Wisata  

5 Wisata Cirebon Dekat Stasiun, Jelajahi Tempat Bersejarah

Avatar

www.daytekno.com – Stasiun Cirebon menjadi salah satu stasiun yang ada di wilayah Cirebon, Jawa Barat. Alamatnya di Jalan Stasiun Nomor 6, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Bangunan cagar budaya yang diresmikan pada tahun 1912 ini menjadi tempat pemberhentian kereta api Kelas Bisnis dan Eksekutif, dilansir dari .

Namun, berdasarkan situs web PT Kereta Api Indonesia atau KAI, ada pula kereta api Ekonomi yang berhenti di stasiun ini.

Stasiun Cirebon berlokasi dekat dengan sejumlah tempat wisata yang bisa dicapai baik dengan berjalan kaki maupun naik kendaraan, berikut beberapa rekomendasinya:

Tempat wisata yang dekat Stasiun Cirebon

1. Alun-alun Kejaksan

Alun-alun Kejaksan berjarak 750 meter dari Stasiun Cirebon, jadi bisa dicapai dengan berjalan kaki selama sekitar 10 menit.

Wisatawan bisa nongkrong pada sore hari di tempat ini sembari berfoto-foto dengan latar gapura yang khas. Di dekatnya ada juga Masjid Raya At-Taqwa yang didirikan pada tahun 1918, dikutip dari laman resminya.

2. Pasar Kanoman

Pasar Kanoman cocok dijadikan tempat berburu oleh-oleh. Jaraknya 2-3 kilometer dari Stasiun Cirebon dengan durasi berkendara kurang dari 10 menit.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (20/6/2018), wisatawan bisa membeli buah tangan berupa mangga gincu, aneka kerupuk, petis atau terasi cirebon, sirup tjampolay, dan ikan asin.

3. Keraton Kanoman

Setelah menjelajahi Pasar Kanoman, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke Keraton Kanoman yang letaknya berdekatan.

Baca Juga;  10 Rental Sewa Mobil di Labuan Bajo Harga Murah

Adapun jaraknya dari Stasiun Cirebon adalah 2-4 kilometer dengan lama berkendara kurang dari 10 menit. Lokasinya di Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Keraton Kanoman menempati lahan seluas enam hektar, dilansi dari , Kamis (12/8/2021).

Keraton ini terdiri dari beragam bangunan yang memiliki fungsinya masing-masing, di antaranya Bangsal Kaputren sebagai tempat tinggal putra sultan dan Bale Paseban yang dijadikan tempat menunggu sultan.

4. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan beralamat di Jalan Kasepuhan Nomor 43, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Bila dari Stasiun Cirebon, jaraknya tiga kilometer dengan waktu tempuh kurang dari 10 menit.

Selain mengelilingi kompleks keraton, wisatawan juga bisa mengunjungi museum berisi benda-benda kuno.

Dilaporkan oleh , Kamis (1/7/2021), salah satu koleksinya adalah Kereta Singa Barong yang hanya dikeluarkan setiap 1 Syawal untuk dimandikan.

5. Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Keraton Kanoman. Alamatnya di Jalan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Namun, jika wisatawan dari Stasiun Cirebon, maka bisa berkendara sejauh 3-4 kilometer dengan durasi sekitar 10 menit.

Dikutip dari Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Jawa Barat, lahan kompleks keraton memiliki luas sekitar 46.500 meter persegi. Terdapat beberapa bangunan di kompleks keraton, antara lain Bangunan Induk dan Langgar.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”