Wisata  

10 Gambar Bukit Pentulu Indah Kebumen, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Rute Jalur Menuju Wisata + Jam Buka Tutup

Avatar
10 Gambar Bukit Pentulu Indah Kebumen, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Rute Jalur Menuju Wisata + Jam Buka Tutup

www.daytekno.com – Lokasi: Desa Hepii, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54353, IndonesiaMAP: KlikDisiniHTM: Rp 5.000/ orangBuka/Tutup: Senin-Minggu (06.00-21.00 WIB)Telepon: N/A

Indonesia menyimpan sejuta keindahan alam yang patut kita lestarikan. Kebumen menjadi salah satu Kota yang memiliki banyak pesona alam sebagai tempat wisata. Pentulu Indah adalah tempat wisata yang hits dikalangan wisatawan, terlebih bagi anak muda.

Para wisatawan sekarang lebih memilih tempat wisata yang memiliki berbagai spot foto menarik. Tidak salah jika Pentulu Indah menjadi tempat wisata favorit karena memiliki banyak spot foto yang menyuguhkan pemandangan begitu indah.

Pemandangan dari atas bukit ini akan lebih indah jika terdapat wisata air yang melengkapi, seperti waduk. Sayangnya, kawasan di Pentulu Idah belum memiliki waduk sehingga pemandagan masih terbatas pada pohon pinus dan pemandangan pepohonan lain.

Banyak wisatawan yang datang ke Pentulu Indah pada pagi hari agar dapat menikmati pemandangan sunrise dari atas bukit. Tempat ini sangat cocok untuk merasakan hangatnya sinar matahari.

Terlebih dengan adanya gunung kembar Sumbing Sindoro yang berada di ketinggian sekitar 300 Mdpl sebagai latar belakangnya. Meskipun gunung ini tidak begitu tinggi tapi cukup untuk memberikan pemandangan mempesona dari spot di PI.

Apabila cuaca cerah dan mendukung pada pagi hari, kita dapat melihat pemandangan hutan di lembah Sungai Luk Ulo yang masih berkabut. Tidak heran jika Pentulu Indah sering dijadikan tempat untuk berkemah karena selain pesona alamnya, PI memiliki area cukup luas.

Kelebihan lainnya dari tempat wisata ini adalah harga tiket masuk yang sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 5.000/ orang. Anda juga harus menyediakan uang untuk biaya parkir sekitar Rp 2.000.

Baca Juga;  10 Jasa Sedot WC di Cilacap Murah Mulai Rp.350 Ribu, Termasuk Nomor Telepon dan Whatsapp-nya

Dengan biaya yang terjangkau ini, Anda sudah bisa menikmati pesona Pentulu Indah dengan puas. Selain itu, Anda sudah bisa mendapatkan foto dengan latar belakang menarik yang cocok untuk diposting di media sosial.

Fasilitas Pentulu Indah

Selain tempat untuk camping, Anda juga akan menemukan failitas lain berupa fasilitas out bond, seperti flying fox. Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk merasakan sensasi terjun dari bukit pepohonan sambil menikmati pemandangan lebih leluasa.

Hamog juga menjadi fasilitas favorit bagi pengunjung Pentulu Indah. Anda dapat menyewa hamog yang sudah terpasang di pepohonan pinus. Jadi, Anda bisa bersantai dengan suasana sejuk dan menyenangkan.

Fasilitas utama untuk mendapatkan foto yang menarik, Anda dapat menaiki kayu yang dibuat panggung pada pohon. Dari atas sinilah Anda akan melihat pemandangan yang begitu mempesona. Tapi, berhati-hatilah ketika menaikinya.

Biasanya, satu pohon hanya bisa digunakan untuk sedikit orang saja, tergantung kekuatan kayu tersebut. Tidak heran jika dalam satu spot terkadang ada yang jaga untuk mengkondisikan para wisatawan yang ingin berfoto.

Apabila Anda merasa lelah atau lapar, bisa berkunjung ke warung yang tersedia. Di warung tersebut, Anda bisa memilih makanan sesuai selera dan cocok dimakan di tempat yang sejuk. Biasanya para wisatawan memilih kopi sebagai teman bersantai dalam menikmati pemandangan.

Meskipun terdapat warung, Anda juga bisa membawa sendiri makanan dan minuman dari rumah agar lebih hemat. Terlebih jika Anda berwisata bersama keluarga atau sekumpulan orang maka akan terasa lebih nikmat.

Rute Jalur Menuju Wisata

Akses menuju bukit pentulu indah cukup mudah karena sudah bisa diakses oleh kendaraan. Selain itu, sudah ada berbagai petunjuk jalan yang bisa diikuti untuk mempermudah perjalanan.

Baca Juga;  5 Pulau Cantik di Jawa Timur Menarik untuk Dijelajahi

Dari alun-alun Kebumen, Anda bisa mengambil arah menuju pasar Mertokondo, kemudian belok kanan atau utara menuju jalan Karangambung. Setelah melalui LIPI di kanan jalan, masuk ke gang dengan papan petunjuk kayu berwarna biru dengan tulisan PI 1,5 Km.

Jika Anda sudah menjumpai banyak pohon pinus dengan gapura bertuliskan “Wisata Alam Pentulu Indah”, artinya Anda sudah sampai di kawasan wisata. Anda masih harus berjalan untuk sampai ke puncak bukit. Bagi Anda yang tidak pernah olahraga, mungkin akan terasa sedikit capek.

Jika Anda masih kebingungan dalam perjalanan menuju Pentulu Indah, Anda bia menggunakan google maps. Teknologi ini akan memberikan petunjuk secara jelas dan detail mengenai rute menuju lokasi. Letak Pentulu Indah dapat Anda lihat dari denah di google map.

Tips Liburan ke Pentulu Indah

Bagi Anda yang baru pertama berlibur di tempat ini, diperlukan tips dan trik khusus agar liburan terasa lebih menyenangkan. Berikut ini adalah tips liburan di Pentulu Indah:

    Datanglah lebih pagi atau sebelum matahari terbit agar bisa menikmati indahnya sunrise dari puncak bukit.

    Membawa kamera atau ponsel dengan kualitas foto yang bagus agar dapat menangkap keindahan Pentulu Indah.

    Weekend dan hari libur menjadi waktu favorit bagi anak mudah untuk datang ke pentulu indah, jadi hindari memilih hari tersebut agar tidak begitu ramai sehingga Anda bisa menikmati pemandangan lebih leluasa.

    Meskipun berupa wisata alam bebas, tapi jangan membuang sampah sembarang karena akan mencemari lingkungan sekitar dan merusak pemandangan yang indah.

    Gunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke tempat wisata, lebih baik menggunakan motor dibanding mobil.

Tempat wisata Pentulu Indah dapat dijadikan destinasi yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Jangan sia-siakan pengalaman indah di tempat ini maka abadikan dengan foto bersama orang yang Anda ajak.