-->

Inilah 5 Cara Mengatasi HP Android Lemot

Bagi sebagian pengguna ponsel, tidak jarang dari mereka justru merasa emosi terutama pada saat sedang membutuhkannya dalam hal genting. Hal ini nyatanya disebabkan karena beberapa faktor mulai dari memori hingga RAM bermasalah. Lantas bagaimana cara mengatasi HP Android lemot?

Cara mengatasi hp android lemot

Bagaimana Cara Mengatasi HP Android Lemot?

HP Android menjadi salah satu yang paling banyak digunakan oleh sebagian orang. Sayangnya karena banyak faktor, justru membuat hp lemot. Sebagai pengguna, Anda pun harus mengetahui apa penyebabnya, dan berikut cara mengatasinya:

1. Perhatikan Spesifikasi Memori HP Android

Anda perlu memperhatikan kembali dari spesifikasi memori HP Android tersebut. Jangan hanya berfokus pada jumlah RAM yang ada, namun juga kapasitas penyimpanannya. Kebanyakan ponsel ini akhirnya lemot dikarenakan pemiliknya juga kurang peka akan hal tersebut.

Jadi Anda perlu menghindari penyimpanan terlalu berlebihan atau bahkan melebihi dari spesifikasi yang ada. Lakukan secara rutin untuk membersihkannya khususnya jika file sudah tidak digunakan lagi. Keberadaannya hanya membuat memori penuh dan menyebabkan HP Android tersebut lemot.

2. Menggunakan Satu Antivirus Saja

Menjadi hal yang wajar apabila setiap pemilik HP Android ini ingin memberikan proteksi tambahan pada ponselnya masing-masing. Sayangnya mereka pun justru terasa berlebihan ketika menggunakan apk antivirus lebih dari satu. Hal ini tanpa disadari hanya akan memenuhi kapasitas RAM saja.

Semakin banyak apk antivirus yang diinstall pada sebuah ponsel tentu membuat RAMnya penuh dan mengakibatkan perangkat menjadi lemot. Jadi alangkah lebih baik jika Anda hanya menggunakan satu aplikasi saja dan terbukti ampuh demi menghindari pengalaman Android tersebut terhambat kerjanya.

3. Rutin Melakukan Update Software

Bagi Anda yang sudah menerima pemberitahuan bahwa pembaruan software perlu dilakukan, maka lakukan update tersebut sesuai dengan instruksi. Biasanya hal ini mampu meningkatkan kinerja dari ponsel secara signifikan. Sederhananya, masalah pada sistem sebelumnya dapat teratasi lebih baik.

Lagi-lagi, pastikan untuk memperhatikan kapasitas memori internal untuk masing-masing HP. Biasanya pembaruan ini memang tidak dapat dilakukan jika penyimpanan sudah terlanjur penuh. Jadi jangan hanya update terus menerus namun juga harus memastikan jika RAM masih cukup.

4. Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Kian banyak aplikasi yang muncul di PlayStore memang seringkali membuat para pengguna Android tergoda untuk menginstalnya. Anda pun tidak seharusnya bertindak seperti ini, lantaran penggunaan apk tidak digunakan hanya akan membuat memori penyimpanan semakin penuh.

Ruang penyimpanan HP Anda bisa saja tersita lantaran aplikasi yang belum tentu digunakan. Belum lagi banyaknya cache dari apk tersebut. Hal ini membuat performa ponsel Android akan menurun dan mengakibatkan lemot seringkali terjadi.

5. Rajin Membersihkan Cache Setiap Aplikasi

Cache sendiri merupakan tempat penyimpanan data sementara dari apk yang sudah atau sedang dilakukan. Jadi adanya fitur ini akan memudahkan para pengguna HP untuk membuka dan menjalankan suatu aplikasi.

Sayangnya, apabila cache yang menumpuk tentu memberikan efek buruk pada kinerja HP. Misalnya wifi tidak bisa konek. Jadi Anda perlu rutin untuk membersihkannya setelah menggunakan suatu aplikasi. Hal seperti ini memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang ketika malas melakukannya sehingga membuat ponsel lemot.

Itulah tadi kelima cara mengatasi HP Android lemot yang bisa Anda coba. Pengalaman ini memang sering dialami oleh banyak orang sehingga terasa sangat mengganggu. Satu tips penting untuk dilakukan yakni dengan rajin membersihkan sampah penyimpanan sekaligus aplikasi tidak digunakan.


Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Cara Mengatasi HP Android Lemot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel