Bisnis  

300 Pelaku UMKM Ikut Perluasan Jejaring Bisnis ke Negeri Jiran

Avatar
300 Pelaku UMKM Ikut Perluasan Jejaring Bisnis ke Negeri Jiran

www.daytekno.com – Sebanyak 300 pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah ( UMKM ) mengikuti kegiatan perluasan jejaring bisnis ke negeri jiran seperti Singapura , Malaysia, hingga Brunei Darussalam.

Direktur Eksekutif Al Ahmadi Entrepreneurship Centre (AEC), Lisya Anggraini mengatakan, terdapat empat bidang UMKM yang ikut serta dalam kegiatan itu terdiri dari kuliner, agribisnis, bakat inovatif, dan jasa industri.

“Ini untuk ke-delapan kali kami buat program ini tujuannya untuk mendorong semangat UMKM dan juga jejaring bisnis UMKM . Salah satunya kegiatan business matching untuk membuka akses pasar bagi mereka pelaku UMKM,” kata Lisya seperti dilansir dari Antara.

Selain memperluas jejaring bisnis ke negara tetangga, peningkatan wawasan terhadap pasar global halal juga menjadi materi utama yang diberikan kepada pelaku UMKM.

“Jadi kami membukakan wawasan kepada kawan-kawan UMKM untuk melihat bahwa global halal baru 20 persen yang terpenuhi dan 80 persen masih menunggu. Dan itu kebanyakan yang dibutuhkan produk agribisnis yaitu makanan yang diolah dari pertanian. Artinya kita mendorong mereka bahwa pasar itu tidak hanya di Batam , Kepri ataupun Sumatera, tapi juga dunia,” ujar dia.

Lisya menambahkan, ke depan pihaknya juga akan memperluas jejaring bisnis ke Thailand untuk membantu UMKM Indonesia memasarkan produknya.

“Insya Allah rencana kami berupaya membuka peluang dengan Thailand, yang ada unsur-unsur Melayunya walaupun sedikit,” kata Lisya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepri Aries Fariandi menyampaikan kualitas produk harus seusai dengan pasar global.

Menurutnya, perkembangan teknologi telah merubah dan berpengaruh besar terhadap usaha mikro sehingga pertumbuhan UMKM cukup pesat dan yang telah naik kelas tentu menjadi tantangan tersendiri .

“Oleh sebab itu kegiatan seperti ini merupakan jawaban tantangan bagi kita khususnya pelaku UMKM Kepri ,” kata Aries.

Baca Juga;  Jasa Sewa Gudang Shipper Untuk Semua Skala Bisnis

Dengan adanya kegiatan perluasan jejaring bisnis tersebut, ia menyebutkan bahwa hal ini sangat bermanfaat karena menjadikan pelaku UMKM Kepri dapat berpartisipasi dalam memasarkan ke beberapa negara tetangga.

“Tentunya menjadi tantangan serta peluang secara bersama-sama. Kesempatan bisnis ke negara tersebut diharapkan dapat membantu mengembangkan bisnisnya,” ujar Aries.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.