Bisnis  

4 Hasil Kekayaan Alam Indonesia Ini Bisa Jadi Peluang Bisnis Anda

Avatar
4 Hasil Kekayaan Alam Indonesia Ini Bisa Jadi Peluang Bisnis Anda

www.daytekno.com – :

1. Biji Kopi

Biji kopi di Indonesia bisa menjadi pilihan untuk bisa dijadikan ladang bisnis. Kebergaman kualitas tanah di berbagai wilayah Indonesia pun mempengaruhi kualitas biji kopi yang dihasilkan.

Dalam hal ini, kualitas biji kopi tak hanya dilihat dari visual bijinya tetapi juga rasa kopi saat dikonsumsi, termasuk tingkat keasamannya. Umumnya, tingkat keasaman kopi di Tanah Air dihasilkan dari biji kopi yang ditanam di wilayah dingin atau berbukitan dan Indonesia bagian Timur.

Keberagaman ini bisa jadi nilai plus saat menjualkan produk biji kopi ke pasar umum dan pecinta kopi.

2. Makanan dan Minuman Artisan

Di tahun ini, beragam makanan dan juga minuman artisan juga akan semakin banyak peminatnya. Meski hargaya terbilang lebih mahal daripada produk sejenis lainnya di pasaran, produk artisan ini tetap banyak disukai dan tetap memiliki pangsa pasar yang luas.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan memilih produk yang mudah dijual terlebih dahulu, seperti artisan tea atau yang lainnya. Tentunya dengan memilih juga kualitas agar bisa dijual dengan sesuai, yang kini sudah bisa ditemui di berbagai wilayah Indonesia.

3. Teh

Peluang bisnis teh semakin besar seiring dengan tingginya minat masyarakat untuk menikmati aneka teh yang lebih menyehatkan. Ada banyak varian teh herbal yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari yuzu yang segar hingga hibiscus yang memiliki vitamin C dalam jumlah tinggi.

Tak sedikit para penikmat teh pun kini mulai menelusuri hasil teh lokal dan dijadikan koleksi dari hasil pencarian di sejumlah wilayah Indonesia dengan ciri khas masing – masing.

Dari minat penikmat tersebut, menjadi peluang bisnis bagi pengusaha, seperti membuka kafe teh atau tea house maupun bisnis merk minuman dengan bahan teh khas masing – masing wilayah.

Baca Juga;  Potensi Resesi Global 2023, Ini Investasi yang Disarakan Robert Kiyosaki

4. Menu Plant Based

Produksi hewan ternak yang kerap mengalami pernurunan dan harga yang tidak stabil membuat bisnis ini lebih menjanjikan. Meski tidak begitu populer di semua kalangan, menu plant based justru memiliki pangsa pasar tersendiri.

Beragam produk seperti ini akan lebih banyak dicari di tahun ini, sehingga peluangnya terbilang lebih menjanjikan dari tahun-tahun sebelumnya.

Dalam produksi menu plant based pun dipermudah dengan kebaragaman bahan yang ditanam di Indonesia dengan beragam pula tingkat kualitas tanahnya dari berbagai, sehingga menghasilkan tanaman berkualitas untuk diolah menjadi makanan.

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com . Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.