www.daytekno.com – Sejak lama, Jogjatelah menjadi salah satu destinasi pilihan favorit untuk liburan bagi para turis domestik maupun mancanegara. Hal ini disebabkan karena Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki sejuta pesona yang mampu menarik perhatian masyarakat.

Banyak sekali objek wisata di Yogyakarta yang bisa dieksplor, dari obyek wisata alam, sejarah, budaya, kuliner, hingga wisata buatan. Beberapa di antaranya sudah terkenal sejak lama seperti Keraton, Jalan Malioboro, Hutan Pinus Imogiri, Pantai Indrayanti, dll.

Kini, semakin banyak obyek wisata yang telah terekspos karena kecanggihan teknologi. Beberapa di antaranya menjadi terkenal karena memiliki spot fotogenik yang menarik perhatian masyarakat, terutama para millennials.

Berikut ini merupakan 10 tempat wisata instagramable di Jogja 2022 yang bisa kalian kunjungi untuk mengisi liburan sambil berfoto-foto. Simak, yuk!

1. Taman Sari

    Alamat: Jl. Komplek Taman Sari, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 09.00 – 15.00

    HTM: Rp. 5.000 (Domestik) dan Rp. 12.000 (Mancanegara)

Berdiri sejak tahun 1758, Taman Sari merupakan sebuah tempat pemandian untuk keluarga Keraton Yogyakarta. Bangunannya masih berdiri dengan kokoh hingga kini, namun tidak lagi dijadikan tempat pemandian, hanya sebagai tempat wisata saja.

Melewati dua pintu ke dalam, kalian akan melihat dua buah kolam di tengah istana ini dengan airnya yang sangat kebiruan. Meskipun sangat menggoda, namun wisatawan tidak diizinkan untuk berenang di sini.

2. Air Terjun Luweng Sampang

    Alamat: Jl. Juminahan, Mongkrong, Desa Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 24 Jam

    HTM: Gratis

    No Telp: 0812-3344-8050

Baca Juga;  Jangan Dilewatkan! 15 Objek Wisata di Indramayu Yang Terbaik

Destinasi wisata yang kerap disebut sebagai Grand Canyon-nya Yogyakarta ini terletak di kawasan Gunung Kidul. Tebing bebatuan yang terbentuk akibat adanya aliran air secara terus menerus ini ternyata menawarkan keindahan yang tiada duanya.

Uniknya lagi, warna air terjun ini berganti sesuai musim. Saat musim hujan, debitnya mengalir deras akan membuat air berwarna coklat tanah. Sementara saat musim kemarau, terlihat berwarna biru tosca dengan kejernihan yang sangat terlihat.

3. Air Terjun Kuncung Mas

    Alamat: Jl. Sermo – Girimulyo, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 08.00 – 17.00

    HTM: Gratis

Satu lagi air terjun yang wajib dikunjungi saat sedang di Jogja adalah Air Terjun Kuncung Mas di kawasan Kulon Progo. Warna biru tosca pada air kolamnya saja sudah menggoda para wisatawan untuk menceburkan diri.

Tempat ini sangat pas bagi kalian yang ingin berendam di tempat yang jauh dari keramaian. Kalian bisa membawa floaties sendiri untuk dinaiki dan berswafoto ria di sini.

4. Teras Kaca Pantai Nguluran

    Alamat: Bolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 09.00 – 17.00

    HTM: Rp. 10.000 (Pantai Nguluran) dan Rp. 25.000 (Teras Kaca)

    No Telp: 0822-3214-5415

Pemandangan hamparan laut biru luas di Pantai Nguluran memang sangat memanjakan mata para wisatawan. Menariknya lagi, di sini kalian bisa menguji adrenalin di atas jembatan teras kaca yang terletak di ketinggian.

Di bawah jembatan teras kaca ini adalah tebing-tebing karang dengan ombak yang tidak pernah berhenti. Namun, di tempat ini kalian bisa berfoto-foto dengan latar hamparan laut biru yang luas lho!

5. Telaga Biru Semin

    Alamat: Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Geneng, Candi Rejo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Jawa Tengah

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 06.00 – 18.00

Baca Juga;  35 Tempat Wisata di Blitar Terbaru yang Lagi Hits 2022

Kerap dijuluki sebagai Danau Kelimutu-nya Yogyakarta, Telaga Biru Semin memiliki warna air biru tosca yang menarik perhatian wisatawan. Bukit kapur di tengahnya membuat wisatawan serasa berada di Raja Ampat.

Di tempat ini, kalian bisa hunting foto sepuasnya dan juga bisa berenang di telaga. Harga sewa untuk ban renang adalah sebesar Rp. 10.000 saja. Apabila merasa lapar , banyak warung kecil yang menjual makanan di dekat sini.

6. Studio Alam Gamplong

    Alamat: Jl. Gamplong No. 1, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman, Yogyakarta

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 08.00 – 17.00

    HTM: Sukarela

    No Telp: 0878-2368-2000

Siapa bilang Indonesia tidak punya tempat seperti Hollywood? Cobalah untuk berkunjung ke Studio Alam Gamplong yang sering disebut sebagai Hollywood milik Indonesia karena tempat ini merupakan tempat set beberapa film.

Beberapa film yang pernah mengambil lokasi syuting di sini adalah Sultan Agung the Untold Story dan Bumi Manusia. Banyak sekali spot fotogenik yang bernuansa zaman dulu di tempat ini.

7. The Lost World Castle

    Alamat: Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 07.00 – 18.00

    HTM: Rp. 30.000 – 50.000

Ingin berfoto-foto di kastil megah seperti di Eropa? Datanglah ke The Lost World Castle di lereng Gunung Merapi. Tempat wisata kekinian ini tentu menawarkan berbagai spot fotogenik dari bangunan hingga lukisan-lukisan 3D lho!

Di sini juga ada Rumah Hobbit seperti di negeri fantasi. Selain berfoto-foto di spot fotogenik yang kekinian, kalian juga bisa menikmati keindahan panorama dari lereng Gunung Merapi dari sini.

8. History of Java Museum

    Alamat: Jl. Parangtritis KM 5.5, Tarudan, Tarudan, Bangunharjo, Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 09.00 – 18.00

    HTM: Rp. 40.000

    No Telp: 0857-4822-8300

Siapa bilang semua museum itu membosankan? Berkunjunglah ke History of Java Museum, kalian akan terbukti salah. Meskipun bertemakan sejarah, museum tersebut jauh dari kata membosankan.

Baca Juga;  8 Referensi Homestay Daerah Tulungagung Jawa Timur Memiliki Fasilitas dan Pelayanan Terbaik Mulai 60 Ribu

Selain memiliki berbagai koleksi benda purba, museum ini dilengkapi dengan Augmented Reality yang membuat museum ini semakin menarik. Berbagai spot selfie pun siap untuk menjadi latar foto kalian nih!

9. Agro Wisata Bhumi Merapi

    Alamat: Jl. Kaliurang KM. 20, Sawangan, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Map: Klik Disini

    Jam Buka: 08.30 – 17.00

    HTM: Rp. 25.000

    No Telp: 0816-680-515

Satu lagi tempat wisata kekinian di Jogja yang bisa kalian kunjungi adalah Agro Wisata Bhumi Merapi. Spot ini menawarkan perpaduan konsep pertanian, perkebunan, serta peternakan.

Oleh karena itu, tidak heran apabila kalian bisa berinteraksi dengan hewan-hewan ternak di sini. Selain itu, berbagai spot selfie seperti di luar negeri pun juga siap menjadi latar foto kalian lho!

10. Romantic Garden Bantul

    Alamat: Jl. Lintas Selatan, Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

    Map:Klik Disini

    Jam Buka: 07.00 – 17.30 (Senin – Jumat) dan 06.00 – 18.00 (Sabtu – Minggu)

    HTM: Rp. 8.000

    No Telp: 0813-2765-3115

Tidak hanya di luar negeri, Jogja juga punya taman bunga berwarna-warni yang enak untuk dipandang mata lho! Datanglah ke Romantic Garden Bantul, di sini kalian bisa berfoto-foto dengan bunga-bunga cantik.

Beberapa jenis bunga yang bisa dilihat di sini antara lain bunga kertas, bunga matahari, jengger, dan lain-lain. Tempat ini buka sejak pagi, jadi kalian bisa datang pagi-pagi sebelum keramaian memuncak ya!

Itulah 10 tempat wisata instagramable di Jogja yang bisa kalian kunjungi untuk liburan sambil hunting foto-foto cantik untuk feeds Instagram kalian. Tempat-tempat di atas memang memiliki spot foto yang menggoda masyarakat, terutama kaum millennials.

Jangan lupa untuk siapkan outfit of the day dan bawa kamera dengan kualitas yang baik ke sini ya!

0
Bagikan:
x