www.daytekno.com – NESABAMEDIA.COM – Apa itu AutoCAD? AutoCAD adalah sebuah software berupa CAD (Computer Aided Design) yang digunakan untuk mendesain objek 2D dan 3D seperti desain rumah/bangunan.

Bagi Anda yang merupakan mahasiswa arsitektur atau teknik sipil, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Bagaimana tidak? Anda tentu membutuhkannya untuk kegiatan perkuliahan.

Kabar baiknya, terdapat aplikasi AutoCAD yang tersedia dalam versi gratis. Dengan begitu, Anda tidak perlu membayar dan bisa lebih berhemat. Bagaimana cara mendownload AutoCAD yang legal tetapi gratis? Mari simak penjelasan dibawah ini.

A. Download AutoCAD Free Trial (Publik)

Berikut dibawah ini langkah-langkah mendownload AutoCAD secara gratis dan juga legal untuk publik.

1. Buka halaman website AutoDesk disini.

2. Kemudian, pada halaman tersebut, klik FREE TRIALS seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini. Selain itu, Anda bisa saja langsung membuka link FREE TRIALS disini.

3. Pada halaman Free Trials, cari AUTOCAD seperti yang ditandai oleh kotak merah pada gambar. Lalu, klik AUTOCAD tersebut.

4. Pada jendela AutoCAD free trial, pilih opsi AutoCAD lalu klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

5. Selanjutnya, klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

6. Agar Anda bisa mendapatkan askes AutoCAD free trial tanpa harus berstatus mahasiswa atau guru. Pilih opsi ‘A business user’ pada I will be using this software as dan untuk bahasanya, Anda bisa memilih bahasa yang Anda kuasasi seperti English. Kemudian, klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

Baca Juga;  4 Cara Mengubah Video Menjadi MP3 di HP / Laptop (Tanpa Aplikasi)

7. Setelah itu, Anda diarahkan untuk masuk ke akun Autodesk Anda. Jika Anda belum memiliki akun tersebut, silahkan buat akun baru dengan mengklik link CREATE ACCOUNT seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

8. Nah, sekarang, buatlah akun baru Anda dengan mengisi kolom-kolom pendaftaran seperti gambar dibawah ini. Kemudian, klik tombol CREATE ACCOUNT seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

9. Akhirnya, akun baru Anda pun berhasil dibuat. Silahkan klik tombol Done seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

10. Masukkan informasi perusahaan Anda (jika ada), jika tidak, Anda bisa mengisi None. Selanjutnya, klik tombol BEGIN DOWNLOAD untuk memulai pengunduhan aplikasi AutoCAD seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

11. Selanjutnya, akan muncul jendela Your download has started. Saat jendela ini tampil, aplikasi AutoCAD sedang dalam proses diunduh. Silahkan tutup jendela ini dan tunggu sebentar hingga proses download selesai.

12. Aplikasi AutoCAD telah berhasil di-download.

B. Download AutoCAD Free Trial (Pelajar dan Pengajar)

Berikut dibawah ini langkah-langkah mendownload AutoCAD secara gratis dan juga legal untuk para pelajar dan pengajar.

1. Buka link AUTODESK EDUCATION disini.

2. Klik tombol GET STARTED seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

3. Jika Anda adalah pengguna baru maka isi kolom Country, Education role, Institution Type, dan Date of Birth seperti pada gambar. Lalu, klik tombol Next seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

Tapi, jika Anda sudah memiliki akun maka cukup klik link SIGN IN.

4. Selanjutnya, buatlah akun baru Anda dengan mengisi kolom-kolom yang tersedia. Jangan lupa untuk mencentang kotak I agree…… Lalu, klik tombol CREATE ACCOUNT seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

Baca Juga;  Cara Membuat Emoticon Jempol di Facebook

5. Selanjutnya, Anda perlu memverifikasi akun Anda melalui email.

6. Buka email Anda yang terdaftar di AutoDesk. Pada email dari AutoDesk, klik tombol Verify Email seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

7. Setelah itu, centang kotak Thank you ….. dan klik tombol Done seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

8. Biasanya, Anda diminta sekali lagi mengisi form Get education benefits seperti pada gambar dibawah ini. Klik tombol NEXT seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

9. Selanjutnya, isi form Just one more step lalu klik tombol NEXT seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

10. Akhirnya, akun Anda sudah bisa mengakses Autodesk education community. Klik Continue seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar untuk membuka halaman produk Autodesk.

11. Pada halaman Autodesk yang tampil, scroll down hingga Anda menemukan produk AutoCAD. Klik Get Started seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar.

12. Untuk mengonfirmasi bahwa informasi yang Anda masukkan benar, silahkan isi form pada gambar lalu klik tombol CONFIRM seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar dibawah ini.

12. Setelah itu, barulah Anda bisa mendownload aplikasi AutoCAD secara free dan legal.

13. Nantinya, untuk mengunduh AutoCAD, Anda hanya perlu mengklik tombol Download Now.

Nah, itulah 2 cara mendownload aplikasi AutoCAD secara legal dan gratis. Semoga pembahasan yang telah dijelaskan diatas bermanfaat. Terima kasih!

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    “If you’re doing your best, you won’t have any time to worry about failure.” H. Jackson Brown, Jr.

    Baca Juga;  Cara Mengatasi Certificate dan SSL Connection Error di Google Chrome

    ”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website nesabamedia.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

    0
    Bagikan:
    x