www.daytekno.com – Salah satu daerah di Indonesia yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan adalah Raja Ampat. Daerah yang terletak di kawasan Papua Barat ini menyimpan potensi wisata besar. Tidak heran sehingga sangat direkomendasikan sebagai destinasi kepada wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah dan sekaligus menghilangkan rasa penat di pikiran.

Raja Ampat tidak hanya mempunyai keindahan panorama alam yang memukau saja, namun juga sejarah serta budayanya menarik untuk dipelajari. Bahkan, keanekaragaman hayati daerahnya juga menjadi daya tarik bagi wisatawan sehingga daerah ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Raja Ampat didominasi oleh tempat wisata yang bertemakan alam.

1. Puncak Harfat

Tempat wisata yang berlokasi di Distrik Misool Timur ini memiliki cerita sejarah dimana nama ‘Harfat’ merupakan nama gabungan dari dua orang yang menemukan lokasi tersebut. Kedua orang penemu tempat wisata dengan panorama alam yang begitu eksotis ini yakni sepasang sejoli bernama Harun dan Fatimah.

Nama Puncak Harfat kini menjadi hits hingga ke seluruh penjuru dunia dan termasuk salah satu bagian dari daerah Raja Ampat. Daya tarik tempat wisata yang ditemukan oleh Harun dan Fatimah tersebut adalah panorama laut lepas dengan beberapa bukit hijau dengan ukuran yang bervariasi yang bisa dinikmati dari ketinggian.

2. Pulau Wayag

Berlokasi di Distrik Waigeo Barat, Pulau Wayag memiliki pesona alam tiada duanya. Air lautnya berwarna biru dan jernih berpadu dengan bebatuan hijau. Terdapat juga ekosistem ikan manta dan juga baby manta yang hidup di perairan laut pulau seluas kurang lebih 155.000 hektar ini.

Di sekitaran pulau terdapat keanekaragaman flora dan fauna yang hidup di daratan dan lautan. Bahkan, Pulau Wayag mempunyai beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan seperti penyewaan speed boat, jetski, dan wahana air lainnya agar wisatawan dapat menjelajah pulau.

3. Star Lagoon

Raja Ampat mempunyai objek wisata berupa laguna yang berbentuk bintang yang dinamakan Star Lagoon dan berada di Pulau Pianemo. Bentuk bintang pada laguna akan tampak jelas ketika dilihat dari atas bukit. Laguna cantik ini dikelilingi oleh beberapa pulau kecil dengan pemandangan alami.

Kegiatan wajib wisatawan ketika berkunjung ke Star Lagoon adalah menyelam karena pesona di bawah laguna begitu menakjubkan. Menariknya, di waktu-waktu tertentu wisatawan akan melihat beberapa bayi hiu dan penyu muncul di laguna dan berkeliling di sekitar laguna.

4. Batu Pensil

Di kawasan Disrik Waigeo Selatan terdapat Batu Pensil yang merupakan tebing bebatuan karang berukuran raksasa yang terletak di tengah pantai. Dinamakan Batu Pensil karena bentuknya meruncing mirip pensil. Di sekitar batu unik tersebut ada hiasan berupa deretan bebatuan karang.

Bentuknya yang unik itulah yang menjadi simbol tempat wisata ini. Wisatawan yang berkunjung pasti tidak tidak lupa untuk berfoto dengan latar belakang bebatuan karang tersebut. Di dekat lokasi terdapat dermaga kecil yang digunakan untuk tempat kapal wisatawan merapat dan sebagai tempat singgah kedatangan wisatawan.

5. Puncak Pianemo

Puncak Pianemo menyuguhkan pemandangan berupa perbukitan kecil yang berada di tengah laut. Tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung karena seperti secuil surga yang terwujud secara nyata. Dari puncak tersebut, wisatawan akan melihat pemandangan lautan biru dengan bukit kecil yang tersebar di sekelilingnya.

Untuk bisa sampai di Puncak Pianemo, wisatawan diharuskan menaiki anak tangga kayu berjumlah 320 buah. Sebagian besar wisatawan tidak asing dengan tempat wisata ini karena spot tersebut menjadi lokasi hunting foto yang populer. Apalagi ketika cuaca sedang cerah, batuan karang dan warna gradasi lautnya sangat cantik.

6. Pantai Pasir Timbul

Di Raja Ampat terdapat destinasi bahari yang memiliki keajaiban yakni pantai pasir timbul. Sesuai namanya, pasir pantai cantik ini timbul dan dapat disinggahi wisatawan. Letak pantai berada di tengah lautan Raja Ampat. Keajaiban pantai tersebut adalah wisatawan bisa menginjakkan kaki di pasir timbul ketika air laut sedang surut.

Bermain pasir di pantai dengan pasir timbul ini menjadi salah satu lokasi mandi dan berenang di pantai yang seru. Hal ini dikarenakan tidak adanya ombak seperti pantai lainnya. Berwisata ke tempat ini sangat menyenangkan karena wisatawan bisa berjalan-jalan hingga ke tengah lautan.

7. Desa Wisata Sauwandarek

Distrik Meos Mansar yang ada di Raja Ampat memiliki destinasi menarik yang menyuguhkan kearifan lokal. Beragam spot di desa wisata ini digunakan sebagai lokasi berfoto dan tempat bermain yang menyenangkan. Wisatawan akan disambut ramah oleh masyarakat setempat ketika berkunjung.

Di desa wisata Sauwndarek wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, memancing, hingga jalan-jalan berkeliling menyusuri desa. Wisatawan yang berhasil mendapatkan ikan ketika memancing bisa membakar ikan di tepi pantai. Berwisata ke tempat ini memberikan pengalaman yang seru dan menyenangkan.

8. Desa Wisata Selpele

Desa wisata yang berada di Distrik Waigeo Barat ini terdapat di pulau yang luasnya sebesar Raja Ampat. Berlibur di desa wisata Selpele dapat membantu wisatawan menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pesona keindahan alam di tempat tersebut.

Sama seperti desa wisata Sauwandarek, di desa wisata ini wisatawan melakukan beragam aktivitas dengan anak-anak desa setempat seperti memancing bersama. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati kecantikan matahari terbenam. Menariknya lagi, wisatawan bisa menyaksikan proses menganyam tikar secara langsung.

9. Desa Wisata Sawinggrai

Ada lagi desa wisata Sawinggrai yang berlokasi di Distrik Meos Mansar. Desa wisata ini populer di kalangan wisatawan karena burung cendrawasih asal Papua hidup disana. Burung berwarna merah yang dinamakan bird of paradise merupakan salah satu dari ikon yang populer di kawasan Papua.

Di Papua sendiri ada burung cendrawasih berjumlah empat spesies yakni burung cendrawasih besar, rotan, merah, dan kecil. Burung-burung tersebut terbang kesana-kemari di desa wisata Sawinggrai dan berkicau membuat suasana desa menjadi ramai. Di desa wisata ini wisatawan bisa mengelilingi pulau menggunakan perahu kayu.

10. Desa Wisata Yenbuba

Raja Ampat mempunyai beberapa desa wisata yang menyuguhkan pemandangan eksotis, salah satunya adalah desa wisata Yenbuba. Daya tarik desa wisata ini adalah pesona alam bawah lautnya terutama terumbu karang yang mengagumkan. Wisatawan yang hobi snorkeling direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini.

Terdapat sekelompok ikan berbagai jenis yang bisa ditemui ketika menyelam di perairan laut desa wistaa ini. Dermaga panjang dari kayu membentang di atas pantai dengan bentuk kayu yang unik jika dilihat langsung dari bawah laut. Bahkan, pesona bawah laut bisa dinikmati tanpa harus snorkeling karena air lautnya begitu jernih.

11. Pulau Misool

Objek wisata yang berlokasi di kawasan Distrik Misool Barat ini termasuk destinasi yang wajib dikunjungi ketika berada di Raja Ampat. Wisatawan akan menemukan pemandangan indah berupa lautan berwarna biru kehijauan dengan perbukitan hijau yang mengelilinginya sehingga menjadi spot berfoto yang cantik.

Pulau Misool merupakan tempat wisata hits di kalangan wisatawan karena panorama yang disuguhkan begitu memukau. Disana wisatawan bisa snorkeling menikmati pesona alam bawah laut yang memiliki 75% dari jenis ikan. Bahkan, wisatawan juga akan bertemu dengan paus dan gurita saat berenang ke tengah laut.

12. Air Terjun Batanta

Wisatawan yang ingin menikmati nuansa segar air terjun di Raja Ampat bisa berkunjung ke air terjun Batanta. Tempat wisata ini bisa menjadi destinasi untuk wisatawan yang seharian melakukan aktivitas berendam di air laut yang asin.

Air terjunnya begitu jernih dan menyegarkan. Keunikan air terjun ini adalah pada bebatuannya yang berwarna coklat agak orens. Nuansanya sangat teduh karena kawasan air terjun dikelilingi oleh pepohonan hijau.

13. Pulau Kri

Lokasi snorkeling paling sempurna menurut wisatawan adalah Pulau Kri. Kekayaan fauna dan flora bawah laut di pulau ini tiada duanya. Menariknya, wisatawan bisa menemukan spesies ikan berjumlah ratusan hanya dengan satu kali penyelaman saja sehingga tempat ini menjadi destinasi favorit wisatawan.

14. Air Terjun Arawai

Tidak kalah cantiknya dengan air terjun Batanta, air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Wisatawan bisa melakukan aktivitas berenang di area bawah air terjun tersebut karena airnya tidak terlalu deras. Pepohonan hijau mengelilingi air terjun ini sehingga terasa sangat sejuk.

15. Pulau Salawati

Salah satu pulau yang ada di Raja Ampat ini merupakan saksi sejarah ketika Perang Dunia II. Wisatawan akan menemukan bangkai pesawat dan kapal laut ketika snorkeling hingga dasar laut. Kini bangkai-bangkai tersebut telah beralih fungsi sebagai rumah ikan yang tampak menawan.

Beberapa tempat wisata tersebut bisa dijadikan sebagai destinasi ketika wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung ke daerah Raja Ampat. Setiap tempat wisata disana mempunyai daya tarik masing-masing yang tidak akan ditemukan di daerah lainnya. Pesona keindahan alamnya menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Bagikan:
x