Wisata  

10 Tempat Wisata di Dumai dari Pantai hingga Tempat Memancing

Avatar
10 Tempat Wisata di Dumai dari Pantai hingga Tempat Memancing

www.daytekno.com – Sebagai salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau, Kota Dumai merupakan kota yang sibuk dan cukup ramai. Dibandingkan dengan kota kabupaten lainnya yang berada di sekitarnya, kota ini juga cukup terkenal.

Kota Dumai mempunyai bentang alam yang menarik sehingga memiliki pilihan destinasi wisata untuk berlibur. Ada beberapa tempat wisata di Dumai yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan yang hobi traveling.

Walaupun bukan kota besar dan lokasinya cukup jauh, Kota Dumai sukses menarik para wisatawan untuk berdatangan ke kotanya.

Beberapa pantai di kota ini juga menarik untuk didatangi. Ada juga wisata alam lainnya. Yuk, kita jalan-jalan mengunjungi tempat wisata di Kota Dumai.

1. Pantai Teluk Makmur

    Alamat: Jl. Datuk Hakim, Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Dumai, Riau.

    HTM: Rp10.000

Destinasi wisata pantai yang satu ini kerap kali disebut saat membicarakan Kota Dumai. Keeksotisan Pantai Teluk Makmur memang sudah terkenal. Selain itu, panorama pesisir pantainya yang memesona membuat wisatawan berdatangan ke pantai ini.

Pantai ini mempunyai air laut yang bersih dan jernih juga di sekitar pantainya terdapat beragam jenis batuan besar. Tempat ini biasa dijadikan ajang untuk berfoto. Namun, wisatawan harus hati-hati saat berfoto supaya terhindar dari bahaya yang tak diinginkan.

Tak hanya berfoto, wisatawan yang datang ke Pantai Teluk Makmur juga bisa berenang, berjemur atau sekedar menikmati sejuknya angin.

2. Hutan Wisata Dumai

    Alamat: Bukit Timah, Dumai Baru, Kota Dumai, Riau

    Jam Buka: 08.00 – 18.00

Destinasi wisata di Dumai selanjutnya adalah Hutan Wisata Dumai. Hutan ini terletak di wilayah Bukit Timah, Kec. Dumai Barat, Dumai, Riau.

Yang menarik dari objek wisata hutan satu ini yaitu hutan ini sengaja dikhususkan untuk wisatawan sehingga sudah ada beberapa modifikasi di sana-sini yang akan membuat wisatawan nyaman.

Memang hutan ini dibuat untuk keperluan wisata, khususnya untuk pengunjung yang ingin berpiknik di bawah pepohonan rindang. Udara di tempat ini cukup bersih dan sejuk. Di sini juga sering muncul hewan liar yang bisa jadi hiburan tersendiri.

Untuk yang gemar difoto, di Hutan Wisata Dumai ini terdapat beberapa sudut yang memiliki spot–spot foto yang menarik. Sayang sekali jika melewatkan kesempatan berfoto di sana.

3. Danau Bunga Tujuh

    Alamat : Bukit Batrem, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau

    HTM: Rp20.000

Tempat wisata di Dumai yang satu ini tak kalah populer dari destinasi lainnya. Nama tempatnya adalah Danau Bunga Tujuh. Destinasi wisata yang satu ini mempunyai pesona alam yang menarik.

Keindahan alam di tempat ini bisa dinikmati saat berjalan menuju danau. Pemandangan alam yang hijau akan menemani wisatawan sepanjang perjalanan menuju danau. Suasananya sangat sejuk sekali.

Ketika tiba di danau, wisatawan bisa menikmati keindahan alamnya yang cantik. Wisatawan akan melihat air danau yang warnanya biru kehijauan dan di sekeliling danau terdapat bunga yang berwarna-warni.

Bunga-bunga tersebut memang ditanam khusus oleh pihak pengelola, tapi ada juga yang tumbuh dengan sendirinya. Semua ini menambah pesona Danau Bunga Tujuh.

Udara di sini sejuk karena dikelilingi oleh alam yang hijau. Pemandangan ini sayang kalau tidak diabadikan menggunakan jepretan kamera. Tempat wisata di Dumai ini sudah terkenal sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

4. Wisata Mancing Pantai Pak Ngah

    Alamat: Kampoeng, Jalan Mat Taim, Mundam, Medang Kampai, Dumai, Riau

    Jam Buka: 24 jam

    HTM: Rp20.000

Untuk wisatawan yang hobi memancing, Wisata Mancing di Pantai Pak Ngah Dumai ini menawarkan sensasi memancing yang berbeda. Tempat wisata ini tak hanya untuk memancing tapi juga cocok untuk wisata bersama keluarga.

Lokasi tempat pemancingan ini berada di Jl. Mat Taim, Kel. Mudam, Kec. Medang Kampai. Ini adalah wisata memancing di pantai.

Tempat memancing ini terletak di pinggir pantai dan lokasinya sangat nyaman juga indah. Spot untuk memancingnya terletak di jembatan yang memiliki panjang sekitar 100 meter yang di saat sore dan malam hari terlihat indah.

Tak hanya memiliki pemandangan yang menawan, tempat ini juga asyik untuk dijadikan lokasi menyaksikan sunset.

Saat senja, semburat warna jingga di langit begitu memanjakan mata. Saat mulai gelap, lokasi memancing ini semakin indah dihiasi kerlap-kerlip lampu bermacam warna yang terpasang di sepanjang jembatan tempat memancing.

Untuk menuju tempat wisata di Dumai ini kondisi jalannya cukup mulus karena sudah beraspal sehingga wisatawan bisa berkendara dengan nyaman.

5. Bandar Bakau Dumai

    Alamat: Ratu Sima, Dumai Selatan, Dumai, Riau

    Jam Buka: 08.30 – 17.30

    Telepon: 0831-8775-8120

    HTM: Rp20.000

Berikutnya adalah Wisata Bandar Bakau Dumai. Tempat wisata di Dumai ini beralamat di Ratu Sima, Dumai Selatan. Mendengar nama tempatnya pasti sudah bisa ditebak jenis wisata yang ditawarkan tempat ini. Ya, di sini adalah tempat wisata mangrove.

Tempat ini adalah lokasi yang sangat tepat untuk berlibur sekaligus belajar mengenai alam bersama keluarga. Tak hanya itu, tempat ini juga bisa dipilih untuk menikmati keindahan laut yang ada di bawah pohon bakau.

Di tempat ini wisatawan juga bisa menyaksikan beragam hewan yang hidup di kawasan bakau, seperti kepiting bakau, udang bakau, ikan, kawanan burung dan lain-lain.

6. Taman Bukit Gelanggang

    Alamat: Teluk Binjai, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai, Riau.

    Jam Buka: 24 jam

    Telepon: 0812-2222-430

Objek wisata yang satu ini letaknya berdekatan dengan Tugu Lancang Kuning. Dengan datang ke tempat wisata di Dumai ini, wisatawan bisa mengunjungi dua tempat sekaligus dikarenakan lokasi keduanya berada di tempat yang sama.

Taman Bukit Gelanggang adalah taman juga ruang terbuka hijau yang dibuat oleh pemerintah Kota Dumai untuk jadi sarana hiburan dan melepas penat.

Baca Juga;  10 Referensi Tempat Nongkrong di Daerah Depok, Murah dan Nyaman Untuk Kumpul Bareng Temen!