Wisata  

15 Universitas di Cirebon Beserta Jurusan dan Biaya Kuliahnya, Mana Yang Ada Kelas Karyawan?

Avatar
15 Universitas di Cirebon Beserta Jurusan dan Biaya Kuliahnya, Mana Yang Ada Kelas Karyawan?

www.daytekno.com – Cirebon adalah salah satu kota yang letaknya di jalur Pantai Utara Jawa. Kota ini merupakan salah satu tujuan wisata karena terkenal akan sejarah dan budayanya.

Tidak hanya itu saja, Cirebon juga dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki cukup banyak penduduk. Oleh karena itu, tidak heran apabila di Cirebon ada banyak fasilitas pendidikan berupa universitas.

Berikut ini merupakan beberapa pilihan universitas di Cirebon yang bagus dan bisa kamu jadikan tempat untuk kuliah. Simak dulu, yuk!

1. Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati

Akreditasi: BAlamat: Jl. Perjuangan, Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 489926Website: https://syekhnurjati.ac.id/Biaya Kuliah Mulai: Rp. 1.750.000 per semester

Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati adalah salah satu perguruan tinggi negeri Islam yang letaknya di Cirebon. Namanya diambil dari tokoh perintis dakwah Islam di wilayah Cirebon.

Sebagai sebuah institusi Islam, tentu saja fakultas dan jurusan yang ada di kampus ini berhubungan dengan agama Islam. Hal ini diperuntukkan agar nilai-nilai dan ajaran Islam tertanam pada mahasiswanya.

Beberapa fakultas di kampus ini antara lain syariah dan ekonomi Islam, ushuluddin adab dakwah, serta ilmu tarbiyah dan keguruan.

2. Universitas Muhammadiyah Cirebon

Akreditasi: CAlamat: Jl. Tuparev No. 70, Kedungjaya, Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 204276Website: www.umc.ac.idBiaya Kuliah Mulai: Rp. 2.000.000 per semester

Universitas Muhammadiyah adalah salah satu kampus yang berada di bawah naungan organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia. Ternyata, kampus ini juga ada di Cirebon lho.

Sebenarnya, kampus ini sudah ada dari sejak tahun 1962 namun pada kala itu merupakan sebuah FKIP hukum dan ekonomi. Sejak tanggal 8 Desember 1999, barulah menjadi Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Ada beberapa fakultas di kampus ini yang meliputi ilmu kesehatan, keguruan dan ilmu pendidikan, teknik, hukum, ekonomi, serta ilmu sosial dan ilmu politik.

3. Universitas Swadaya Gunung Jati

Akreditasi: BAlamat: Jl. Pemuda Raya No. 32, Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 206558Website: https://ugj.ac.id/Biaya Kuliah Mulai: Rp. 1.000.000 per semester

Universitas Swadaya Gunung Jati adalah salah satu kampus swasta yang terletak di Cirebon. Namanya diambil dari salah satu tokoh penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, yaitu Sunan Gunung Jati.

Kampus ini sudah berdiri sejak tanggal 16 Januari 1961 dengan hanya memiliki dua fakultas saja yaitu hukum dan ekonomi. Kini, jumlah fakultas di kampus ini sudah ada banyak.

Beberapa fakultas yang ada di kampus ini meliputi hukum, ekonomi, keguruan dan ilmu pendidikan, ilmu sosial dan ilmu politik, pertanian, teknik, dan kedokteran.

Baca Juga;  Jembatan Barelang

Eits, tidak hanya bisa menempuh pendidikan sarjana saja, kamu juga bisa kok ambil studi pascasarjana di kampus ini kalo mau!

4. Universitas 17 Agustus Cirebon

Akreditasi: BAlamat: Jl. Perjuangan No. 17, Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 481945Website: https://untagcirebon.ac.id/web/

Universitas 17 Agustus atau yang biasa disingkat sebagai UNTAG adalah salah satu kampus swasta yang cukup terkenal di Cirebon.

Universitas ini sudah berdiri sejak tanggal 2 September 1962 sebagai cabang dari UNTAG Jakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak mahasiswa yang kuliah di universitas ini.

Beberapa fakultas yang ada di kampus ini antara lain ilmu sosial dan ilmu politik, hukum, teknik, perikanan dan ilmu kelautan, ekonomi, serta keguruan dan ilmu pendidikan.

Selain bisa mengambil program sarjana, kamu juga bisa kok mengambil kelas pascasarjana. Namun, kelas pascasarjana hanya untuk jurusan ilmu administrasi negara ya!

5. Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

Alamat: Jalan Sisingamangaraja No. 33, Lemahwungkuk, Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 235900Website: https://unucirebon.ac.id/id/

Ada lagi nih, salah satu universitas Islam yang bisa kamu jadikan tempat untuk menimba ilmu di Cirebon yaitu Universitas Nahdlatul Ulama. Usianya masih relatif muda karena baru berdiri pada tanggal 16 September 2011.

Tentu saja, kampus ini menerapkan nilai-nilai serta ajaran Islam pada mahasiswanya. Tidak ketinggalan, ada fakultas agama Islam yang bisa kamu ambil lho.

Selain itu, beberapa fakultas lain yang ada di kampus ini meliputi ilmu pendidikan dan keguruan, hukum, ilmu komputer, ekonomi, teknik kelautan dan perikanan, serta maritim.

6. Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon

Alamat: Jl. Evakuasi No. 11, Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 482196Website: https://sttcirebon.ac.id/

Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon adalah salah satu perguruan tinggi teknik yang terletak di Kota Cirebon. Sesuai dengan namanya, kampus ini merupakan tempat yang tepat untuk memperdalam ilmu teknik.

Ternyata, kampus ini telah berdiri sejak tahun 1965 dengan nama Akademi Teknik Kotapraja Cirebon. Barulah, beberapa tahun kemudian berubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon.

Ada dua jurusan di Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon yang bisa kamu ambil yaitu arsitektur dan teknik sipil. Keduanya merupakan program studi tingkat S1.

7. Akademi Maritim Suaka Bahari Cirebon

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No. 156, Ciperna, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 485993Website: https://akmicirebon.ac.id/Biaya Kuliah Mulai: Rp. 8.000.000 per bulan

Baca Juga;  Cuaca Buruk di Yogyakarta, Ekowisata Sungai Mudal Buka Sesuai Kondisi Cuaca

Buat kamu yang berniat untuk mendalami bidang maritim dan berkarir di sana, Akademi Maritim Suaka Bahari Cirebon bisa menjadi salah satu institusi yang tepat.

Ada beberapa jurusan di kampus ini yang bisa diambil yaitu nautical studies, marine engineering, serta port and shipping management.

Cirebon adalah salah satu kota yang terletak di daerah pantai utara, sehingga jika kamu kuliah di tempat ini akan memudahkan praktiknya ya!

8. Politeknik LP3I Kampus Cirebon

Alamat: Jl. Tuparev No. 514, Pilangsari, Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 226725Website: https://www.lp3i.ac.id/lokasi/cirebon/

Politeknik LP3I adalah tempat kuliah vokasi di Cirebon yang menawarkan jenjang pendidikan D3 (Diploma 3) dan D4 atau Sarjana Terapan. Kamu akan menempuh pendidikan selama tiga sampai empat tahun di kampus ini.

Kampus ini dibangun dengan tujuan agar para mahasiswa akan lebih siap untuk terjun ke dunia kerja selepas lulus. Kabarnya, kampus ini juga sudah bekerjasama dengan berbagai lembaga perusahaan lho.

Ada beberapa jurusan yang bisa kamu ambil di kampus ini seperti akuntansi keuangan, komputerisasi administrasi bisnis, komputer bisnis manajemen, manajemen informatika, serta teknik komputer.

9. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer IKMI

Alamat: Jl. Perjuangan No. 10B, Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 490480Website: https://ikmi.ac.id/

Buat kamu yang berniat untuk menekuni bidang informatika, kampus ini merupakan salah satu tempat yang tepat lho. Sesuai dengan namanya, STMIK IKMI adalah sekolah tinggi khusus untuk manajemen informatika dan komputer.

Kampus ini masih relatif baru karena berdiri sejak tahun 2001. Ada dua jenjang pendidikan yang bisa kamu tempuh di kampus ini yaitu D3 alias Diploma 3 dan S1 alias Sarjana.

Untuk program sarjana, jurusan yang tersedia adalah teknik informatika, rekayasa perangkat lunak, dan sistem informasi. Sementara itu, untuk program D3, jurusan yang tersedia meliputi manajemen informatika dan komputerisasi akuntansi.

10. Sekolah Tinggi Agama Islam Cirebon

Alamat: Jl. Tuparev No. 111, Kertawinangun, Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 231816

Buat kalian yang ingin memperdalam ilmu agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Cirebon bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus.

Tidak disangka-sangka, umur kampus ini juga sudah lama lho karena telah dibangun sejak 6 Juni 1985 oleh berbagai tokoh agama Islam.

11. Akademi Kebidanan Graha Husada Cirebon

Alamat: Jl. Widarasari III, Sutawinangun, Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniWebsite: http://www.akbidgrahacirebon.ac.id/

Sesuai dengan namanya, Akademi Kebidanan Graha Husada adalah sebuah institusi yang bagus untuk memperdalam ilmu kebidanan di Cirebon.

Baca Juga;  Inilah 8 Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika Berlibur di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta

Selain menjadi institusi untuk memperdalam ilmu kebidanan, kampus ini juga menanamkan nilai-nilai dan ajaran Islam kepada para mahasiswanya lho.

Jadi, dapat dipastikan bahwa institusi ini akan melahirkan lulusan yang ahli dalam bidang kebidanan namun tetap memegang teguh nilai agama Islam.

12. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mahardika Cirebon

Akreditasi: BAlamat: Jl. Terusan Sekar Kemuning No. 199, Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 488123Website: https://stikesmahardika.ac.id/

Sesuai dengan namanya, institusi ini merupakan sekolah tinggi ilmu kesehatan yang ada di Cirebon. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mahardika telah berdiri sejak tanggal 1 Agustus 2002. ‘

Ada beberapa program studi yang bisa kamu ambil di kampus ini yaitu profesi ners, keperawatan, kesehatan masyarakat, kebidanan, serta rekam medis dan informasi kesehatan.

13. Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing Invada

Akreditasi: BAlamat: Jl. Brigjend Dharsono No. 20, Kertawinangun, Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: 0811-2433-883Website: https://stibainvada.ac.id/

Nah, kalo institusi yang satu ini merupakan tempat yang tepat untuk memperdalam bahasa asing. Ada dua program studi yang bisa kamu ambil di kampus ini yaitu sastra Inggris dan sastra Jepang.

Kampus ini sudah berdiri sejak tanggal 11 Mei 2005. Kabarnya, jika kuliah di kampus ini, kamu juga memiliki kesempatan untuk magang serta ikut dalam acara pertukaran pelajar ke luar negeri lho.

14. Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Akreditasi: BAlamat: Jl. Widarasari III, Sutawinangun, Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 246215Website: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/login.jsp;jsessionid=EFDE657C0763B68B335A0C7F58DF87E5

Ada lagi nih, tempat yang bagus untuk memperdalam ilmu agama Islam di Cirebon yaitu Institut Agama Islam Bunga Bangsa. Ternyata, institut ini sudah berdiri sejak tahun 1995 lho.

Jika dilihat dari segi fasilitas, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon juga tidak kalah jauh dibandingkan dengan yang lainnya.

15. Akademi Keperawatan Dharma Husada

Alamat: Jl. Kalitanjung No. 112, Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa BaratMap: Klik DisiniNo. Telp: (0231) 8804901Website: https://dharmahusadacrb.ac.id/Biaya Kuliah Mulai: Rp. 4.000.000 per semester

Buat kamu yang berniat ingin menjadi perawat, Akademi Keperawatan Dharma Husada bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus.

Institusi yang satu ini sudah berdiri sejak 8 Februari 1996 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kesehatan dan Pelayanan Medis Dharma Husada.

Jadi, itulah beberapa universitas di Cirebon yang bisa kamu jadikan tempat untuk menimba ilmu. Nah, terbukti kan, ada banyak kampus yang cukup berkualitas di kota ini?