www.daytekno.com – Starter Mobil | Masalah Mobil

Starter mobil (ignition switch) memiliki peran penting dalam memudahkan pengemudi menghidupkan/menyalakan mobil. Karenanya komponen yang satu ini jangan sampai rusak.

Sebenarnya ada beberapa gejala yang bisa dikenali untuk mengetahui starter mobil mengalami kerusakan. Berikut tanda-tandanya seperti Momobil kutip dari situs yourmechanic:

1. Mesin Mati Tiba-tiba Saat Berkendara

Salah satu gejala awal yang bisa menandakan masalah pada starter mobil adalah mobil mendadak mati saat berkendara. Gangguan pada starter mobil bisa menyebabkan putusnya pasokan tenaga ke sistem ignisi dan pompa bahan bakar. Mobil mungkin saja masih bisa dinyalakan kembali setelah beberapa saat, tergantung dari berat ringannya masalah.

2. Mesin Langsung Mati Saat Baru Dinyalakan

Gejala yang ini mirip dengan di atas. Bedanya mesin mobil mati sesaat setelah mobil baru saja distarter atau di-‘engkol’. Ada kemungkinan pasokan tenaga ke sistem ignisi dan pompa bahan bakar sempat mengalir sementara saat posisi kunci di posisi ‘on’. Namun ketika di-‘engkol’ aliran terputus.

3. Tape Mobil Mati Saat Kunci di Posisi ‘acc’

Mobil pada umumnya memiliki empat posisi/tahapan ketika Anda memutar kunci sampai paling kanan. Putaran pertama untuk membuka kunci kemudi. Lalu yang kedua, biasanya disebut posisi ‘acc’ (aksesoris), untuk mengaktifkan pasokan listrik ke sejumlah komponen seperti tape mobil, power window, sampai pemantik api.

Jika pada tahap kedua ini komponen-komponen itu tidak menyala, ada kemungkinan starter mobil bermasalah. Namun ada baiknya mendiagnosis lebih jauh untuk masalah yang satu ini. Karena selain masalah pada starter, gangguan pada sekering dan kabel listrik juga bisa menjadi pemicunya. Bawa mobil ke bengkel atau minta bantuan mekanik profesional untuk membantu Anda.

Baca Juga;  [INFOGRAFIK] Tips Berkendara dengan Aman di Bulan Puasa dari Cintamobil.com

Oleh : Putra. P

Foto : Istimewa

0

Bagikan:
x