Wisata  

10 Rekomendasi Minuman Enak Khas Daerah NTT Yang Unik dan Menyegarkan, Wajib Untuk Dicoba!

Avatar
10 Rekomendasi Minuman Enak Khas Daerah NTT Yang Unik dan Menyegarkan, Wajib Untuk Dicoba!

www.daytekno.com – Nusa Tenggara Timur atau NTT adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali kebudayaan dari setiap daerahnya. Masing-masingnya juga mempunyai ciri khas tersendiri termasuk dalam urusan makanan ataupun minumannnya.

Dari sekian banyaknya kuliner disana, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa daftar minuman khas Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terbaik dan terenak yg wajib kamu cicipi saat berkunjung kesana?

Penasaran? Langsung aja yuk kita cari tahu sama-sama!

1. Moke

Moke kerap menjadi buruan utama para wisatawan saat sedang bertandang di sekitar provinsi Nusa Tenggara Timur. Bahan dasar pembuatan minuman tersebut adalah tanaman siwalan serta enau.

Jenisnya sendiri terdiri atas 2 versi yakni hitam dan putih. Moke disebut-sebut sangat legendaris, karena sudah bertahan secara turun-temurun. Bahkan sering disajikan di berbagai upacara adat.

Moke sendiri termasuk salah satu minuman keras namun dengan kandungan alkohol yang tidak terlalu besar. Ini paling nikmat disajikan dalam keadaan dingin.

Jika kamu ingin menghindari yang beralkohol, Moke juga punya jenis yang tidak memabukkan dan secara fungsional, cukup menyehatkan bagi tubuh.

Karena sudah menjadi santapan sehari-hari, jadi tidak sulit untuk menemukan moke di NTT. Dan harganya sendiri berkisar antara 15 sampai 20 ribu saja per botolnya.

2. Tuak Manis

Selain Moke, NTT atau Nusa Tenggara Timur juga punya minuman khas yang dikenal dengan nama Tuak Manis. Ini aslinya berasal dari Pulau Timor.

Menurut resep, tuak manis tersebut terbuat dari buah lontar pilihan yang masih sangat segar. Sama seperti moke, minuman satu ini juga tidak melalui proses fermentasi.

Bahkan tidak mengandung alkohol sama sekali, sehingga cukup aman untuk dikonsumsi. Dan secara fungsional, juga sangat bermanfaat buat tubuh.

Baca Juga;  Festival Batik 2022 Digelar 19-23 Oktober di Yogyakarta

Tuak Manis ini biasanya dijual dengan harga kisaran 3 ribuan per botol dan banyak dijajakan di sekitar pinggiran jalan wilayah Nusa Tenggara Timur.

3. Susu Kuda Liar

Nah, jika kamu ingin minuman yang lebih sehat, maka tak ada salahnya main ke daerah Sumbawa untuk berburu susu kuda liar. Selain rasanya manis, juga dipercaya menyimpan banyak khasiat dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Menurut para peneliti, kandungan protein dalam susu kuda liar ini mampu menyembuhkan penyakit seperti leukemia, kanker, tipus, paru-paru basah dan bronchitis.

Susu kuda liar juga rendah kalori dan meskipun manis, namun tidak membuat gampang gemuk. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah karena banyak dijajakan di pusat oleh-oleh. Harganya hanya kisaran 20 ribuan saja per botol.

4. Es Sarang Burung

Diberi nama demikian karena memang pada awalnya bahannya terbuat dari sarang burung wallet, namun karena harganya mahal kemudian diganti jadi agar-agar.

Es sarang burung ini sangat pas untuk menghilangkan dahaga di kala cuaca terik. Rasanya yang manis bercampur dengan es batu menambah kesegaran di tenggorokan. Tak heran, banyak wisatawan suka berburu minuman tersebut.

Selain agar-agar dan es batu, juga ditambahkan beberapa buah-buah segar lainnya seperti leci, lalu disiram dengan sirup diatasnya.

Es sarang burung ini sangat mudah ditemui di warung pinggir jalan. Selain menyegarkan, harganya pun sangat ekonomis, tidak sampai membuat kantong bolong.

5. Sophia

Minuman keras tradisional asal Nusa Tenggara Timur ini mempunyai beberapa nama lain, seperti Sopi atau Sopia. Meski termasuk miras, namun kini sudah resmi dijual di pasaran.

Nama Sopi sendiri berasal dari bahasa Belanda yakni “ zoopje” yang berarti alkohol cair. Sopia ini tidak hanya populer di NTT tapi juga di Maluku dan Papua.

Baca Juga;  Riung Gunung, Pesona Alam Eksotis dengan Panorama yang Memukau di Bogor

Kamu yang suka alkohol dan ingin mencobanya, hanya ada 1 tempat yg bisa dituju yakni Toko NAM di jalan Siliwangi Kampung Solor, Kota Lama, Kupang, NTT. Harga per botolnya dengan ukuran 750 ml dikenai sekitar 750 ribuan.

6. Brem

Banyak juga yang menyangka kalau brem ini sama seperti tuak manis. Mereka mengira bahwa minuman tersebut beralkohol. Padahal nyatanya tidak mengandung alkohol.

Brem tersebut terbuat dari beras ketan yang sudah di proses secara difermentasi. Nah, fermentasi inilah yang bisa membuatnya menjadi mengandung alkohol.

Jika kamu tidak ingin mengkonsumsi brem beralkohol, sebaiknya pilihlah yang di fermentasi dalam waktu singkat. Konon katanya, minuman ini dulunya kerap disajikan pada acara pesta adat, tapi sekarang sangat mudah ditemui.

Pasalnya, brem ini sudah banyak dijajakan di warung-warung kaki lima di NTT dan biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Serbat Jahe

Minuman khas Lombok satu tidak hanya menyegarkan tenggorokan saja, tapi dipercaya mampu menghangatkan tubuh, apalagi kalau diminum ketika malam hari.

Sama seperti namanya, Serbat ini bahan utamanya adalah campuran bubuk jahe dengan gula merah dan biasanya dikemas dalam bentuk yang siap diseduh.

Serbat Jahe ini juga banyak ditemui di toko oleh-oleh atau minimarket di Nusa Tenggara Timur dan harganya cuma 12 ribuan per box dengan isi 6 kemasan.

8. Es Tape

Es tape yang juga dikenal dengan nama Poteng Isi ini merupakan salah satu minuman khas tradisional yg sangat disukai oleh masyarakat NTT. Sajian tersebut sedikit berbeda dari umumnya, karena sudah dimodifikasi agar semakin terasa nikmat.

Jika pada awalnya isiannya hanya ada tape dan santan atau susu kental, sekarang sudah diberi tambahan berupa es serut. Hal ini tentunya membuatnya semakin terasa menyegarkan.

Baca Juga;  Alat Transportasi Terunik Di Dunia

Es Tape ini banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan. Selain rasanya manis menyegarkan, harganya pun sangatlah terjangkau.

9. Kopi Sumba

Kopi Sumba adalah salah satu coffee terenak di Tanah Air. Buktinya, ia berhasil mengalahkan kopi asal Aceh dan Sumatera pada sebuah festival. Hal tersebut dikarenakan, pembuatannya masih sangat tradisional, yakni menggunakan lesung.

Untuk menambah kenikmatannya, masyarakat disana biasanya menambahkan potongan jahe saat memasak kopinya. Rasanya memang sedikit agak pahit tapi citarasa asamnya begitu kuat.

Tidak sulit untuk menemukan jenis kopi satu ini, karena hampir semua pekarangan orang Sumba ditanami pohon kopi tersebut. Kamu pun bisa membelinya di pasar-pasar tradisional dengan harga sangat terjangkau.

10. Teh Kelor

Sesuai dengan namanya, teh khas Sumba, NTT ini bahan utamanya terbuat dari daun kelor, yakni sejenis tanaman yg banyak dibudidayakan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur.

Selain enak, teh kelor ini juga memiliki kandungan polifenol catechin, yang merupakan antioksidan kuat dan dipercaya mampu membunuh sel kanker pada tubuh.

Teh Kelor ini sudah dieskpor sampai ke luar negeri lho. Jadi jangan sampai lewatkan jika ada kesempatan untuk mencicipinya ya!

Untuk mendapatkannya sangat mudah karena banyak dijajakan di warung-warung di NTT dan harganya hanya sekitar Rp.35.000 per bungkusnya.

Nah, sekian dulu informasinya. Bagaimana, tertarik ingin mencoba minuman khas NTT diatas?