Wisata  

10 Rekomendasi Kue Khas Daerah Sulawesi Yang Unik dan Menggoda Wajib Untuk Kalian Coba

Avatar
10 Rekomendasi Kue Khas Daerah Sulawesi Yang Unik dan Menggoda Wajib Untuk Kalian Coba

www.daytekno.com – Terbentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia adalah negara yang memiliki ribuan pulau. Dari kurang lebih 18.000 pulau yang ada di Indonesia, ada lima pulau terbesar yaitu Papua, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Jawa, dan Bali. Setiap pulau juga memiliki ciri khasnya masing-masing yang membedakannya dari pulau lain.

Salah satu ciri khas yang dimiliki sebuah pulau adalah dari kebudayaannya. Beberapa hal yang termasuk kebudayaan adalah tarian tradisional, senjata, alat musik, lagu daerah, rumah adat, adat istiadat, serta kuliner. Hal ini berarti setiap pulau juga memiliki kuliner khasnya masing-masing yang belum tentu ditemukan di pulau lain.

Salah satu pulau yang memiliki berbagai kuliner khas adalah Sulawesi. Terdiri dari enam provinsi dengan kuliner khas yang berbeda-beda, Sulawesi tentu bisa menjadi tujuan wisata kuliner yang menakjubkan bagi para wisatawan. Tidak hanya masakan atau makanan utama saja, namun juga jajanan tradisional dan kue khas Sulawesi pun banyak.

Nah, penasaran apa saja jajanan tradisional dan kue khas Sulawesi yang harus dicoba saat akan kulineran di Sulawesi? Yuk, simak dulu.

1. Beppa Janda

Beppa Janda adalah salah satu kue tradisional Suku Bugis yang berasal dari Pangkep, Sulawesi Selatan. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah gula merah. Kue ini adalah buatan tangan-tangan wanita terampil wanita di Kelurahan Bonto-Bonto, Kecamatan Ma’rang, Pangkep, Sulawesi Selatan.

Proses pembuatan kue ini cukup mudah dan sederhana. Gula merah dipanaskan hingga meleleh lalu dicampur ke dalam tepung terigu dan diaduk agar menjadi adonan yang kental. Setelah itu, adonan digiling hingga melebar lalu diolesi minyak dan dicetak dengan cetakan kue kering. Terakhir, baru dipanggang dalam oven hingga mengeras.

Sayangnya, kue ini tidak menggunakan mentega sehingga daya tahannya tidak akan selama kue-kue yang menggunakan mentega pada pembuatannya. Ada dua varian kue ini yang dijual di Bonto-Bonto, yaitu yang terdapat taburan wijen di atasnya dan yang polos. Harganya pun sangat murah lho, yakni hanya Rp. 400 per buah untuk yang polos dan Rp. 500 per buah untuk yang ditabur wijen.

Baca Juga;  22 Tempat Wisata Pulau di Kepulauan Seribu Terbaru yang Lagi Hits 2022

2. Taripang

Ada lagi nih, kue khas Bugis yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan, yaitu taripang. Kudapan ini merupakan kue yang terbuat dari tepung ketan dengan gula merah yang dicairkan. Selain itu, untuk membuat kue ini juga membutuhkan garam, minyak, serta kelapa parut kasar.

Beberapa pasar tradisional di Sulawesi Selatan menjual kue ini dengan harga Rp. 1.000 per buahnya. Salah satunya adalah Pasar Tarue, Kecamatan Sabbang Selatan, Luwu Utara. Nah, jika kalian ingin coba untuk bikin sendiri di rumah, kalian bisa ikuti resep yang ada di internet. Cara membuatnya pun terbilang cukup sederhana lho!

3. Barongko

Jenis makanan yg satu ini dulunya merupakan hidangan penutup untuk raja-raja Bugis. Barongko adalah hidangan yang terbuat dari bahan dasar pisang yg dihaluskan, gula pasir, garam, telur, dan santan. Kue yang berasal dari daerah Pinrang ini selalu dibungkus daun pisang dan cara membuatnya pun tidak sulit.

Buat kalian yang tertarik untuk melihat dan mencoba secara langsung, kalian bisa cari di toko oleh-oleh yg ada di Kota Makassar. Kue ini biasa dijual dengan kisaran harga di bawah Rp. 20.000 per buahnya. Namun, jika kalian memilih untuk membuat sendiri, resep kue basah yang mirip dengan nagasari ini juga cukup mudah ditemukan di internet lho.

4. Apang Paranggi

Kue Apang Paranggi adalah kue yg dibuat dengan bahan dasar gula merah dan tepung beras. Tidak hanya Sulawesi Selatan, kue ini juga ada di daerah lain dengan nama yg berbeda. Misalnya, di Jawa disebut apem dan di Kalimantan disebut apam. Terbuat dari bahan dasar gula merah, tidak heran jika cita rasa manis sangat kental di kue ini.

Baca Juga;  Pura Taman Ayun Temple Bali

Cara pembuatan kue ini terdengar sederhana, yaitu hanya mencairkan gula merah lalu mencampurkannya ke tepung beras untuk menghasilkan rasa gurih dan manis. Hanya saja, wadah pembakaran untuk memasak kue ini cukup jarang ditemukan. Adonannya juga harus pas untuk menghasilkan kue yg enak.

Dulu, kue ini merupakan makanan istimewa pada setiap hajatan pesta. Namun, kini banyak dijadikan orang sebagai teman ngopi saja. Kalian bisa membeli kue apang paranggi di berbagai pasar tradisional yang ada di Sulawesi Selatan. Harga untuk satu kue ini juga tidak terlalu tinggi alias ekonomis bagi kantong semua kalangan, yakni antara Rp. 500 hingga Rp. 1.000 per buah.

5. Kue Cucur

Meskipun namanya sudah sering terdengar, kue ini merupakan salah satu yg terkenal di Mamuju, Sulawesi Barat. Dengan bahan dasar tepung beras dan campuran gula jawa, tidak heran jika kue ini memiliki warna coklat di bagian luarnya. Kue bercita rasa manis ini juga digoreng dengan menggunakan minyak kelapa lho.

Hidangan berbentuk pipih ini merupakan salah satu kue yg sering disajikan pada acara-acara di Mamuju. Jika kalian pergi ke Sulawesi Barat, jangan lupa coba hidangan ini ya!

6. Kue Tetu

Kue Tetu adalah salah satu jajanan tradisional khas Kota Palu, Sulawesi Tengah. Sesuai gambar di atas, bisa dilihat ya jika kue ini memiliki bentuk seperti perahu sehingga seringkali dijuluki orang sebagai Kue Perahu. Kabarnya, kue ini adalah salah satu kue paling lezat dari Suku Mandar lho.

Adonan kue ini terbuat dari tepung terigu dan santan. Sementara itu, wadahnya terbuat dari daun pisang. Nah, sebelum dituang, wadah kue ini diolesi gula merah atau campuran dengan gula putih terlebih dahulu. Barulah kemudian dituang dan dikukus hingga matang atau mengental.

Baca Juga;  10 Jasa Sedot WC di Cilacap Murah Mulai Rp.350 Ribu, Termasuk Nomor Telepon dan Whatsapp-nya

Selain itu, di Palu kalian juga bisa coba Biapong alias bakpao khas Palu.

7. Putu Pinrang

Putu Pinrang adalah salah satu jajanan tradisional yg berasal dari Pinrang, Sulawesi Selatan. Kue putu ini terbuat dari tepung beras yg dikukus menggunakan wadah tersendiri berbentuk tabung. Setelah matang, adonannya dilumuri dengan parutan kelapa muda untuk menambahkan rasa gurih.

Uniknya lagi, hidangan ini dimakan dengan sambal yg terbuat dari ampas minyak kelapa dan ditumbuk dengan cabe. Masyarakat setempat menjadikan hidangan ini sebagai menu untuk sarapan. Harganya juga sangat murah, yakni hanya Rp. 2.000 per porsinya.

8. Kue Kurma

Untuk kue kering yg satu ini adalah oleh-oleh asal Makassar yg cukup terkenal. Uniknya lagi, jajanan ini tidak mengandung kurma sama sekali. Hanya saja, bentuknya mirip kurma dengan balutan kacang dan karamel. Kalian bisa mendapatkan makanan ini di toko oleh-oleh dengan harga Rp. 20.000 per bungkus!

9. Kue Gulung

Kue Gulung adalah kue kering khas Kepulauan Sangihe dan Talaud, Sulawesi Utara. Terbuat dari sagu, kue ini dimasak melalui metode pemanggangan dalam oven. Cita rasa kue ini agak manis dan teksturnya renyah.

10. Karasi

Karasi adalah kue khas Sulawesi Tenggara yg memiliki cita rasa manis dan tekstur renyah. Kue ini ada di berbagai daerah dengan nama yg berbeda-beda.

Itulah aneka macam jajanan tradisional dan kue khas Sulawesi sebagai referensi untuk kulineran saat melancong ke pulau yang memiliki bentuk seperti huruf K itu. Nah, di antara berbagai macam nama jajanan dan kue khas Sulawesi di atas, manakah yg paling ingin kalian coba? Tuliskan di kolom komentar ya!