Wisata  

10 Sekolah Termahal di Indonesia, Biaya SPP Selangit!

Avatar
10 Sekolah Termahal di Indonesia, Biaya SPP Selangit!

www.daytekno.com – Pendidikan adalah hal yang wajib ditempuh oleh setiap anak di Indonesia dari PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA. Tentu saja, hal ini bertujuan agar setiap anak di Indonesia bisa menjadi penerus bangsa yang baik. Buat mendapatkan pendidikan formal, anak-anak harus pergi ke sekolah, sebuah tempat dimana mereka akan mendapatkan pelajaran yang diajarkan oleh guru-guru.

Agar anak-anak bisa bersekolah, tentu saja ada biaya yang harus dikeluarkan oleh para orang tua. Biaya untuk sekolah mencakup banyak aspek, dari uang pendaftaran, SPP, seragam, buku, dan berbagai macam biaya lain yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Tentu saja, setiap sekolah memiliki jumlah biaya yang berbeda-beda.

Ada beberapa sekolah yang biayanya cukup murah, misalnya sekolah negeri karena sudah ada subsidi dari pemerintah. Namun, buat beberapa orang yang memilih masuk swasta, biaya yang dikeluarkan cukup besar bahkan lebih mahal daripada sepatu dan tas bermerk, pendidikan pilot dan pelayaran. Meskipun begitu, beberapa sekolah menawarkan fasilitas yang tidak kalah mewahnya lho.

Nah, penasaran apa saja nama sekolah termahal di Indonesia 2022? Yuk, simak dulu.

1. New Zealand Independent School

Harga: Rp. 50.124.000 – Rp. 225.875.000

Sesuai dengan namanya, NZIS adalah salah satu sekolah swasta bertaraf internasional di Kemang yang mengikuti kurikulum dari Selandia Baru. Sebenarnya, NZIS memiliki tempat yang kecil karena mereka hanya menerima murid-murid kelompok bermain hingga SMP. Kabarnya, mereka akan mulai menerima siswa SMA tahun ini lho.

Di sekolah ini, setiap kelas hanya memiliki 20 siswa saja dan banyak anak-anak dari warga negara asing yang menempuh pendidikan di sini. Tidak ketinggalan, tenaga pengajarnya pun juga banyak orang asing. Biaya per tahunnya berbeda-beda, tergantung dari tingkat pendidikan yang ditempuh dan kewarganegaraan.

Semakin tinggi tingkat pendidikan yang ditempuh, biaya yang harus dibayar semakin mahal. Untuk WNA juga lebih mahal daripada WNI. Namun, kisarannya adalah dari 50 juta hingga 225 juta per tahun dan biaya tersebut belum termasuk tambahan untuk kantin, bus sekolah, dan aktivitas lainnya.

Baca Juga;  Wisata Eling Bening Semarang: Harga Tiket, Aktivitas, hingga Rute

2. Sekolah Pelita Harapan Lippo Karawaci

Harga: Rp. 120.000.000

Sekolah Pelita Harapan (SPH) adalah salah satu sekolah yang tidak kalah mahal. Mereka menggunakan kurikulum internasional, lebih tepatnya International Baccalaureate (IB), dalam pembelajaran sehari-hari. Bahasa Inggris adalah bahasa utama yang digunakan untuk pelajaran maupun berkomunikasi dari sejak TK hingga lulus SMA di sekolah ini.

Mereka memiliki beberapa cabang yang terletak di Lippo Karawaci, Sentul City, Lippo Cikarang, Kemang Village, dan Pluit Village. Fasilitas yang ditawarkan sangat mewah, misalnya Olympic sized swimming pool, full size soccer field, laboratorium, dll. Guru yang mengajar di sekolah ini kebanyakan adalah expatriate atau WNA, jadi tidak heran apabila biaya per tahun mencapai 120 juta rupiah.

Meskipun begitu, kurikulum sekolah ini memperbolehkan para siswa untuk memilih pelajaran yang ingin diambil saat SMA atau Diploma Programme lho. Selain itu, para siswa juga tidak harus mengikuti ujian nasional karena ijazah mereka pun sudah diakui oleh sebagian besar universitas di seluruh dunia!

3. Jakarta Intercultural School

Harga: Rp. 316.100.000 – Rp. 478.600.000

Jakarta Intercultural School (JIS) adalah sebuah sekolah internasional yang tergolong mewah di Jakarta. JIS menyediakan pendidikan dari sejak TK hingga SMA. Fasilitas yang mereka sediakan untuk mendukung proses pembelajaran antara lain pusat kebugaran, laboratorium sains, lapangan olahraga, kolam renang, perpustakaan dengan ribuan koleksi buku, dan lain-lain.

Tidak ketinggalan, banyak anak-anak WNA yang menempuh pendidikan di sini. Guru-guru yang mengajar di tempat ini juga kebanyakan berasal dari expatriate. Sama seperti SPH, sekolah ini juga menggunakan kurikulum IB sebagai acuan untuk sistem pembelajaran mereka. Tidak heran ya, biaya per tahunnya mencapai 316 hingga 478 juta!

Baca Juga;  55 Tempat Wisata di Semarang Terbaru & Terhits Dikunjungi

4. British School Jakarta

Harga: Rp. 136.000.000 – Rp. 387.000.000

British School Jakarta adalah salah satu sekolah internasional yang dinaungi oleh Kedutaan Besar Inggris di Jakarta. Tempat ini menawarkan pendidikan dari pre-school hingga lulus SMA lho. Mereka menggunakan kurikulum International Baccalaureate untuk semua jenjang pendidikan.

Fasilitas yang ditawarkan pun sangat menarik lho dari gedung pusat olahraga, lapangan bola dan tennis, ruang desain dan teknologi, perpustakaan, ruang tata boga, dan masih banyak lagi. Sekolah ini menjadi tujuan dari anak-anak artis dan orang penting lainnya. Salah satunya adalah Maudy Ayunda. Nah, tidak heran ya apabila biaya per tahunnya mencapai ratusan juta!

5. Gandhi Memorial International School Jakarta

Harga: Rp. 60.000.000 – Rp. 115.000.000

GMIS adalah sebuah sekolah internasional yang tidak kalah mewah di Jakarta. Sekolah ini bahkan sudah memiliki banyak cabang di 30 negara dengan hampir 500 siswa. Di Indonesia, mereka juga buka cabang di Bali lho. Kurikulum yg ditawarkan adalah International Baccalaureate atau IB.

Jika ingin menyekolahkan anak di sini, para orang tua harus mengeluarkan uang sebesar 60 juta hingga 115 juta rupiah per tahun. Itu belum termasuk biaya pendaftaran dan uang gedung serta biaya lain untuk seragam, buku, dan bus sekolah ya.

6. Global Jaya International School (GJIS)

Harga: Rp. 67.650.000 – Rp. 158.620.000

GJIS juga merupakan sekolah internasional yg tidak kalah mahalnya lho. Fasilitas yg mereka miliki bermacam-macam dari perpustakaan, teater, gym, fitness center, kolam renang, lapangan sepak bola, lapangan tennis, dan masih banyak lagi. Kurikulum yg digunakan untuk belajar adalah International Baccalaureate atau IB.

Oleh karena itu, tidak heran apabila biaya pendidikan di sekolah ini pun sangat tinggi, yakni dari 67 juta hingga 158 juta per tahun.

7. Academic Colleges Group Jakarta

Harga: Rp. 130.000.000 – Rp. 310.500.000

Baca Juga;  13 Tempat Wisata di Rokan Hulu Terbaru & Paling Hits

Academic Colleges Group (ACG) adalah sekolah lain yg mengikuti kurikulum Selandia Baru di Jakarta, sama seperti NZIS. Salah satu sekolah internasional terbaik dan paling eksklusif di Jakarta Selatan ini menyediakan pendidikan untuk anak-anak dari TK hingga lulus SMA.

Fasilitas yang disediakan pun juga sangat beragam dari ruang seni dan musik, ruang kebugaran, laboratorium, perpustakaan, kolam renang, lapangan olahraga indoor, dan masih banyak lagi. Jadi, tidak heran apabila biaya per tahunnya sangat mahal.

8. Surabaya Intercultural School

Harga: Rp. 40.000.000 – Rp. 240.000.000

Tidak hanya Jakarta saja, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya pun juga punya salah satu sekolah termahal di negeri ini, yaitu Surabaya Intercultural School. Tempat ini ternyata menjadi rumah bagi siswa dari 25 negara. Jadi, anak-anak yang bersekolah di sini akan terlatih sejak dini untuk mengenal dan menghargai budaya lain.

Fasilitas yg ditawarkan pun tidak kalah menarik antara lain tiga laboratorium sains, laboratorium komputer, ruang kelas yang luas, kolam renang berukuran olimpiade, ruang seni, ruang keramik, dan masih banyak lagi. Sekolah ini diakreditasi oleh Western Association of Schools and Colleges di Amerika Serikat. Jadi, tidak heran apabila biayanya cukup fantastis!

9. SMA Dwiwarna Bogor

Harga: Rp. 60.000.000

Meskipun bukan kota besar, Bogor juga punya salah satu sekolah termahal yaitu SMA Dwiwarna. Sekolah ini menggunakan sistem kurikulum Cambridge namun juga mengajarkan agama Islam.

10. SMA Ciputra

Harga: Rp. 40.000.000

SMA Ciputra menggunakan kurikulum Cambridge dan fasilitas yg disediakan pun juga memadai. Kalian harus memiliki nilai TOEFL 550 untuk bisa masuk sini!

Itulah daftar dari beberapa sekolah termahal di Indonesia 2022. Meskipun biaya yg dikeluarkan sangat fantastis, tidak dapat dipungkiri beberapa dari mereka memiliki fasilitas yg bagus dan termasuk dalam deretan sekolah terbaik dan termewah di Indonesia lho!