Bisnis  

5 Ide Gimmick untuk Pemasaran Produk UMKM di Media Sosial

Avatar
5 Ide Gimmick untuk Pemasaran Produk UMKM di Media Sosial

www.daytekno.com – Siapa yang suka berburu giveaway dari sebuah merek di media sosial? Pastinya salah satu dari Kamu pernah berburu giveaway.

Di era serba digital ini, banyak merek yang memanfaatkan media sosial untuk kanal promosi. Tujuannya, untuk memperluas jangkauan konsumen lewat platform digital.

Giveaway sendiri adalah salah satu gimmick yang bisa dilakukan untuk menggenjot omzet sekaligus brand awareness produk. Gimmick merupakan sebuah strategi pemasaran di media sosial yang sengaja dibuat tim pemasaran untuk menarik perhatian calon konsumen.

Gimmick disebut banyak dilakukan oleh banyak merek sebagai strategi pemasaran lantaran tak perlu biaya tinggi.

Dengan demikian, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) pun punya kesempatan lebih baik dalam mengelola bujet pemasarannya dengan menggunakan gimmick.

Dengan biaya rendah, banyak pelaku UMKM bisa sukses menarik perhatian konsumen dan menggenjot brand awareness produk masing-masing.

Gimmick yang bagus, apalagi jika mampu menjadi viral, akan membuat orang ingat dengan produk kita meskipun belum pernah membeli sebelumnya.

Lalu apa saja jenis gimmick yang sudah terbukti berhasil di media sosial? Berikut informasinya seperti dirangkum dari ukmindonesia.id.

1. Giveaway

Giveaway adalah salah satu cara memperluas target konsumen. Caranya mudah, Kamu cukup menawarkan hadiah tertentu untuk followers media sosial kamu.

Kamu bisa sertakan syarat untuk mengunggah atau mengunggah ulang konten produk lewat story maupun bentuk lainnya. Jangan lupa, sertakan syarat untuk menandai akun teman-temannya lewat stories, feed, maupun kolom komentar.

Jika tujuan Kamu adalah untuk memperluas brand awareness sekaligus mengenalkan produk terbaru pada calon konsumen, gimmick giveaway bisa jadi yang paling tepat.

2. Mengadakan Kuis Dadakan

Mengadakan kuis bisa membawa traffic yang lebih besar ke akun media sosial produk Kamu. Teknik kuis tak jauh berbeda dengan giveaway.

Baca Juga;  Naik Rp 4.000 Per Gram, Simak Rincian Harga Emas Antam Hari Ini

Kamu cukup memberikan pertanyaan seputar produk kepada followers. Para followers harus memberi jawaban yang tepat sekalius mengunggah ulang salah satu konten produk.

Kamu juga bisa meminta followers yang ikut kuis untuk menandai teman-teman mereka di kolom komentar.

Ingat, jangan beri pertanyaan yang terlalu sulit, ya!

3. Mengadakan Time Limited Discount

Siapa sih yang nggak suka diskon ? Jika ada tulisan potongan harga di sebuah toko, percayalah, pasti akan amai.

Diskon pun bisa diterapkan saat berjualan di media sosial. Kamu bisa mengadakan diskon dalam waktu yang terbatas (Time Limited Discount).

Kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk memberikan diskon misalnya seperti hari-hari gajian, Hari Raya Lebaran, Natal, Tahun Baru, Hari Ibu, Hari Kemerdekaan, dan lainnya.

Diskon yang kita tawarkan tentu tak perlu terlalu besar, tetapi pilihan waktu harus tepat, agar calon konsumen merasa lebih relate.

4. Memilih Nama Brand yang Unik

Dalam membuat Gimmick, Kmau tentu bisa sedikit melakukan rekayasa. Salah satunya adalah dalam hal memberi nama merek atau produk yang menarik perhatian khalayak ramai, meskipun kesannya melebih-lebihkan keunggulan produk.

Misalnya, Es Kepal Milo. Dari namanya menimbulkan bayangan sebuah produk es krim Milo yang tebal dan padat seperti sebuah kepalan sehingga rasanya jadi nikmat luar biasa. Padahal kenyataannya, komposisi produk ini hanyalah es serut yang dibentuk bulat padat dan ditaburi bubuk Milo di bagian atasnya.

Nah, nama merek produk yang menarik ini terbukti sukses sebagai strategi pemasaran. Jangan remehkan penamaan merek. Buatlah sekreatif mungkin, sehingga bisa membuat banyak kepala menoleh saking uniknya.

5. Mengadaptasi Hal-Hal yang Tengah Viral

Strategi terakhir yaitu memanfaatkan sesuatu yang sedang viral di media sosial. Kamu bisa mengadaptasi ide dari adegan ataupun kata-kata yang sedang viral.

Baca Juga;  Ini Strategi LPEI Dorong Produsen "Home Decor" Menjadi Eksportir

Misalnya, saat ini sedang viral sosok Fajar Sad Boy dengan kata-katanya yang bikin seedih. Nah, Kamu bisa mengundang atau mengajak Fajar untuk mempromosikan produkmu.

Atau, Kamu bisa membuat konten serupa dengan Fajar tetapi dengan modifikasi yang bisa membuat produkmu bisa dilihat banyak orang.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.