Alat Transportasi Terunik Di Dunia – Bagi kamu yang hobi melakukan kegiatan traveling di berbagai negara, ketersedian kendaraan umum di suatu negara yang akan dikunjungi mungkin menjadi salah satu hal penting yang akan dijadikan bahan pertimbangan, sebelum memutuskan negara mana yang akan dijadikan destinasi kunjunganmu.

Banyak orang akan lebih memilih berkunjung ke negara yang sudah tersedia transportasi umum yang mumpuni, demi memudahkan dalam melakukan mobilitas. Sebagai langkah penghematan budget atau biaya perjalan dan juga ingin merasakan kearifan lokal serta budaya yang dimiliki oleh masyarakat setempat mungkin menjadi alasan lain kenapa banyak orang luar atau turis asing yang lebih senang menggunakan transportasi umum.

Alat Transportasi Terunik Di Dunia

Pada umumnya, transportasi umum yang digunakan di berbagai negara akan menggunakan transportasi umum yang modern seperti, kereta, bus, mobil dan sepeda motor. Namun apakah kamu tahu, bahwa ternyata masih ada beberapa negara yang masih menggunakan moda transportasi trandisional, yang justru membuat para wisatawan menjadi tertarik untuk  mencobanya?

Berikut ini ada beberapa alat transportasi umum tradisional di berbagai negara, yang tetap eksis dan digunakan hingga saat ini:

1.Kereta Bambu (Kamboja)

Alat Transportasi Terunik Di Dunia

Meski tetap menggunakan lintasan besi yang mirip dengan lintasan yang digunakan oleh kereta api atau commuter line pada umumnya, kereta bambu dari Kamboja memiliki keunikan tersendiri. Keunikan dari kereta bambu Kamboja terdapat pada bagian gerbong atau badan keretanya.

Jika pada umumnya kereta akan menggunakan gerbong yang berbentuk persegi panjang, lengkap dengan menggunakan kursi yang nyaman dan atap, gerbong atau badan dari kereta Kamboja hanya menggunakan bambu yang disusun mendatar di atas roda, tanpa dilengkapi dengan kursi maupun atap. Sungguh menarik dan memacu adrenalin bukan?

Ditemani seorang masinis warga lokal yang bertugas mengoperasikan mesin, para turis akan diajak berjalan-jalan menikmati pemandangan alam yang terdapat di sepanjang rel.

2.Barco de Totora (Peru)

Alat Transportasi Terunik Di Dunia

Barco de Tora merupakan sebutan bagi moda transportasi perahu tradisional dari negara Peru. Perahu Barco de Tora terbuat dari batang buluh totora yang disusun dan dibentuk  hingga menyerepuai seekor naga oleh masyarakat sekitar Danau Titicaca.

Pada awal mulanya, perahu Barco de Tora dibuat untuk digunakan oleh masyarakat setempat untuk mencari ikan. Namun banyaknya turis asing yang datang untuk menikmati keindahan Danau Titicaca, banyak warga setempat yang mulai menyewakan perahu ini, jika para wisatawan ingin berkeliling danau.

3.Rickshaw (Jepang)

Alat Transportasi Terunik Di Dunia

Jika berbicara tentang transportasi umum yang terdapat di negara Jepang, pasti yang terbesit di dalam benak kebanyak orang adalah transportasi-transportasi yang canggih dan modern layaknya kereta cepat Shinkansen. Asalkan kamu tahu, di Jepang ternyata juga masih terdapat transportasi umum trandisional yang bernama Rickshaw.

Jika dilihat sekilas, Rickshaw mungkin dapat dikatakan menyerupai transportasi trandisional yang ada di Indonesia, yakni dokar atau delman. Namun jika dokar atau delman ditarik oleh kuda, Rickshaw menggunakan tenaga tarik yang dilakukan oleh manusia.

Jika kamu berkunjung ke Jepang dan ingin menikmati sensasi menaiki Rickshaw, kamu dapat mencarinya di gang-gang kecil Kyoto.

4.Jeepney (Filipina)

Alat Transportasi Terunik Di Dunia

Jika kamu berpikir Jeepney merupakan transportasi umum Filipina  yang mirip dengan mobil Jeep, apa yang kamu pikirkan itu memang benar. Pembuatan Jeepney memang terinspirasi dari mobil Jeep yang dimodifikasi dengan melakukan penambahan kapasitas penumpang.

Asal mula adanya alat transportasi umum Jeepney ini dimulai ketika pasca Perang Dunia ke II, hanya tersisa beberapa mobil Jeep. Sehingga para warga Filipina berpikir untuk membuat mobil Jeep sisa tersebut menjadi sebuah alat transportasi yang bisa menampung banyak orang.

5.Monte Toboggans (Portugal)

Jika kamu datang ke Portugal dan mengunjungi Kota Monte, tidak ada salahnya kamu untuk mencoba sebuah kereta luncur yang diberi nama oleh masyarakat sekitar Monte Toboggans. Monte Toboggans merupakan sebuah kereta luncur yang terbuat dari rotan dan dikemudikan oleh dua orang sekaligus yang bertugas untuk mendorong dan memberhentikan kereta ketika sudah sampai ke tujuan.

Pada jaman dahulu, kereta seluncur rotan Monte Toboggans merupakan moda transportasi darat yang digunakan oleh masyarakat Portugal ketika ingin bepergian dari Monte menuju Funchal. Namun sekarang, kendaraan kereta seluncur ini digunakan oleh wisatawan sebagai ajak atraksi untuk memacu adrenalin ketika berkunjung ke Portugal.

Baca juga : Misteri Gunung Lawu, Gunung Terangker Di Pulau Jawa

6.Tuk-Tuk (Thailand)

Jika kamu pernah datang ke Thailand dan melihat banyak kendaraan roda tiga yang mirip dengan Bajaj yang ada di Indonesia, namun dengan versi yang lebih panjang dan terbuka, itulah Tuk Tuk. Sama halnya dengan sistem penentuan tarif pembayaran bagi penumpang Bajaj, kamu juga dapat melakukan negosiasi atau tawar menawar dengan sopir Tuk-Tuk.

Bukan hanya di Thailand, Tuk tuk juga bisa kamu temukan di berbagai negara lain seperti, , Kamboja, Laos, India, hingga Sri Lanka

7.Coco Taxis, Kuba

Sesuai dengan namanya, Coco Taxis merupakan alat transportasi umum dari negara Kuba yang bentuknya hampir menyerupai tempurung atau batok kelapa yang memiliki tiga roda. Pada tahun 1990-an, Coco Taxis menjadi salah satu alat transportasi umum yang paling populer di Kuba.

Jika kamu yang sedang traveling di Kuba, tidak ada salahnya bagimu untuk mencoba alat transportasi tradisional yang unik ini. Kamu dapat menemukannya dengan mudah di kota-kota besar Kuba, seperti Havana, Varadero, dan Trinidad.

Itulah 7 alat transportasi umum tradisional yang menarik dari berbagai negara, yang mungkin dapat kamu coba ketika sedang mengunjungi negara-negara tersebut.

Terimakasih telah membaca, semoga informasi tersebut bermanfaat bagimu…..

 

 

 

Bagikan:
x