www.daytekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/08/ifxlHGF3/perawatan-sunroof-3-e1510304325104-1-600x-689f.jpg”>

Panoramic roof kini tak lagi menjadi simbol status dari mobil kelas atas. Pada perkembangannya, banyak mobil kompak kelas menengah juga telah dilengkapi dengan panoramic roof, sebut saja Honda HR-V 1.8 Prestige, Mitsubishi Outlander Sport PX, Hyundai Tucson XG hingga Chevrolet Trax LTZ sudah dilengkapi dengan atap kaca ini. Dengan hadirnya panoramic roof, membuat pengalaman berkendara pun semakin menyenangkan sekaligus memanjakan pandangan mata bagi penumpang.

Selain memberikan kenyamanan dengan pandangan lebih bebas, panoramic roof juga mampu memberikan efek lega pada kabin

Namun seiring usia pakai, Anda perlu merawat panoramic roof yang mudah terlihat buram dan kotor. Tampilan yang kurang sedang dipandang tersebut dikarenakan timbulnya jamur. “Mirip dengan kaca depan, jamur mudah sekali menempel pada panoramic roof,” ujar Tommy dari Auto Salon Boutique yang terletak di Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur. Jika jamur sudah banyak menghinggapi, maka akan terbentuk lapisan tersendiri yang membuat tampilan kaca pada panoramic roof semakin kusam.

Jika ingin hasil lebih maksimal, gunakan glass cleaner untuk merontokkan lapisan jamur yang membandel

Solusi paling mudah dalam merawat panoramic roof yakni dengan cara mencuci mobil seperti pada umumnya. Namun agar lebih optimal dalam mengikis lapisan jamur, Anda bisa gunakan glass cleaner yang banyak tersedia di pasaran. Namun hati-hati jangan sembarangan membersihkan panoramic roof dengan cairan pembersih kimia. ”Karena bisa merusak kaca dan membuat tampilan semakin buram atau bahkan bergelombang,” tambah Tommy. Setelah bersih, Anda bisa memberikan glass polish, lantaran mengandung formula water repellent yang membuat air tak mudah menempel pada panoramic roof.

Berikan cairan penetran pada rel di mekanisme panoramic roof agar air dan kotoran tak mudah hinggap

Baca Juga;  Komparasi Toyota Calya Dan Daihatsu Sigra, Akhir Tahun Pilih Mana?

Jangan lupa untuk membersihkan rel dan karet pada panoramic roof dari kotoran yang berpotensi menghambat kerja dari motor panoramic roof. Jika perlu berikan cairan penetran pada rel dan karet pada panoramic roof agar kotoran dan air tak mudah mengendap. Kemudian Anda juga perlu merawat cover penutup panoramic roof. “Cover penutup biasanya terbuat dari bahan vinyl, maka dari itu Anda bisa mengaplikasikan vinyl dressing,” pungkas Tommy. Tujuannya agar cover panoramic roof lebih terjaga kebersihannya dan kotoran sulit menempel.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

0

Bagikan:
x