Wisata  

10 Daftar Nama Pantai Indah di Wilayah Sulawesi Selatan Yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Avatar
10 Daftar Nama Pantai Indah di Wilayah Sulawesi Selatan Yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

www.daytekno.com – Terbentuk dari ribuan pulau-pulau dan terkenal memiliki garis pantai terpanjang, maka tak heran jika Indonesia memiliki segudang bahari yang sangat menakjubkan.

Seperti sejumlah pantai di Sulawesi selatan misalnya, hampir seluruh bahari di provinsi ini memiliki pesona cantik, wajar saja bila wisatawan menjadikan wilayah tersebut sebagai destinasi liburannya.

Nah, bagi yang hendak bertandang ke Sulsel, berkunjung ke salah satu dari daftar nama pantai terbaik dibawah ini mungkin bisa jadi pilihan paling tepat untuk mengisi momen liburanmu.

1. Tanjung Bira

Alamat: Jln.Tanjung Bira, Bonto Bahari, Kab.Bulukumba, Kota Makassar, Sulawesi SelatanMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.10.000

Objek wisata Tanjung Bira mendadak populer di era media sosial. Deretan gambar dan juga foto-foto indah pantai ini pun menjadi buah bibir bagi para penggila traveling.

Maka tidak heran bila nama Tanjung Bira ini menduduki peringkat pertama sebagai destinasi liburan yang paling wajib untuk dikunjungi saat sedang berada di Sulawesi khususnya bagian selatan.

Terletak di kabupaten Bulukumba dan berjarak hanya sekitar 250 km dari kota Makassar, Tanjung Bira ini dihiasi dengan hamparan pasir putih halus mirip seperti gula.

Selain itu, bahari tersebut juga memiliki batu karang di sepanjang pantainya, sehingga bila kita memandang dari atas akan tampak menyerupai sebuah lengkungan dengan berbagai gradasi warna.

Tak hanya menyuguhkan panorama tercantik, tempat ini juga menawarkan kegiatan menyenangkan seperti snorkeling, diving, naik banana boat, memancing hingga berkeliling pulau.

2. Losari

Alamat: Jln.Penghibur, Makassar, Sulawesi SelatanMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Gratis

Berlokas di ibukota Sulsel yakni Makassar, pantai Losari di jalan Penghibur ini pun dikenal sebagai ikon kota. Jadi wajar saja bilamana bahari tersebut kerap menjadi destinasi wisata utama para wisatawan.

Baca Juga;  20 Tempat Wisata di Pandeglang Terbaru & Paling Hits

Berkunjung ke kota Angin Mammiri (julukan Makassar), tak lengkap rasanya kalau tidak menjejakkan kaki ke bahari bagus satu ini.

Di pantai yang kerap dijadikan soal TTS ini kita dapat menikmati pemandangan sunset atau matahari terbenam sempurna, apalagi bila ditemani dengan pisang Epe, makanan khas kota Makassar.

3. Laguna

Alamat: Pao-Pao, Tanete Rilau, Kab.Barru, Sulawesi SelatanMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: GratisNo.Telp: 0823 5241 3900

Melipir sejenak ke Kabupaten Barru, di daerah ini pun ada sebuah objek wisata bahari yang baru dan keindahannya juga tak kalah seperti pantai-pantai di kota lainnya.

Memiliki lokasi tepat di desa Pao-Pao, bahari Laguna siap memanjakan para pengunjungnya dengan pesona indahnya dan juga sederet fasilitasnya mulai dari gazebo, banana boat hingga spot foto.

Selain itu, meskipun lokasi agak jauh dari jalan raya namun di tempat keren yang dipenuhi dengan biota ubur-ubur ini kita masih dapat memanjakan keluarga tercinta.

4. Topejawa

Alamat: Topejawa, Mangara Bombang, Kab.Takalar, Sulawesi SelatanMap: Klik DisiniHTM: Rp.10.000(Anak-anak), Rp.15.000-Rp.25.000(Dewasa)No.Telp: 0822 9648 7462

Berkat adanya 3 buah kolam renang besar di kawasan bibir pantai, membuat bahari Topejawa yang berada di daerah Mangara Bombang ini masuk sebagai destinasi incaran oleh banyak wisatawan.

Dan tak cukup hanya menawarkan wahana berenang, spot keren satu ini juga turut menyediakan sederet fasilitas pendukung lainnya mulai dari Mini Garden sampai restoran khusus seafood.

5. Tanjung Pallete

Alamat: Jln.Tanjung Pallete No.01, Kab.Bone, Sulawesi selatanMap: Klik DisiniJam Buka: Senin-Jumat(08.00-18.00), Sabtu-Minggu(08.00-17.00)HTM: Rp.10.000-Rp.20.000

Tidak seperti bahari pada umumnya yang menyuguhkan hamparan pasir putih, Tanjung Pallete ini justru menawarkan kawasan obyek wisata berupa karang-karang terjal.

Walaupun karangnya terjal namun panorama dari puncak bahari ini sangatlah indah, ditambah lagi semilir angin berhembus begitu sejuk dan deburan ombaknya memecahkan keheningan.

Baca Juga;  10 HP Oppo Termahal di Dunia, Harganya Sampai Belasan Juta!

6. Pa’badilang

Alamat: Ds.Bongaiya, Kec.Bontomatene, Kep.Selayar, Sulawesi SelatanMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.10.000No.Telp: 0821 8888 4788

Selain pantai Baloiya, Kepulauan Selayar juga masih menyimpan satu lagi surga bahari tersembunyi dengan pemandangan terindah dihiasi air laut yang super jernih.

Walau tempatnya jauh namun sensasi yang disajikan memang luar biasa dan bisa dijamin tidak akan membuat kita kecewa setelah mengunjunginya.

Bahari yang masih jarang dikunjungi tersebut masih sangat alami dan terjaga kelestariannya. Bisa dibilang bjek Pa’badilang ini adalah surganya bagi para pecinta alam.

Nama objek wisata satu ini sendiri diambil dari bahasa Selayar yakni Pa’badilang yang mana memiliki arti sebagai tempat berperang.

7. Lemo-Lemo

Alamat: Tanah Lemo, Bonto Bahari, Kab.Bulukumba, Sulawesi SelatanMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: GratisNo.Telp: 0852 1390 7828

Dihiasi dengan pasir putih halus dan diselimuti oleh hutan rindang serta dihuni sekawan monyet liar, membuat pantai bahari Munte atau Lemo-Lemo ini benar-benar terjaga keasriannya.

Buat yang ingin bersantai sejenak, objek Munte ini menjadi tempat paling tepat untuk dikunjungi karena selain ditemani deburan ombak, mata juga akan dimanjakan dengan jejeran pohon kelapa.

Meskipun cantik, namun sayang pantai ini masih sangat jarang dikunjungi. Hal tersebut dikarenakan baharinya dianggap angker oleh masyarakat sekitar.

Ditambah lagi dengan adanya sebuah sumur tua berusia ratusan tahun dan pekuburan di pintu masuknya membuat suasana bahari Lemo-Lemo semakin tampak menyeramkan.

8. Marina Bantaeng

Alamat: Baruga, Pa’jukukang, Kab.Bantaeng, Sulawesi SelatanMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.3.000(Anak-anak), Rp.5.000(dewasa)

Objek wisata baharu ini bisa dibilang masih baru yang langsung terkenal. Hal tersebut dikarenakan pembangunannya cukup megah serta didukung dengan prestasi bupatinya juga telah mendunia.

Baca Juga;  Saloka Theme Park, Taman Hiburan Seru dengan Beragam Wahana di Semarang

Terletak di dusun Korong Batu kabupaten Bantaeng, objek wisata Marina ini mengambil posisi tepat di pintu masuk menuju pantai-pantai lainnya di Bulukumba.

Dilengkapi dengan sederet fasilitas standart dunia menjadikan objek wisata Marina ini sebagai salah satu destinasi yang patut untuk dikunjungi.

9. Baloiya

Alamat: Ds.Patikarya, Kec.Bontosikuyu, Kep.Selayar, SulselMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Gratis

Kabupaten di wilayah paling ujung Sulawesi selatan ini memiliki banyak sekali objek wisata bahari yang minta ampun indahnya, salah satu contohnya adalah pantai Baloiya.

Berada satu gugusan dengan Taman Nasional Takabonerate, objek Baloiya ini keindahannya sungguh membuat hati terasa tentram. Sebuah spot yang sangat tepat untuk menikmati keindahan sunrise maupun sunset.

10. Kasuso

Alamat: Darubiah, Bonto bahari, Kab.Bulukumba, Sulawesi SelatanMap: Klik DisiniJam Buka: 24 JamHTM: Gratis

Meskipun lokasinya dekat Tanjung Bira dan menyimpan keindahan luar biasa namun karena belum dibuka secara umum sebagai destinasi wisata membuat spot Kasuso ini masih belum dikenal publik.

Walau begitu, bahari ini juga sudah semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama dari lokal yang ingin melihat monumen batu di bibir pantainya.