Wisata  

10 Wisata Kuliner di Majalengka yang Murah & Enak

Avatar
10 Wisata Kuliner di Majalengka yang Murah & Enak

www.daytekno.com – Majalengka dikenal memiliki wisata kuliner yang kelezatannya tiada dua. Mulai dari makanan khas Sunda sampai hidangan ala Western dapat Anda temukan disini dan pastinya ditawarkan dengan harga yang ramah di kantong.

Berkunjung ke Majalengka rasanya kurang puas bila belum mencicipi wisata kulinernya. Ada berbagai menu yang bisa Anda santap dengan harga terjangkau. Akan tetapi umumnya menu yang ditawarkan khas masakan Sunda, karena merupakan kultur Majalengka. Berikut rekomendasi tempat wisata kuliner populer di Majalengka yang paling diminati pelancong.

1. Sate Maranggi Kedai Halaman

Kuliner satu ini cara penyajiannya berbeda, karena tidak perlu dilumuri saus kacang ataupun cocolan kecap. Sebelum dibakar sate sudah dibumbui dan diungkep sehingga cita rasanya merasuk sampai ke daging. Satu gigitan pertama Anda akan merasakan manis dan gurih yang bercampur jadi satu. Dagingnya pun tebal dan empuk dikunyah di dalam mulut.

Rasa sate yang manis dipadukan sambal tomat dan cabai ulek membuat rasanya semakin mantap. Makan 10 tusuk pun masih terasa kurang karena pasti ketagihan meski hanya satu kali icip. Sensasi pedas segar dan lezat seolah beradu sempurna di dalam mulut. Sehingga Anda benar-benar tidak bisa melupakan cita rasanya setelah meninggalkan tempat makan.

Bila ingin mencoba sate maranggi Anda perlu menuju ke Kedai Halaman Abah Na’us di pusat kota. Tempat makannya luas dan nyaman jadi tak heran pembeli betah berlama-lama disana. Aroma bakaran sate menyeruak masuk ke dalam hidung, semakin menambah perut keroncongan minta diisi. Harga per porsinya sekitar 40 ribu cukup terjangkau untuk sekelas hidangan sate yang lezat.

Lokasi: Jl. Raya K H Abdul Halim No.448, Tonjong, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

2. Kedai T’Entin

Kultur Sunda yang melekat pada warga Majalengka membuat hidangannya khas masakan Sunda. Termasuk kedai makanan yang tak pernah sepi pengunjung ini, dimana sebagian besar menu berbasis makanan asli Sunda. Tempat makannya luas dengan meja-meja yang selalu penuh mulai dari jam buka hingga tutup.

Hidangan disini selalu dibuat fresh dan masih hangat, terutama bila datang mepet dengan jam buka. Beragam menu disajikan mulai dari ayam bakar, ikan bakar, sop buntut, ayam goreng, dan lain-lain. Nasi tutug oncom menjadi primadona para pemburu kuliner di Kedai T’Entin. Aromanya yang wangi berhasil menggugah selera makan, apalagi disajikan dengan ayam bakar dan sambal pedas.

Jika bosan dengan lauk ayam Anda bisa mencoba menu lainny, seperti olahan ikan atau sate-satean. Saat makan di tempat ini tak perlu khawatir kantong jebol karena harganya dipatok cukup murah. Kisaran harga 10 ribu sampai 40 ribu tergantung dari jenis dan jumlah lauk yang diambil. Wadah makan menggunakan bambu berlapisa daun pisang semakin menambah nilai plus kedai ini.

Baca Juga;  10 Cara Ngabuburit di Bulan Ramadhan Yang Asyik dan Nggak Bikin Bosan, Simak Daftar Berikut Ini!

Lokasi: Jl. Raya Timur No.20, Dawuan, Kec. Kadipaten, Kab. Majalengka.

3. Alun-Alun Majalengka

Bukan sesuatu yang baru bila Alun-Alun Majalengka merupakan gudangnya wisata kuliner. Disini Anda akan menemukan lebih dari 50 jenis jajanan yang menggoda selera. Mulai dari Siomay, Tahu Walik, Tahu Jeletot, sampai Lumpia Basah dapat Anda jumpai. Harganya pun sangat terjangkau kisaran seribu sampai 20 ribu rupiah, tergantung jenis jajanan dan jumlah porsinya.

Salah satu menu favoritnya ialah susu ketan hitam dengan tambahan toping keju atau oreo. Sehingga saat dicicip paduan rasa lezat susu dan asam dari ketan dapat melegakan dahaga. Ketika malam hari Anda juga perlu mencoba susu jahe sebagai penghangat kala udara dingin menyerang. Kedai susu jahe ini selalu ramai, rata-rata ingin bersantai sambil menikmati suasana malam kota Majalengka.

Selain jajanan, Anda juga bisa menemukan makanan berat disini seperti Mi Ayam dan Ayam Geprek. Untuk ayam geprek biasanya dipatok harga sekitar 15 ribu per porsi, bahkan bisa lebih mengikuti tambahan lauknya. Duduk di bangku alun-alun atau lesehan diatas tanah sambil menyantap jajanan yang dibeli, menjadi agenda wajib untuk menghabiskan waktu santai.

Lokasi: Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

4. Oak’s Cafe

Jika Anda mencari jenis masakan Asian, Indonesian, hingga Western maka tempat ini bisa menjadi pilihan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Alun-Alun Majalengka, hanya beberapa menit jalan kaki. Oak’s Cafe sudah terkenal di Majalengka sebagai tempat nongkrong paling asyik. Desain interiornya bergaya modern dengan meja dan kursi yang tertata rapi.

Konsep warna coklat dan hitam pada cafe manambah kesan nyaman dan enjoy untuk bersantai. Biasanya saat akhir pekan ada live music yang siap menemani pengunjung sambil menyantap hidangan. Anda akan disuguhi beragam menu masakan yang menggugah selera makan. Soal harga tidak perlu risau karena masih aman untuk pemilik dompet tipis.

Sebut saja Tenderloin Steak yang dipatok harga 37 ribu, atau Pasta Carbonara seharga 19 ribu. Bisa dibilang harga tersebut cukup murah yang jarang sekali ditemukan di kota-kota besar lainnya. Menu andalan disini ialah Chicken Cordon Bleu dengan lelehan keju yang menggiurkan. Selain makanan tersedia pula minuman segar dan dessert yang di platting lucu dan menarik.

Baca Juga;  Ini Yang Bisa Kamu Lakukan Saat di Gunung Pancar

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.190, Majalengka Wetan, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

5. Warung Ceu Enok

Bila Anda belum pernah merasakan lezatnya lotek khas Majalengka, maka wajib berkunjung kesini. Letaknya di jalan Siti Armilah tidak jauh dari pusat kota, tinggal bertanya pada warga setempat dimana lokasi tepatnya. Meskipun hanya sebuah rumah kecil namun Anda harus sabar mengantre. Karena si ibu pembuatnya harus mengulek satu per satu pesanan, jadi sedikit memakan waktu.

Bukan hanya lotek, warung ini juga menjual rujak yang laris di kalangan wisatawan. Cita rasa bumbunya sangat terasa di lidah sebab menggunakan asam asli. Kemudian buah asam tersebut diulek bersama kacang tanah yang dihaluskan, gula jawa, cabe rawit, dan terasi. Anda pun bisa memilih ingin rujak potong atau rujak serut sesuai dengan selera.

Untuk varian harga tiap menu bedanya tidak jauh, antara range harga 15-20 ribu untuk lotek. Sedangkan rujak sedikit lebih mahal dari lotek karena menggunakan beragam jenis buah. Soal rasa tidak perlu ditanyakan contohnya lotek yang terasa sekali kencurnya tidak terlalu manis. Untuk rujaknya rasa buah asli begitu menyegarkan tenggorokan setiap suapnya.

Lokasi: Jl. Siti Armilah No.47, Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

6. Saung Syuro

Tempat kuliner ini membawa konsep tradisional mulai dari desain saung hingga hidangannya. Anda dapat menikmati santapan di saung-saung bambu dengan tempat duduk lesehan. Lokasi yang cocok jika Anda ingin mengadakan acara keluarga dalam jumlah rombongan. Ada pula wahana kolam renang untuk anak yang letaknya tak jauh dari saung.

Makanan yang tersedia disini berupa masakan khas Sunda, yang siap memanjakan lidah. Menu andalannya ialah gurame bakar dan gurame goreng, yang disantap bersama nasi panas serta lalapan. Masalah harga makananannya relatif murah jika dibandingkan restoran lain dengan fasilitas serupa. Cukup merogoh kocek kurang dari 300 ribu untuk kira-kira 5 porsi.

Lokasi: Jl. Pejuang No.45, Cicurug, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

7. Pondok Dahar Pak H.M. Djaja

Jika Anda sedang menginap di Hotel Putrajaya, maka bisa mampir berkuliner di rumah makan Pondok Dahar. Restoran ini bergaya tradisional dengan dinding batu bata tanpa dipoles cat. Begitu pun tempat duduk lesehan sehingga tampak luas untuk makan bersama keluarga.

Baca Juga;  Ini Dia 10 Penyedia Jasa Poles Marmer di Jakarta Selatan dan Manakah Yang Kualitasnya Bagus?

Anda dapat memesan segala masakan khas Sunda yang tersedia dalam daftar menu. Ada koki istimewa yang memasak setiap pesanan pembeli. Tidak perlu khawatir soal harga karena dipatok cukup murah. Dengan membawa uang kira-kira 50 ribu Anda tetap bisa menikmati santapan lezat disini.

Lokasi: Jl. K.H.Abdul Halim, Munjul, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

8. Sawah Aki

Pemiliknya bukan asal menamakan tempat karena memang lokasi kuliner dekat area persawahan. Mengangkat konsep saung-saung kecil yang ditata rapi di tengah taman. Di saung-saung itulah tempat pengunjung menyantap makanan sambil lesehan. Suasana alami pedesaan dapat Anda rasakan selama makan disini.

Tempat kuliner di Majalengka ini menyediakan berbagai menu masakan. Jadi cocok untuk Anda yang mempunyai selera kuliner berbeda-beda. Disarankan memesan menu andalan Sawah Aki yaitu ikan bakar etong dan iga bakar. Dengan membawa isi dompet sekitar 100 ribu Anda bisa menyantap beberapa menu lezat dari wisata kuliner ini.

Lokasi: Jl. Pejuang No.45, Sindangkasih, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

9. Saung Sang Raja

Berkonsep layaknya rumah makan konvensional, wisata kuliner ini kerap menjadi incaran para wisatawan. Rata-rata ingin mencicipi masakan Sunda yang diolah oleh koki handal disini. Beberapa menu diinovasi sehingga hidangannya dapat diterima oleh berbagai kalangan. Jadi tak perlu heran bila pengunjung silih berganti sampai waktunya tutup.

Semua hidangan disini boleh diacungi jempol kelezatannya, bahkan membuat siapapun ketagihan. Ikan gurame bakar merupakan menu favorit dari Saung Sang Raja. Apalagi bila disantap bersama nasi putih panas dan sambal pedas. Tidak perlu merogoh kantong dalam untuk menikmati masakan disini, cukup membawa uang 100 ribu.

Lokasi: Jl. Pasukan Sindangkasih No.Km. 1, Sindangkasih, Kec. Cigasong, Kab. Majalengka.

10. Cuanki Prima

Meskipun tergolong kuliner baru namun Bakso Cuanki ini berhasil menyedot perhatian. Isi hidangannya seperti cuanki biasa, bedanya terletak dari cara penyajian. Kuah cuanki diberi cacahan wortel lalu disajikan di piring bukan di mangkok. Rasa kuahnya pun gurih dan segar saat masuk ke tenggorokan. Anda dapat menikmati ini dengan budget mulai 10 ribu per porsi.

Lokasi: Jatipamor, Kec. Panyingkiran, Kab. Majalengka.

Majalengka menyimpan banyak wisata kuliner yang siap memanjakan lidah wisatawan. Mulai dari masakan khas Sunda sampai hidangan bergaya Western. Beberapa menu tersebut bisa Anda nikmati sesuai selera masing-masing. Soal harga tak usah risau karena sebagian besar dipatok dengan harga terjangkau.