Wisata  

10 Oleh-Oleh Khas Dari Negara India Yang Paling Banyak Diburu Wisatawan, Simak Ini

Avatar
10 Oleh-Oleh Khas Dari Negara India Yang Paling Banyak Diburu Wisatawan, Simak Ini

www.daytekno.com – Begitu mendengar kata India, yang terlintas pertama kali di pikiran Sabahat JejakPiknik pasti tentang film Bollywood dengan tarian serta nyanyian khas, benar?

Yup, namun sebenarnya selain memiliki perindustrian film yang maju, negara India ini juga ternyata mempunyai banyak sekali tempat wisata menarik dan layak untuk dikunjungi sebut saja seperti Taj Mahal, Jaipur, New Delhi, Goa serta lain sebagainya.

Nah, saat bepergian kemanapun, Sahabat JejakPiknik pasti senang dengan yang namanya berburu oleh-oleh khas, tak terkecuali dengan negeri Hindustan ini.

Penasaran apa saja oleh-oleh khas India yang bagus buat dibawa pulang saat kembali ke Jakarta atau daerah masing-masing? Yuk, kita simak selengkapnya hanya di JejakPiknik.com.

1. Sari

Oleh-oleh pertama dan yang paling banyak diburu oleh wisatawan mancanegara saat tengah berkunjung ke India adalah sari. Sahabat JejakPiknik pecinta film bollywood, pasti sudah tak asing lagi kan akan buah tangan satu ini?

Sari adalah sejenis kain tradisional khas India yang tidak dijahit dan memiliki panjang sekitar 4-9 meter. Untuk penggunaannya bisa dililitkan dipinggang atau dikaitkan di punggung.

Kain sari ini kerap dibeli wisatawan sebagai penambah koleksi pribadi di lemari ataupun buat buah tangan baik untuk ibu maupun pasangan.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulit, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke Crawford Market, pasar Lokhandawa atau pertokoan di sepanjang jalan Mumbai. Mengenai harga, kain sari ini biasa dijual mulai Rp.30.000 saja.

2. Gelang

Bagi wanita India, memakai kain sari tak lengkap rasanya jika tidak menggunakan aksesoris seperti gelang keroncong ini misalnya.

Gelang khas India ini memiliki banyak variasi, model serta warna, jadi akan menjadi buah tangan paling pas untuk dibagikan baik bagi saudara ataupun tetangga.

Baca Juga;  Cari Toko Buah Segar di Harapan Indah Bekasi, Ini Dia Rekomendasi Tempat Pilihannya

Gelang ini juga sangat mudah untuk didapatkan baik di pasar Lokhandawa atau Crawford market. Dan harganya, hanya berkisar Rp.2.000 saja per bijinya.

3. Sepatu Tradisional

Selain kain sari dan gelang, masih ada satu lagi pelengkap fashion yang wajib untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dari negara India, apa itu? Yup, sepatu tradisional.

Sepatu tradisional khas India yang dikenal dengan nama Khussa atau Mojari ini motifnya unik karena dibuat dengan detail embroider, manik-manik serta kulit kerang.

Konon katanya, sepatu tradisional satu ini dulunya hanya digunakan kaum bangsawan serta anggota kerajaan saja namun kini semua orang sudah bisa menggunakannya.

Bagi yang ingin berburu, daerah Jaiour atau Jodhpur di Rajasthan dan kawasan Dili Haat di New Delhi adalah tempat paling pas buat dituju. Soal harga, biasanya dijual mulai dari 100 ribuan saja.

4. Tas Etnik

Nah, bagi Sahabat JejakPiknik penggemar koleksi tas, jangan sampai souvenir khas India satu ini dilewatkan begitu saja ya.

Pasalnya, tas etnik khas negeri Hindustan ini sangat cantik karena didukung warna-warna cerah dan bahannya sendiri terbuat dari kaca ataupun manik-manik.

Untuk menemukannya, Sahabat JejakPiknik bisa mampir ke pasar malam Higshtreet Phoenix atau Janpath market. Tas unik ini biasanya dijual dengan harga mulai 40 ribuan saja.

5. Es Krim Harbans

Pergi ke India, tak lengkap rasanya jika Sahabat JejakPiknik tak mencicipinya yang namanya es krim ala negeri Hindustan atau biasa disebut dengan kulfi.

Kulfi ini adalah salah satu jenis dessert yang sangat mudah dijumpai baik di pinggir jalan ataupun di hotel-hotel mewah

Dan dari sekian banyaknya toko es krim, Ice Cream Harbans di Adalat Bazar, Patiala, Punjab adalah tempat paling rekomendasi. Disini, dessert tersebut dijual cukup murah, hanya kisaran Rp.22.000 saja untuk 3 scoop-nya.

Baca Juga;  10 Tempat Foto Kece di Bogor Ini Cocok Untuk Kawula Muda Sepertimu, Coba Yuk!

6. Miniatur Taj Mahal

Berkunjung ke India, tak puas rasanya bila Sahabat JejakPiknik belum mengunjungi yang namanya Taj Mahal.

Taj Mahal adalah salah satu keajaiban dunia yang menyimpan kisah cinta sejati Raja Shah Jahan dan masih eksis sebagai objek wisata sampai sekarang ini.

Nah, sebagai pertanda sudah menginjakkan kaki di Taj Mahal, Sahabat JejakPiknik jangan sampai lupa ya untuk membeli miniatur keajaiban dunia ini sebagai oleh-oleh.

Selain di sekitar lokasi Taj Mahal, miniatur tersebut juga bisa didapatkan dengan mudah di sekitar Dili Haat ataupun Janpath Market. Soal harga, cukup murah hanya Rp.50.000 saja.

7. Manisan

Selain roti prata atau chennai, kudapan ringan satu ini juga merupakan salah satu makanan paling terkenal di India.

Tak heran jika penganan berupa manisan tersebut kerap dibawa pulang sebagai oleh-oleh saat kembali dari tanah Hindustan.

Manisan ini terdiri atas dua jenis, ada Ladoo juga Jalebi. Dan makanan tersebut bisa bertahan sampai 3 hari, jadi akan sangat cocok bila dibawa sebagai buah tangan.

Manisan ini sangat mudah ditemui di setiap sudut kota India dan harganya hanya dibanderol kisaran Rp.75.000 saja per kilogram dengan isi 30 varian rasa.

8. Teh India

Tahukah Sahabat JejakPiknik jika India adalah salah satu negara produsen teh terbaik di dunia.

Nah, maka dari itu Sahabat JejakPiknik jangan sampai lewatkan untuk membawa pulang teh India sebagai buah tangan ya.

Teh khas India ini bisa ditemukan di setiap toko-toko souvenir baik di Mumbai, New Delhi, Agra ataupun Jaipur.

Mengenai harga, jangan terkejut ya, biasanya mencapai 22 juta per kilogramnya. Ya, hal ini dikarenakan bahannya berkualitas dan cara pemetikannya pun tidak dengan sembarangan.

Baca Juga;  15 Wisata Kuliner di Tegal yang Murah & Enak

9. Jammu dan Kashmir

Jammu dan kashmir adalah sejenis kerajinan tangan masyarakat India Utara yang dibuat dari gerabah dan dibentuk menjadi beragam souvenir berupa karpet, syal, lukisan serta lainnya.

Jammu dan kashmir ini sebenarnya sebuah nama daerah tempat kerajinan tersebut dibuat. Untuk membuatnya dibutuhkan keahlian khusus, tak heran jika harganya pun lumayan mahal.

Namun begitu, kerajinan tersebut juga sangat mudah ditemui di toko souvenir di sepanjang jalan negara India.

10. Hiasan Dinding

Buah tangan khas India terakhir yang sangat cocok buat dijadikan oleh-oleh adalah hiasan dinding berupa embroidery.

Buah tangan berupa kain ini dihiasi dengan benang rajut yang dibentuk dan diberi aneka macam motif serta ciri khas masing-masing, sehingga terlihat sangat menarik.

Dan souvenir ini paling mudah ditemui di sekitar Dili Haat, New Delhi. Mengenai harga, biasanya dibanderol mulai Rp.50.000 saja.