Wisata  

10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan Ini Banyak Diburu Oleh Wisatawan

Avatar
10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan Ini Banyak Diburu Oleh Wisatawan

www.daytekno.com – Apa kata yang terlintas dibenakmu ketika mendengar Kota Pekalongan? Pasti kamu teringat dengan Batik bukan? Yap, selain Solo, Pekalongan juga terkenal dengan Batiknya. Kota ini memiliki Batik dengan motifnya yang sangat khas.

Berkunjung ke Pekalongan kurang lengkap rasanya jika tidak berburu Batik. Namun selain Batik, ternyata masih ada lagi lho oleh2 khas yang bisa kamu borong.

Jika kamu memiliki agenda untuk berkunjung ke Pekalongan, simak dulu beberapa list oleh2 yang paling banyak diburu ini yuk.

1. Kerupuk Gendar

Opsi pertama adalah Kerupuk Gendar, Kerupuk khas Pekalongan ini biasa dijajakan di Toko2 yang ada di Pasar Tradisional Pekalongan. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari 15ribuan saja.

Untuk menjadikannya sebagai oleh2 kamu bisa membeli yang sudah matang alias digoreng atau masih mentah. Kalau kami sarankan si beli yang masih mentah saja, jadi kamu bisa menggorengnya terlebih dahulu supaya tingkat kerenyahannya masih berasa.

2. Limun Oriental

Ingin menjajal minuman legendaris dari Kota Batik? Limun Oriental adalah pilihan yang sangat tepat. Minuman yang sudah ada sejak tahun 1923 ini masih eksis diproduksi sampai sekarang dan semakin berkembang dengan hadirnya varian2 rasa baru.

Kamu bisa membeli Limun Oriental ini hanya dengan mengeluarkan uang sebesar 5ribu-7ribu saja. Datang saja langsung ke outletnya di Jl. Rajawali Utara Nomor 15. Varian rasa yang tersedia sampai kini ada nanas, moka, sirsak, jeruk, lemon, dan framboze.

3. Snack Capret

Buat kamu yang hobi ngemil, berburu cemilan khas Pekalongan seperti Snack Capret ini adalah keputusan paling tepat. Capret ini merupakan sebuah kerupuk yang dibuat menggunakan bahan dasar tepung kanji dan diberi olahan bumbu2 khusus.

Baca Juga;  Menikmati Pemandian Air Panas Ciseeng Tirta Sanita Bogor

Snack Capret ini tersedia dari beberapa varian rasa ada original, pedas asin, balado, jagung bakar, sapi panggang, dan BBQ. Harganya murah banget cuman 10ribuan aja dan bisa kamu dapatkan di beberapa sentral oleh2 khas Pekalongan salah satunya Toko Si Pitung.

4. Ogak Jahe

Ogak Jahe merupakan sebuah manisan yang berasal dari Pekalongan dan terbuat dari kelapa, gula, serta jahe. Rasa dari kudapan ini balance antara pedas dari si jahe dan manisnya gula.

Toko Ijo yang beralamat di Jl. Haya Wuruk Nomor 80 adalah tempat dimana kamu bisa menemukan Ogak Jahe. Kamu perlu mengeluarkan kocek sebesar 32ribu untuk bisa mendapatkan Ogak Jahe ini. Cocok nih buat menghangatkan tenggorokan.

5. Tauco

Jika kamu pergi ke Pekalongan, salah satu kudapan yang nggak boleh dilewatkan adalah Soto Tauco. Kuliner ini menjadi salah satu makanan nusantara yang memiliki cita rasa amat menggugah selera. Cocok sekali dinikmati saat cuaca dingin ataupun panas.

Nah, sekarang kamu bisa menjadikan bumbu rahasia Soto ini untuk dibawa sebagai oleh2 nih. Tauco bisa kamu beli di Toko Pulau Djawa dengan budget mulai dari 25ribuan. Dengan menggunakan bumbu tauco ini kamu bisa kreasikan masakanmu sendiri dirumah.

6. Kopi Tjanting

Kalau kamu penikmat dan penyuka kopi, kami rekomendasikan untuk membeli oleh2 berupa Kopi Tjanting khas Pekalongan ini deh. Kopi ini sudah terkenal jaman dahulu kala, sehingga cukup legendaris. Kopi yang digunakan berasal dari daerah Jolotigo dengan rasa dan aroma yang khas.

Cara pembelian Kopi Tjanting ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengakses website shop.cintapekalongan.com dan harganya bervariatif mulai dari 40ribu-60ribuan. Buruan cicip dan nikmati Kopi Tjanting ini untuk menemani soremu dirumah yuk.

Baca Juga;  Transera Waterpark Harapan Indah

7. Kue Lumpang

Kue Lumpang adalah jajanan tradisional khas Pekalongan berupa kue basah yang banyak digemari oleh orang2. Bentuk Kue Lumpang ini yaitu mirip mangkok dan warnanya cokelat. Ciri khas dari Kue Lumpang ini ialah dari aromanya yang berasal dari taburan santan dan daun bawang diatasnya.

Kamu bisa membeli Kue Lumpang ini di tempat yang sudah sangat terkenal yaitu Nyonya Djoe alamatnya ada di Jalan Sumatera Nomor 16B dan harganya murah kok cuman 5ribuan saja.

8. Apem Kesesi

Masih seputar jajanan tradisional khas Pekalongan, berikutnya ada Apem Kesesi. Apem kesesi ini memiliki bentuk yang bulat pipih dan berawana cokelat dengan dialasi daun pisang. Apem Kesesi atau biasa disebut dengan Apem Comal ini sangat populer di Pekalongan.

Rasa dari Apem ini legit karena terbuat dari gula aren asli. Kamu bisa membeli Apem Kesesi ini di Pasar Kesesi dengan harga murah banget cuman 20ribu setangkep isi 20 buah.

9. Gethuk

Jajanan berikutnya ada Gethuk khas Pekalongan yang nggak kalah enak dan nikmat untuk disantap. Gethuk khas Pekalongan ini terbuat dari ketela pohon yang dibentuk sedemikian rupa dan siap disantap menggunakan taburan gula aren serta parutan kelapa.

Gethuk biasa dijajakan di Pasar Tradisional ataupun di pusat oleh2 Pekalongan. Satu besek Gethuk biasanya dijual dengan harga 30ribu.

10. Batik

Kurang afdol rasanya ya kalau berkunjung ke Pekalongan tanpa membeli oleh2 khas yang satu ini, apalagi kalau bukan Batik. Batik Khas Pekalongan sudah sangat terkenal kualitas dan cirinya. Kamu bisa mendapatkan Batik Pekalongan yang bagus di Kampoeng Batik Kauman.

Kamu bisa beli Batik yang sudah jadi atau masih berbentuk kain utuh. Budget yang perlu dipersiapkan untuk membeli Batik Pekalongan ini sekitar 150ribuan.

Baca Juga;  10 Rental Sewa Bus Tangerang Untuk Pariwisata Ke Jogja Atau Jakarta Dengan Harga Bersahabat

Dari sekian banyak oleh2 khas Pekalongan, kami berhasil merangkumnya kedalam 10 daftar terbaik seperti yang sudah disebutkan diatas.