Bisnis  

5 Faktor Penting yang Mendukung Pemasaran Bisnis Rumahan

Avatar
5 Faktor Penting yang Mendukung Pemasaran Bisnis Rumahan

www.daytekno.com – Pemasaran atau marketing merupakan salah satu faktor penting dalam usaha untuk mendukung penjualan.

Apalagi, jika Anda baru membangun usaha, strategi pemasaran penting dilakukan untuk memperkenalkan merek dan produk usaha Anda.

Setidaknya ada lima faktor yang mendukung pemasaran dapat berjalan efektif, yakni produk, harga, tempat, promosi, dan tim pendukung.

Kelima faktor ini akan membantu memahami dan menjangkau sasaran yang tepat, sehingga bisa menghemat waktu dan uang. Berikut penjelasannya.

1. Produk

Tentukan secara spesifik, produk atau layanan apa yang Anda sediakan? Apa atribut fisik produk atau detail layanan yang Anda berikan? Jelaskan fitur produk dan layanan yang Anda miliki dan bagaimana produk Anda akan bermanfaat untuk konsumen.

Penting juga untuk mengidentifikasi, apa yang membuat produk atau layanan Anda berbeda dari apa yang ditawarkan pesaing Anda.

Memahami bagaimana produk Anda dapat menjadi solusi bagi para konsumen, dengan cara yang berbeda dari pesaing Anda, adalah salah satu hal yang sangat penting.

2. Harga

Harga yang ditetapkan untuk sebuah produk atau jasa yang Anda sediakan, harus menutupi pengeluaran dan menghasilkan keuntungan. Tapi, juga harus disesuaikan dengan jumlah yang bersedia dibayarkan oleh konsumen.

Untuk mengetahuinya, cobalah melakukan penelitian untuk mencari tahu berapa harga yang dikenakan oleh pesaing Anda dan tentukan bagaimana Anda akan menyesuaikannya.

3. Tempat

Tentukan tempat di mana produk atau jasa Anda akan dijual? Bagaimana produk Anda didistribusikan? Bagaimana Anda akan membawanya ke pelanggan dan klien Anda?

Apakah Anda akan menjualnya di sebuah toko atau menjual produk secara online di akun media sosial? Atau apakah Anda akan menjualnya di e-commerce?

Kuncinya adalah menjangkau calon pelanggan di tempat yang mereka sukai untuk menghabiskan waktu.

Baca Juga;  Pengamat: Erick Thohir lakukan strategi jitu benahi BUMN

4. Promosi

Untuk memperkenalkan merek dan produk Anda, penting untuk melakukan strategi promosi yang tepat.

Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami pasar Anda, termasuk di mana calon konsumen dapat ditemukan dan bagaimana Anda dapat menarik minat calon konsumen.

Mempromosikan produk dengan menunjukkan keunggulannya yang dapat menjadi solusi bagi konsumen, bisa menjadi langkah awal yang baik.

5. Tim pendukung

Siapa saja yang membantu Anda dalam bisnis ini? Sumber daya manusia atau tim pendukung dalam bisnis Anda dapat memengaruhi kesuksesan bisnis Anda.

Jika tim Anda, terutama bagian penjualan bersikap kasar, pelanggan dan klien tentu akan segera meninggalkan produk Anda.

Penting untuk dicatat, bahwa pelanggan memiliki pilihan untuk melakukan bisnis dengan siapa saja dan mereka tentu akan lebih memilih perusahaan yang menyediakan sistem yang mudah digunakan, menawarkan layanan pelanggan saat dibutuhkan, dan penuh perhatian serta responsif terhadap kebutuhan mereka.

Pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan tetap dan akan membantu mengembangkan bisnis Anda.

Kelima faktor tersebut akan membantu Anda fokus pada apa yang perlu dilakukan dalam pemasaran, dan juga, memberi Anda petunjuk ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik.

Misalnya saja, saat penjualan sedang lesu, Anda bisa mempertimbangkan apakah harga Anda terlalu tinggi atau mungkin sistem pemesanan yang masih terbilang rumit.

Sama seperti aspek lain dari rencana bisnis dan pemasaran Anda, kelima hal ini bisa berubah dan berkembang dengan kebutuhan pasar, sehingga Anda juga perlu terus memperbarui dan mengembangkan strategi promosi untuk bisnis Anda.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

Baca Juga;  PLN Lampung tambah dua SPKLU di Tol Trans-Sumatera