atas, pohonnya ada beberapa sehingga terkesan seperti hutan yg realistis ya. Jadi, meskipun harganya tidak diketahui secara pasti, namun perkiraan nominalnya tinggi.

10. Tertua

Harga indukan per pot: USD 100 ribu (1,4 miliar rupiah)

Nah, kalo jenis yg satu ini mahal karena umurnya yg sudah sangat tua, yakni mencapai 70 tahun. Meskipun ini merupakan hasil karya dari seniman dalam negeri, ternyata pernah ditawar mencapai USD 100 ribu atau setara dengan 1,4 miliar rupiah lho!

Itulah beberapa jenis bonsai asem jawa termahal beserta gambar dan harganya. Buat kalian yg suka membonsai, beberapa jenis yg ada di atas bisa dijadikan sebagai inspirasi tambahan ya. Bagi para pemula yg ingin belajar, kalian bisa mempelajari ilmu tanaman di Youtube maupun langsung dengan penjaga toko.

Jika kalian mau beli langsung di toko, tentu harganya akan lebih mahal. Oleh karena itu, pastikan dirawat dengan baik setelah kalian beli ya. Nah, ada banyak cara dan tips yg bisa diikuti lho untuk merawat tanaman bonsai asem jawa dengan baik. Tentunya, semakin bagus kualitasnya pasti harganya juga semakin tinggi.

Perlu kalian ketahui, bahwa harga yg tertera di atas tidak bersifat mengikat sebelum terjadinya transaksi. Harga juga bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari sumber, umur, dan kualitas tanaman.