Travel  

13 Wisata Bogor untuk Anak dan Keluarga, Pas buat Libur Sekolah

Avatar
13 Wisata Bogor untuk Anak dan Keluarga, Pas buat Libur Sekolah

www.daytekno.com – Wilayah Bogor memiliki banyak tempat wisata keluarga yang bisa dikunjungi saat liburan.

Daya tarik tempat wisata tersebut juga beragam. Para orangtua dapat mengajak anak bertualang di alam, bermain air, mencoba wahana permainan, mengenal aneka flora serta fauna, dan sebagainya.

Berikut rekomendasi wisata Bogor untuk libur sekolah yang bisa mengajak anak bertualang.

Rekomendasi tempat wisata keluarga di Bogor untuk liburan

1. Devoyage

Devoyage merupakan obyek wisata dengan konsep taman yang berisi bangunan terkenal atau landmark dari berbagai negara Eropa, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (8/1/2022).

Keunikan dari tempat wisata ini adalah miniatur bangunan ikonis Eropa, antara lain Menara Eiffel di Perancis dan Cinque Terre di Italia. Jadi, anak-anak bisa berlibur sembari mengenal icon negara-negara di Eropa.

Anak-anak juga bisa bertualang dengan naik kano dan gondola ala di Venesia, Italia. Tak hanya itu, semua bangunan di Devoyage berwarna-warni sehingga sangat Instagramable.

Lokasinya ada di daerah Nirwana Residence, Jalan Indigo Raya, Mulyaharja, Bogor Selatan.

2. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian buah-buahan tropika terbesar di dunia. Jadi, obyek wisata ini cocok untuk mengajak anak bertualang sembari mengenali aneka macam buah-buahan.

Dikutip dari laman resminya, taman buah ini menyediakan fasilitas wisata kebun buah dan wisata bermain. Wisata kebun buah terdiri dari garden drive thru dan tropical camp.

Sementara itu, wisata bermain menawarkan wahana kids outbound, ATV adventure, dan istana balon. Adapula wahana permainan air yakni Water Kingdom.

Taman Buah Mekarsari buka setiap hari. Lokasinya berada di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM 3, Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor.

3. The Ranch Puncak – Bogor

Konsep The Ranch Puncak-Bogor menawarkan berbagai aktivitas untuk pengunjung, baik dewasa maupun anak-anak.

Baca Juga;  Kafe Bertema Anime Spy x Family Dibuka di Jepang hingga November 2022

Dikutip dari , Kamis (12/4/2018), mereka bisa menunggang kuda, memanah, mengunjungi peternakan, bermain aneka wahana, dan berfoto.

Pengunjung bisa naik ATV dan sepeda mini, serta menjajal atraksi trampolin.

4. JungleLand

Jika kamu ingin menikmati liburan seru bersama anak-anak, maka JungleLand menjadi pilihan tepat. Taman bermain ini menawarkan beragam wahana yang dapat dinikmati anak-anak dan orang dewasa.

Ada sejumlah wahana seru yang bisa dinikmati pengunjung di JungleLand, antara lain Ferris Wheel, Air Race, Bumper Car, Disk’O, dan Mini Drop.

Themepark ini berlokasi di Kawasan Sentul Nirwana, Jalan Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

5. Cimory Dairyland Puncak

Cimory Dairyland Puncak, yang per Minggu (1/1/2023) berganti nama menjadi Dairyland Farm Theme Park Puncak, berada di Jalan Raya Puncak Gadog, Cipayung Girang, Megamendung, Bogor.

Dikutip dari Tribun Travel, Rabu (2/2/2022), Cimory Dairyland Puncak dilengkapi dengan berbagai wahana seru dan edukatif, yang dikemas secara menyenangakan. Jadi, orangtua bisa mengajak anak-anak bertualang sembari berwisata.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dinikmati. Mulai dari menunggang kuda, keliling naik traktor, berinteraksi dengan satwa, berfoto, dan berwisata kuliner.

6. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor cocok sebagai tempat bertualang di alam terbuka. Pengunjung bisa menikmati pohon-pohon yang rindang, serta beragam tanaman.

Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan di Kebun Raya Bogor antara lain, bersepeda keliling Kebun Raya Bogor, duduk di tepi danau seberang Istana Presiden, mengunjungi Taman Meksiko yang berisi spesies tumbuhan iklim kering, dan mendatangi Museum Zoologi.

Lokasinya pun sangat terjangkau karena berada tak jauh dari Stasiun Bogor.

7. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor merupakan salah satu kebun binatang yang berlokasi di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga;  Jelang Libur Nataru, Hotel Di Aceh Mulai Dipesan Wisatawan

Obyek wisata ini sangat cocok sebagai tempat anak bertualang semberi mengenal aneka fauna. Taman Safari menawarkan pengalaman kepada pengunjung untuk menyaksikan dari dekat kehidupan satwa.

Misalnya, lewat paket safari siang, wisatawan bisa berkeliling menggunakan kendaraan pribadi untuk melihat kehidupan satwa di alam.

Selain paket safari siang, Taman Safari juga memiliki beragam aktivitas lainnya bagi pengunjung. Mulai dari Istana Panda, Safari Trek&Outbond, serta Safari Malam.

8. Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield adalah tempat wisata di Bogor yang mengusung konsep agrowisata dan edukasi. Jadi, obyek wisata ini sangat cocok untuk alternatif wisata keluarga.

Berdasarkan informasi dari situs Kuntum Farmfield, wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai dari memberi makan ternak hingga menunggang kuda. Selain itu, anak-anak bisa mengenal dan mempraktikkan langsung ilmu bercocok tanam.

Kuntum Farmfield memiliki area peternakan, pertanian, dan perkebunan yang dapat menjadi wahana petualangan bagi anak-anak. Lokasinya berada di Jalan Raya Tajur No. 291 Sindangrasa, Bogor.

9. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari atau TWM Park adalah tempat rekreasi keluarga di kawasan Puncak, Bogor. Berdasarkan informasi dari laman resminya, tempat wisata ini mengusung konsep recreation and education park yang dilengkapi berbagai wahana.

Obyek wisata seluas 40 hektar ini memiliki wahana wisata air, wahana permainan, wahana petualangan, dan wahana wisata edukasi.

Lokasinya berada di Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor. Adapula fasilitas lain yang tersedia di Taman Matahari mulai dari fasilitas akomodasi, kuliner, lapangan, fasilitas umum, dan fasilitas pendukung lainnya.

10. Cimory Riverside

Cimory Riverside yang kini dikenal sebagai Dairyland Riverside Puncak memadukan restoran dan tempat wisata.

Pengunjung dapat menikmati sejumlah wahana di tempat ini, mulai dari Cimory Forest Walk, Monster Aquarium, hingga Museum Lulu.

Obyek wisata ini cocok untuk mengajak anak-anak bertualangan sembari menyantap kuliner. Lokasinya di pinggir Sungai Ciliwung, tepatnya di Puncak Rd KM 77, Leuwimalang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat

Baca Juga;  Terlalu Barbar, Nama Makanan Indonesia Bikin Melongo!

11. Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Para orangtua bisa mengajak anak-anak untuk berinteraksi dengan rusa di Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya. Berdasarkan informasi dari Tribun Travel, Kamis (29/11/2018), penangkaran rusa ini telah berdiri sejak 1993.

Dulunya, Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya bernama Penangkaran Rusa Cariu. Ada beberapa jenis rusa yang bisa pengunjung temui, seperti rusa cheetal, rusa jawa, dan rusa bawean.

Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya terletak di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor.

12. Cibalung Happy Land

Cibalung Happy Land menawarkan paket lengkap wisata outdoor untuk keluarga.

Berdasarkan informasi dari situs Cibalung Happy Land, ada sejumlah atraksi yang tersedia baik untuk keluarga maupun rombongan. Mulai dari kolam renang, wahana permainan, spot foto, hingga outbound.

Selain itu, obyek wisata ini juga menyediakan paket glamping (glamour camping) untuk pengunjung yang ingin bermalam di alam terbuka. Lokasinya berada di Jalan Cihideung Kampung Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

13. Museum Zoologi

Tak hanya bertualang di alam terbuka, orangtua bisa mengajak anak untuk mengisi liburan di museum. Jadi, selain berwisata anak-anak juga dapat menambah ilmunya.

Salah satunya adalah Museum Zoologi. Museum yang dibangun sejak 1894 ini, merupakan ide dari J.C Koningsberger. Adapun nama aslinya adalah Landbow Zoologisch Laboratorium.

Koleksi museum ini yakni aneka rupa satwa dan fosil hewan yang diawetkan. Ketika berkunjung, pengunjung bisa mendapat berbagai informasi menarik seputar binatang di museum ini.

Lokasi museum berada di Jalan Ir H Juanda Paledang, Bogor Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.