3 Cara Mengatasi Your License Isn’t Genuine Pada Microsoft Office

Avatar

www.daytekno.com – Bagi para pengguna Microsoft Office pernahkan anda ketika membuka Microsoft Office anda mendapat peringatan bahwa ada masalah pada lisensi Microsoft Office anda, seperti ini.
Tahukah anda kenapa hal ini bisa terjadi? Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkab lisensi anda bermasalah seperti anda menggunakan softwere office bajakan, softwere belum ter-aktivas, dan bisa juga karna masa lisensi sudah habis.

Jika masalah ini terjadi, maka anda tidak bisa menggunakan Microsoft Office secara maksimal. Atau Micrsoft Office hanya berfungsi sebagai dokumen penampil saja dan fungsionalitas akan dibatasi. Masalah ini pada semua produk Office seperti Word, Excel, Access, Powerpoint, Publisher, OneNote, Outlook dll dengan menampilkan salah satu pesan Unlicensed Product atau Product Activation Failed.

Hal ini tentu sangat mengganggu bukan? Lalu, bagaimana cara mengatasi notifikasi Your License Isn’t Genuine pada Microsoft ?

Cara Mengatasi Your License Isn’t Genuine pada MS Office

Secara umum, permasalahan ini bisa diatasi dengan cara memperbarui Microsoft Office. Akan tetapi dalam beberapa kasus tertentu, pop-up notifikasi tersebut tetap muncul meskipun Anda telah melakukan update.

1. Membeli Lisensi Produk

Penyebab terjadinya Your License Isn’t Genuine pada Microsoft Office adalah karna tidak adanya lisensi atau nomor serial yang diinput oleh pengguna. Jadi, sistem menganggap bahwa anda tidak memiliki Windows secara resmi. Alhasil, sistem melakukan pembatasan beberapa fungsi sampai anda bisa memasukkan serial number Windows.

Namun, dikarenakan harga lisensi resmi Windows cukup mahal bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran jika sampai saat ini banyak pengguna yang tidak menggunakan Windows resmi.

2. Memperbarui Setting Microsoft Office

Anda bisa saja mengguakan jenis Microsoft lainnya, tetapi pada contoh ini saya menggunakan Microsoft Word. Tetapi saat ingin menggunakan Microsoft Word anda malah mendapat peringatan Get Genuine Office. Begini cara mengatasi notifikasi Your License Isn’t Genuine pada Microsoft Office

    Buka salah satu Microsoft Office, dicontoh ini saya membuka Microsot word

    Kemudian klik Menu File, Lihat contoh pada gambar.

    Kemudian pilih Options, lihat contoh pada gambar.

    Setelah itu, pada menu Options, pilih Trust Center kemudian klik Trust Center Settings. Lihat contoh pada gambar.

    Kemudian pada menu Trust Center Setting, klik pada menu Privacy Options, lalu klik pada Privacy Settings dan terakhir klik OK. Lihat contoh pada gambar.

    Lalu klik pada kolom Turn on all connected experience dan klik OK. Lihat contoh pada gambar.

    Maka akan muncul pesan Restart Required, klik saja OK. Lihat contoh pada gambar.

3. Menggunakan Command Prompt

Jika cara yang kedua masih gagal, anda bisa mencoba menggunakan cara ketiga ini untuk mengatasi Your License Isn’t Genuine pada Microsoft Office dengan cara menggunakan Command Prompt.

    Buka command prompt di komputer anda dengan cara mengklik Start, kemudian ketikkan cmd lalu klik 2x atau anda juga bisa pilih Run as administrator. Seperti contoh pada gambar.

    Setelah Command prompt terbuka, langsung saja anda ketikkan perintah perintah cd “/Program Files/Common Files/Microsoft Shared/ClickToRun kemudian tekan Enter. Seperti contoh pada gambar.

    Jika berhasil ketikkan lagi perintah OfficeC2rclient.exe /update user updatetoversion=16.0.13801.20266 kemudian tekan Enter. Lihat contoh pada gambar.

    Jika berhasil, maka Microsoft Office anda akan melakukan Update, dan pastikan sebelumnya bahwa komputer anda sudah terkoneksi dengan internet. Lihat contoh pada gambar.

    Setelah selesai melakukan update, anda bisa close commad prompt dan kembali membuka Microsoft Office untuk melihat apakah masih ada notifikasi Get Genuine Office.

Seharusnya jika sudah melakukan beberapa cara diatas masalah License Isn’t Genuine pada Microsoft Office harusnya sudah selesai. Dan anda bisa kembali menggunakan Microsoft Office seperti semula.

Tetapi dari beberapa cara diatas, untuk mengatasi Your License Isn’t Genuine pada Microsoft Office, cara yang terbaik adalah dengan membeli lisensi resmi. Sebab menggunakan software resmi jauh lebih aman. Selain itu, anda juga sudah memberikan berkontribusi kepada para pengembang sistem operasi tersebut agar terus menghasilkan produk baru.

Mungkin itu beberapa cara untuk mengtasi Your License Isn’t Genuine pada Microsoft Office yang bisa saya bagikan. Semoga dengan menerapkan beberapa cara diatas anda dapat kembali menggunakan Microsoft Office seperti semula.

TUTORIAL LAINNYA

    Cara Membuat Gambar di Word Jadi Transparan

    Cara Translate Dokumen Menggunakan Google Drive

    7 Cara Membuka Notepad di Windows 10 yang Perlu Diketahui

    Cara Install GNS3 di Windows dengan Mudah

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata ‘Usaha tidak akan mengkhianati Hasil’.

    ”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website nesabamedia.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

    Baca Juga;  3 Cara Edit File PDF di HP Android dengan Mudah, Yuk Dicoba!