Wisata  

10 Daftar Biaya Hidup di Turki, Murah Atau Mahal Untuk Pekerja dan Mahasiswa?

Avatar
10 Daftar Biaya Hidup di Turki, Murah Atau Mahal Untuk Pekerja dan Mahasiswa?

www.daytekno.com – Menempuh pendidikan di luar negeri adalah impian dari sebagian besar mahasiswa. Selain bisa melatih kemandirian, kuliah di luar negeri adalah salah satu jalan agar bisa memiliki komunitas internasional.

Beberapa negara yang menjadi tujuan favorit mahasiswa internasional antara lain Amerika Serikat, Singapura, Australia, Inggris, dan negara-negara Eropa Barat seperti Belanda, Jerman, Perancis, dan lain-lain.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Turki telah menjadi salah satu tujuan yang cukup terkenal bagi mahasiswa internasional, terutama para pelajar dari Indonesia. Biaya hidup yang murah disebut-sebut sebagai salah satu alasan terkait hal ini.

Nah, sebenarnya berapa sih biaya hidup di Turki per bulan untuk mahasiswa tahun 2022? Apakah perlu untuk ambil beasiswa? Yuk, kita lihat dulu rinciannya:

1. Tempat Tinggal

Tentu saja, hal paling penting yang harus kalian pikirkan saat merantau ke Turki adalah tempat tinggal. Pastinya tidak mau terluntang-lantung di jalanan kan? Nah, ada dua opsi tempat tinggal yang bisa dipilih, yaitu asrama dan sewa rumah.

Bagi mahasiswa yang baru saja merantau buat pertama kalinya atau mereka yang anti ribet, asrama bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menekan pengeluaran untuk uang transportasi, tinggal di asrama juga menekan biaya utilitas dan konsumsi lho.

Di asrama, mahasiswa akan diberikan sarapan dan makan malam dalam sehari. Biaya sebulan buat asrama berkisar dari TRY 300 hingga TRY 500. Namun, konsekuensinya kalian harus berbagi kamar dengan orang lain sehingga minim privasi.

Buat mahasiswa yang mau sewa rumah juga bisa lho, namun harganya tergantung dari beberapa faktor seperti letaknya, luas hunian, dan apakah termasuk perabotan atau tidak. Harga sewa rumah di Istanbul atau Ankara pasti lebih mahal daripada di Kota Bursa.

Tentunya, tinggal di rumah akan memakan lebih banyak biaya. Kalian harus membayar sewa rumah sebesar TRY 600 hingga 1.000. Di kota yang lebih besar seperti Istanbul harga sewa rumah bisa mencapai TRY 1.600 untuk satu bulan!

Baca Juga;  Ini Dia Pilihan Jasa Terbaik di Kota Bandung Jika Mau Melakukan Epoxy Lantai

Selain biaya sewa rumah, kalian juga harus membayar uang kebersihan sebesar TRY 30 dan tagihan utilitas.

Satu tips untuk menghemat jika ingin sewa rumah adalah dengan mencari teman serumah minimal dua orang. Nah, dengan begini kalian bisa membagi total pengeluaran rumah untuk ditanggung bersama-sama kan!

2. Tagihan Utilitas

Dengan memiliki sebuah tempat tinggal, tentunya ada biaya utilitas yang harus kalian bayar. Bagi yang tinggal di asrama, biaya utilitas sudah ditanggung jadi tidak perlu lagi mengeluarkan uang.

Namun, bagi mahasiswa yang tinggal di rumah, tagihan utilitas adalah pengeluaran lain yang harus ditanggung dalam sebulan. Biaya utilitas mencakup hal-hal seperti listrik, air, dan gas. Jumlahnya bisa berbeda per orang, tergantung pemakaian.

Tagihan listrik rata-rata mencapai TRY 120 per bulan, sementara untuk air kira-kira TRY 60. Perlu diketahui juga, kalian akan memerlukan gas untuk menghidupi kompor dan pemanas ruangan saat musim dingin tiba.

Pengeluaran gas untuk musim dingin bisa mencapai TRY 200 hingga 400, sementara untuk musim di luar winter hanya berkisar dari TRY 40 hingga 50 per bulan. Jadi, rata-rata untuk gas adalah sebesar TRY 255 per bulan.

3. Makan dan Minum

Kebutuhan lain yang diperlukan untuk bertahan hidup adalah makan dan minum. Nah, satu lagi keuntungan buat yang tinggal di asrama adalah makan pagi dan malam sudah ditanggung jadi kalian hanya perlu untuk membeli makan siang saja.

Bagi kalian yang tinggal di asrama, mungkin hanya perlu mengeluarkan uang makan sebesar TRY 10 per hari atau TRY 300 per bulan. Wah, cukup murah ya?

Namun, bagi para mahasiswa yang tinggal di rumah sendiri, ada dua pilihan yaitu untuk masak dan beli di luar. Jika makan dua kali sehari, maka dalam sebulan diperlukan uang makan minimal TRY 600.

Baca Juga;  10 Referensi Wisata Alam Danau di Negara Indonesia Yang Keindahannya Tak Tertandingi, Wajib Kalian Kunjungi!

Tentunya, pilihan termurah adalah dengan masak sendiri di rumah. Kalian hanya perlu beli bahan-bahan mentah untuk diolah. Selain lebih murah, tentunya lebih sehat dan bersih juga lho!

Begitupun dengan minuman, kalian bisa menyediakan air galon di rumah. Rata-rata harga air galon sebesar TRY 12. Dalam sebulan, kira-kira kalian memerlukan sebesar TRY 96 untuk air galon.

4. Biaya Transportasi

Untuk menunjang mobilitas, tentunya kalian juga perlu mengeluarkan budget untuk biaya transportasi. Nah, jumlah untuk pengeluaran ini juga tergantung mobilitas dan tempat tinggal masing-masing ya.

Bagi mahasiswa yang tinggal di asrama, mungkin kalian tidak akan mengeluarkan biaya transportasi sebanyak mereka yang tinggal di rumah sendiri, apalagi cukup jauh dengan kampus.

Nah, buat yang tinggal di rumah, biaya transportasi yang dikeluarkan tergantung dari jarak rumah masing-masing ke kampus. Tarif bus satu kali jalan adalah TRY 1,5. Untuk pulang pergi, dalam sehari akan mengeluarkan TRY 3.

Jika kalian memang sering menggunakan transportasi umum, belilah kartu bulanan sebesar TRY 60 per bulan.

5. Komunikasi

Agar tetap bisa terhubung dengan keluarga di tanah air dan teman-teman, tentunya kalian perlu membeli paket data untuk ponsel. Harga untuk paket data juga bermacam-macam, tergantung dari provider dan paket yang ditawarkan.

Rata-rata, perantau akan memerlukan TRY 50 per bulan untuk membeli paket data buat ponsel. Jika kalian perlu pasang wifi di rumah, maka akan ada pengeluaran tambahan sebesar TRY 90 per bulan.

6. Biaya Kuliah

Bagi para mahasiswa, biaya kuliah adalah pengeluaran lain yang tidak kalah pentingnya. Nah, ini juga berbeda ya tergantung dari kampus, program studi, serta jumlah SKS yang kalian ambil.

Baca Juga;  10 Referensi Daftar Rental Mobil di Wilayah Pamulang Tengerang Selatan Untuk Menunjang Mobilitasmu

Buat kalian yang mendapatkan beasiswa, tentunya biaya kuliah sudah ditanggung jadi tidak akan menjadi tanggung jawab dari mahasiswa lagi.

7. Belanja Bulanan

Sebagai mahasiswa yang merantau, kalian juga perlu belanja berbagai kebutuhan bulanan yang mencakup bahan-bahan masak, serta perlengkapan kebersihan untuk rumah dan badan. Biaya untuk hal ini juga berbeda setiap orang, tergantung gaya hidup.

Harga bahan-bahan pokok di Turki tidak terlalu mahal lho. Beras 5 kg dihargai sebesar TRY 20 per karung, ayam dihargai TRY 20 per kemasan, 30 buah telur dihargai TRY 15, sayur per minggu TRY 30, mie dihargai TRY 2.

Jadi, untuk belanja bahan makanan saja kalian memerlukan kurang lebih TRY 470 per bulan!

8. Hiburan dan Rekreasi

Jika kalian butuh melepas penat, tentunya ada biaya lain yang perlu dikeluarkan. Misalnya, untuk ngopi di kedai kopi kalian setidaknya perlu TRY 15 atau untuk makan fast food kalian perlu TRY 18 per satu kali makan.

Namun, ini berbeda setiap orang ya, dan karena ini pengeluaran sekunder jadi tidak wajib lho.

9. Biaya Lainnya

Kalian juga pasti perlu membeli perlengkapan kebersihan seperti sabun, shampoo, obat pel, sabun cuci tangan, sabun cuci piring, dan lain-lain. Untuk membeli barang-barang ini, setidaknya kalian memerlukan sebesar TRY 105 per 3 bulan atau 35 per bulan

10. Total dan Kesimpulan

Jadi, minimal biaya yang diperlukan untuk menanggung kehidupan kalian di Turki adalah sebesar TRY 2.400 atau setara dengan Rp. 4.465.926 per orang. Angka ini berlaku jika 1 TRY sama dengan Rp. 1.860. Wah, cukup murah ya?

Perlu diketahui, bahwa angka di atas tidak bersifat mutlak karena tergantung dari gaya hidup masing-masing orang dan kurs valuta asing. Buat yang mendapat beasiswa, kalian akan mendapatkan uang saku setiap bulannya.