Wisata  

6 Daftar Pilihan Wisata Air Terjun di Sekitar Danau Toba Yang Pesonanya Sudah Mendunia

Avatar
6 Daftar Pilihan Wisata Air Terjun di Sekitar Danau Toba Yang Pesonanya Sudah Mendunia

www.daytekno.com – Mendengar “Danau Toba” siapa lagi tak kenal dengan objek wisata satu ini, salah satu warisan dunia yang menjadi ikon wisata di provinsi Sumatera Utara khususnya Samosir.

Danau terbesar di Asia Tenggara tersebut namanya bahkan sudah dikenal hampir di seluruh belahan dunia manapun, tak heran jika di sekitar daerah pinggiran spot ini kita akan menjumpai banyak bule-bule mancanegara.

Tak hanya menyajikan keindahan danau berpanorama alami saja namun di kawasan ini juga banyak ditemukan objek wisata lainnya yang menarik buat dikunjungi, contohnya adalah air terjun.

Nah, buat Sahabat JejakPiknik yang mungkin tengah bertandang ke Danau Toba, berikut ada 6 daftar nama air terjun cantik paling wajib buat dikunjungi di sekitar kawasan tersebut.

1. Situmurun

Alamat: Jonggi Ni Huta, Lumban Julu, Hatinggian, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera UtaraMap: KlikDisiniJam Buka: 24 JamHTM: Gratis

Air terjun yang lebih dikenal dengan nama Binangalom di daerah Tobasa tersebut memiliki keunikan tersendiri dimana aliran airnya langsung jatuh ke Danau Toba. Dan hal itu membuatnya semakin menarik di hati para wisatawan.

Letak dari tempat wisata ini sendiri berada tepat di tepi Danau Toba, jadi untuk menuju lokasi kita harus menyebrang menggunakan kapal dari pelabuhan kota Parapat.

Air terjun ini memang masih sangat baru namun begitu nama spot tersebut sudah tersiar hingga ke luar negeri. Jadi jangan heran ya jika melihat banyak bule bertandang ke spot tersebut.

2. Janji

Alamat: Marbun Toruan, Bakti Raja, Kab.Humbang Hasundutan, Sumatera UtaraMap: KlikDisiniJam Buka: 24 JamHTM: Gratis

Objek wisata yang letaknya dekat dengan Danau Toba ini konon katanya merupakan tempat para raja mengikat janji atau sumpah sebelum berperang. Dan hal itulah penyebabnya mengapa kawasan tersebut disebut air terjun Janji.

Baca Juga;  10 Referensi Kue Khas Daerah Solo Yang Unik dan Menggoda, Wajib Untuk Dicoba!

Selain menyajikan pemandangan alam luar biasa indah, di kawasan tersebut juga terdapat berbagai fasilitas memadai dan salah satunya adalah kolam renang alami.

3. Efrata

Alamat: Sosor Dolok, Harian, Kab.Tobasa, Sumatera UtaraMap: KlikDisiniJam Buka: 06.00-19.00HTM: Gratis

Air terjun Efrata ini bisa dibilang surga tersembunyi yang belum terjamah alias masih perawan, jadi sangat wajar jika kawasan tersebut memiliki pemandangan indah nan asri.

Letaknya yang tersembunyi dan akses jalan pun masih terbilang sulit tak menjadi penghalang bagi para traveler untuk mengeksplorasi keindahan air terjun setinggi 25-26 meter tersebut.

4. Lumban Rang

Alamat: Sionggang Utara, Lumban Julu, Kab.Tobasa, Sumatera UtaraMap: KlikDisiniJam Buka: 24 JamHTM: Gratis

Air terjun yang berada di kawasan Taman Eden Lumban Julu ini bisa dikatakan salah satu objek wisata andalan terbaik di sekitar kota Parapat.

Tak hanya menyajikan air terjun bertingkat, di sekitar kawasan tersebut pengunjung bahkan dapat melakukan berbagai aktivitas seru mulai dari hunting foto atau gambar, trekking, penanaman pohon, memetik strawberry dan camping sekalipun.

Menariknya lagi, objek wisata ini sudah terkenal hingga ke mancanegara lho, tak hanya sederet artis terkenal saja yang mampir kesini tapi bule juga banyak.

5. Binanga Bolon

Alamat: Purba Pasir, Haranggaol Horison, Kab.Simalungun, Sumatera utaraMap: KlikDisiniJam Buka: 24 JamHTM: Gratis

Penamaan spot satu ini diambil dari bahasa Batak yakni “Binanga” yang artinya sungai dan “Bolon” adalah besar, jadi jika diartikan maka maksudnya yaitu air terjun dari sungai besar.

Berkunjung ke area tersebut pengunjung akan disuguhi 2 aliran air terjun berdampingan dengan ciri khas masing-masing berbeda dimana ada yang bertingkat dengan debit deras dan satunya lagi biasa saja.

Baca Juga;  9 Rekomendasi Kost Harian di Daerah Bogor Yang Nyaman Dengan Harga Terjangkau Mulai Rp.50.000

6. Turunan Bolon

Alamat: Tomuan Holbung, Bandar Pasir Mandoge, Kab.AsahanMap: KlikDisiniJam Buka: 24 JamHTM: Rp.9.000

Dibalek akses jalannya yang curam, air terjun Turunan Bolon tersebut memiliki pemandangan begitu eksotis dihiasi tebing besar, pepohonan hijau dan juga aliran sungai jernih.