Wisata  

15 Pantai Cantik di Jakarta & Sekitarnya yang Wajib Anda Kunjungi

Avatar
15 Pantai Cantik di Jakarta & Sekitarnya yang Wajib Anda Kunjungi

www.daytekno.com – Sebagai ibukota negara dan pusat perekonomian Indonesia, tidak heran jika Jakarta menjadi salah satu kota yang super sibuk serta identik dengan gedung-gedung pencakar langit. Meski begitu, bukan berarti anda tidak bisa mendambakan suasana pantai yang tenang selama berada di sana. Berikut deretan pantai hits di Jakarta dan sekitarnya yang bisa anda kunjungi untuk melepas penat.

1. Pantai Carita

Terletak di Kabupaten Pandeglang, Pantai Carita hanya berjarak sekitar 2 jam 55 menit perjalanan saja dari Kota Jakarta. Sehingga bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin merasakan hawa sejuk lautan di akhir pekan. Daya tarik utama dari pantai ini sendiri adalah hamparan pasir putihnya yang terlihat begitu bersih dengan butiran halus.

Hamparan pasir putih ini semakin terlihat menawan ketika berpadu dengan air laut kebiruan yang jernih, membuat mata siapapun yang memandangnya menjadi lebih segar. Terlebih jajaran pohon kelapa yang tumbuh di tepi pantai mampu menambah keindahan Cirata. Anda bisa bersantai di bawah pohon sembari menikmati es kelapa muda dan pemandangan sekitar.

2. Pantai Ancol

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama pantai satu ini. Bagi warga Jakarta sendiri, Pantai Ancol memang acap kali menjadi solusi tercepat apabila ingin berlibur ke pantai. Pasalnya, jarak dari pusat kota terbilang cukup dekat dan hanya membutuhkan kurang lebih 27 menit saja di perjalanan.

Akibat dari kepopulerannya, Pantai Ancol tidak pernah sepi akan pengunjung terutama di akhir pekan dan musim liburan. Terlebih di pantai satu ini para pengunjung akan disajikan berbagai atraksi wisata menarik, seperti gelanggang samudra, dunia fantasi atau dufan, serta seaworld, membuat Pantai Ancol cocok sebagai destinasi liburan keluarga.

3. Pantai Anyer

Pantai cantik di Jakarta dan sekitarnya berikut ini merupakan salah satu tujuan populer bagi warga ibu kota ketika musim liburan tiba. Pantai ini terletak sekitar 30 km di barat Jakarta, dan membutuhkan kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota. Sama halnya dengan Pantai Ancol, Pantai Anyer terbilang tidak pernah sepi akan pengunjung.

Pasalnya pantai satu ini selain menawarkan tempat wisata, juga menghadirkan akomodasi yang cukup lengkap untuk para wisatawan. Seperti penginapan dengan harga yang super terjangkau sampai hotel bintang lima yang akan memanjakan liburan anda. Di samping itu, panorama dari pantainya pun sangat menawan, dimana anda bisa menyaksikan anak Gunung Krakatau dari tepi pantai.

Baca Juga;  Beberapa Potret Keindahan Dumai Tempo Dulu Hingga Sekarang, Si Kota Minyak Indonesia

4. Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan berada di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, yang mana membutuhkan kurang lebih 1,5 jam perjalanan laut dari arah Kota Jakarta. Pantai yang memiliki pasir putih bersih ini bisa menjadi pilihan anda selama liburan, dimana anda bisa menggunakan speedboat untuk mencapai lokasi pantai.

Meskipun Pantai Pasir Perawan tidak memiliki garis pantai yang panjang, namun anda dijamin akan termanjakan selama berada di sana. Sebab fasilitas yang tersedia di sini termasuk sangat lengkap, mulai dari mushola, penginapan, sampai dermaga yang menyediakan water spot serta penyewaan kano hingga peralatan snorkeling.

5. Pantai Cikaya

Masih termasuk di dalam Kabupaten Kepulauan Seribu, atau tepatnya di Pulau Karya, Pantai Cikaya juga bisa menjadi salah satu pilihan destinasi liburan anda. Cukup dengan merogoh kocek sekitar Rp. 4.000 saja untuk menaiki angkutan perahu untuk membawa anda mencapai lokasi.

Di Pulau Karya atau Pantai Cikaya ini, berbagai aktivitas pantai bisa anda lakukan. Mulai dari menikmati pemandangan laut yang biru, berenang, ataupun snorkeling ke dasar laut. Pulau Karya sendiri telah menyediakan arena bermain khusus untuk anak anak, sehingga pantai satu ini sangat tepat menjadi destinasi liburan keluarga anda selanjutnya.

6. Pantai Pulau Tidung

Pulau Tidung di Kepulauan Seribu terkenal memiliki jembatan yang unik, dimana jembatan tersebut diberi nama Jembatan Cinta. Biasanya para wisatawan selalu menyempatkan diri untuk naik Jembatan Cinta, karena dari atas jembatan bisa terlihat dengan jelas biota laut yang tengah berenang serta terumbu karang yang mengitari pantai.

Tidak sampai di situ saja keseruan yang ditawarkan oleh destinasi wisata di Jakarta. Karena di sekitar pantai, anda juga dapat mencoba naik perahu untuk berkeliling pulau ataupun bermain banana boat sampai snorkeling. Anda yang menyukai tantangan juga bisa mencoba melompat dari atas jembatan lalu berenang ke perairan.

7. Pantai Pulau Perak

Pulau Perak merupakan salah satu pulau tidak berpenghuni di Kepulauan Seribu, sehingga destinasi ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin mencari ketenangan. Tidak begitu jauh dari Jakarta namun menghadirkan kesan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, anda bisa mendapatkan kedamaian selama berada di sana.

Baca Juga;  7 Daftar Pilihan Gunung di Kamboja, Yang Bikin Kalian Betah dan Wajib Kamu Eksplor Keindahannya

Bahkan pengelola wisata juga telah menyediakan penyewaan tenda bagi para wisatawan yang ingin bermalam di sana. Selama berlibur di pulau satu ini, ada banyak kegiatan menarik yang bisa anda jajal selain menikmati keindahan pantai. Seperti memancing, naik perahu mengelilingi hutan mangrove, sampai dengan snorkeling.

8. Pantai Pulau Bidadari

Untuk Pulau Bidadari satu ini yang juga berada di Kepulauan Seribu, memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan kolonial Belanda. Dimana pengunjung dapat menemukan cukup banyak peninggalan sejarah dari masa tersebut selama berada di lokasi. Sehingga wisata andalan dari pulau satu ini adalah area sejarah pendudukan Belanda di Indonesia.

Terlepas dari jejak sejarah VOC yang ada di sana, Pantai Pulau Bidadari sendiri memang memiliki keindahan yang rupawan untuk disaksikan. Selain itu, di sini juga menghadirkan fasilitas wisata yang terkenal sangat lengkap untuk pengunjung. Seperti banana boat, jetski, kano, persewaan snorkeling, dan lain sebagainya.

9. Pantai Pulau Pramuka

Satu lagi pantai cantik yang berada di Kepulauan Seribu dan wajib anda kunjungi selama liburan, yakni Pantai Pulau Pramuka. Pulau ini sendiri dulunya adalah habitat dari elang bondol, yang merupakan maskot dari Kota Jakarta sendiri. Daya tarik utama dari pantai satu ini adalah rimbunnya pohon mangrove yang seringkali dijadikan sebagai latar belakang swafoto.

Tidak hanya pohon mangrove saja yang bisa anda jadikan sebagai background foto, namun panorama laut di sekitar dengan kondisi air yang jernih dan tenang juga sangat tepat untuk diabadikan. Selain berburu foto, anda juga bisa melihat secara langsung penangkaran penyu sisik di sana yang mana pengelolaannya dilakukan oleh warga setempat.

10. Pantai Tanjung Layar

Bagi anda para pecinta surfing, Pantai Tanjung Layar adalah salah satu destinasi yang bisa dikunjungi. Karena pantai satu ini memiliki karakteristik karang laut yang tidak sedikit, sehingga sangat ideal dan begitu menantang adrenalin para peselancar. Pantai Tanjung Layar berada di Banten, anda bisa mencapai lokasi dengan berkendara sekitar 4 jam perjalanan.

Yang membuat pantai satu ini semakin menarik adalah fasilitas lengkap yang dihadirkan oleh pihak pengelola, menjadikan para pengunjung semakin betah untuk berlama lama selama berada di sana. Hanya berjalan kurang lebih 10 menit dari pantai saja, anda sudah bisa dengan mudah menemukan resort, homestay, hingga restoran.

Baca Juga;  10 Gambar Goa Barat Kebumen, Tiket Masuk Wisata, Lokasi Alamat, Jam Buka + Nomer Telepon

11. Pantai Lontar

Pantai Lontar menjadi salah satu pantai cantik yang juga wajib untuk anda kunjungi. Dimana pantai satu ini menawarkan keunikan yang berbeda dari pantai lainnya. Di sana anda akan menemukan labirin tepi pantai yang begitu menarik untuk ditelusuri. Tentunya berbagai aktivitas pantai lainnya pun bisa anda lakukan di Pantai Lontar.

12. Pantai Mekar

Pesona utama dari Pantai Mekar terletak di rimbunnya hutan mangrove yang ada di sana. Keindahan pohon mangrove tersebut membentang di sepanjang bibir pantai, dan seringkali dijadikan sebagai latar belakang foto bagi para wisatawan. Selain suasana indah, pantai satu ini juga menawarkan fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan para pengunjung.

13. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir seringkali disebut sebagai destinasi alternatif apabila Pantai Ancol dirasa terlalu ramai. Sebab pantai satu ini memiliki lokasi yang tidak jauh dari perkotaan, dengan panorama alam yang tidak kalah indah. Pasir hitamnya yang berbeda dari pantai lainnya membuat pantai ini memiliki daya tarik tersendiri.

14. Pantai Tanjung Lesung

Bisa ditempuh menggunakan kendaraan darat dari Kota Jakarta, Pantai Tanjung Lesung bisa menjadi salah satu pilihan untuk rekreasi bersama keluarga. Ombaknya yang tidak terlalu besar memungkinkan para pengunjung untuk berenang di sana. Terlebih anda bisa berwisata sunrise boat trip untuk menikmati suasana senja di pantai satu ini.

15. Pantai Sawarna

Memiliki suasana yang masih asri dan alami, Pantai Sawarna tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Meski pengelolaannya masih di bawah beberapa pantai yang telah disebutkan sebelumnya, namun kealamian pantai satu ini membuatnya banyak diburu wisatawan. Terlebih pengunjungnya masih tidak terlalu banyak, sangat cocok ketika anda mencari ketenangan.

Itulah beberapa pantai cantik yang ada di Jakarta dan sekitarnya yang bisa anda kunjungi selama liburan. Daerah ibukota memang tidak melulu soal gedung-gedung pencakar langit, cobalah menjelajah sedikit maka anda akan menemukan liburan dengan suasana berbeda seperti berbagai pantai eksotis yang telah disebutkan di atas.