-->

5 Fakta Menarik di Goa Jatijajar Yang Gak Boleh Dilewatin

Goa Jatijajar Suguhkan Pesona yang Indah dan Eksotis

Goa jatijajar

Apabila Kamu sedang mencari informasi tentang tiket masuk goa jatijajar 2020, alamat goa jatijajar, lokasi goa jatijajar, goa jatijajar cilacap, goa jatijajar kebumen, legenda goa jatijajar dalam bahasa indonesia, maka Kamu sudah menemukan artikel yang tepat, karena dalam artikel ini saya akan bahas dari A sampai Z tentang Goa Jatijajar, selengkapnya, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Goa Jatijajar menjadi salah satu goa yang terkenal di Indonesia dengan keindahan pesona alam yang mengagumkan. Kebumen merupakan wilayah yang dipenuhi dengan perbukitan karst, sehingga tidak heran jika wilayah ini memiliki banyak goa, salah satunya yaitu Goa Jatijajar.

Lokasi dan rute menuju goa 

Lokasi goa jatijajar kebumen

Goa Jatijajar terletak di sebelah barat Kebumen tepatnya di Dusun Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Goa yang memiliki panjang 250 meter ini juga mempunyai legenda menggambarkan Lutung Kasarung atau Raden Kamandaka. Rute menuju Goa Jatijajar cukup mudah, karena tempat ini menjadi salah satu wisata favorit dan populer di Kebumen.

Jika perjalanan melalui titik di Kota Kebumen, maka Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam saja.

Rute perjalanan dari pusat Kota Kebumen yaitu dengan mengarahkan ke rute Kebumen – Karanganyar.

Kemudian dilanjutkan menuju Glombor dan ikuti arah ke Pantai Ayah. Nah, di perjalanan Anda akan menemukan plang menuju Goa Jatijajar.

Harga tiket dan jam operasional 

Harga masuk goa jatijajar

Untuk memasuki area Goa Jatijajar, wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 12.500 untuk dewasa dan Rp. 5.500 untuk anak-anak. Dengan biaya yang relatif murah ini, wisatawan dapat menikmati dan berkeliling di goa sepuasnya.

Jam operasional wisata Goa Jatijajar mulai dari jam 06.00 hingga 22.00 WIB. Berlama-lama di area Goa Jatijajar tentu tidak akan merasa bosan karena keindahan memukau yang disuguhkan hanya bisa Anda temukan disini.

Ini lho yang menarik di Goa Jatijajar

Goa Jatijajar sudah sangat terkenal sekali, lalu apa sih yang membuat Goa Jatijajar jadi menarik? Rupanya hal-hal ini yang menjadi magnet orang datang:

  • Proses terbentuknya goa Jatijajar

Goa jatijajar

Goa Jatijajar bukan goa yang dibuat oleh manusia, melainkan terbentuk dari proses alami. Goa terbentuk dari batuan kapur dengan panjang kurang lebih 200 meter.

Gua pertama kali ditemukan oleh petani yang sedang mencari rumput tidak sengaja jatuh ke lubang. Nah, lubang tersebut memiliki langit-langit goa.

  • Tempat Berpetualang

Pesona goa jatijajar

Goa Jatijajar disebut sebagai tempat berpetualang karena panjang yang mencapai 250 meter dan tinggi sekitar 12 meter. Goa pun memiliki ukuran cukup lebar yaitu 15 meter.

Goa mudah ditelusuri dan di dalamnya dilengkapi dengan beton dan lampu-lampu penerangan. Sehingga wisatawan merasa aman dan nyaman ketika berpetualang di dalam goa.

  • Stalagtit dan Stalagmit

Stalagtit dan Stalagmit goa jatijajar

Stalaktit dan stalakmit merupakan batuan alami yang terbentuk di dalam goa. Batuan-batuan tersebut terbentuk dari endapan air hujan yang bereaksi dengan batu kapur.

Stalaktit merupakan batuan yang menggantung dari atas goa menuju ke bawah, sedangkan stalakmit berasal dari bawah menuju atas.

  • Patung Dinosaurus

Patung dinosaurus goa jatijajar

Ditengah perjalanan ketika menelusuri goa, wisatawan akan disuguhkan dengan patung dinosaurus. Mulut patung terbuka dan menyemburkan air cukup deras. Patung tersebut menjadi simbol yang menunjukkan bahwa Goa Jatijajar sangat tua.

Wisatawan memanfaatkan patung menjadi salah satu tempat bermain air dan objek spot foto. Air yang menyembur dari mulut patung memiliki beberapa fungsi. Fungsinya yaitu sebagai tempat bermain air dan irigasi sawah yang ada di sekitar goa.

  • Menikmati Kuliner Khas

Wisata Goa Jatijajar juga memiliki beberapa masakan khas yang berbeda dengan tempat lain. Makanan khas goa Jatijajar yang wajib disantap yaitu adanya tambahan bunga kecombrang yang ada pada beberapa makanan yang ditawarkan.

Kepopuleran Goa Jatijajar bertahan hingga saat ini dimana wisatawan pun tidak bosan untuk kembali datang. Sangat disayangkan jika Anda berkunjung ke Kebumen namun tidak menyempatkan waktu untuk singgah sejenak di goa yang luar biasa ini.

Nah itu tadi artikel yang membahas tentang Goa Jatijajar, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan refrensi Anda. Sekian, selamat travelling dan sampi jumpa lagi ditulisan saya yang lainnya.

Belum ada Komentar untuk "5 Fakta Menarik di Goa Jatijajar Yang Gak Boleh Dilewatin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel