www.daytekno.com – Alamat: Pagergunung, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194Map: Klik DisiniJam Buka: 24 JamNo. Telp: 0858 4886 5246WhatsApp: 0858 4886 5246

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp. 5.000Parkir Motor: GratisParkir Mobil: Gratis

Gunung Andong merupakan salah satu pilihan destinasi wisata yang sangat recommended. Selain menawarkan keindahan luar biasa cantiknya, ternyata biaya tiket masuk kawasan Gunung Andong pun tergolong sangat murah.

Para pendaki hanya perlu membayar tiket masuk wisata sebesar 5ribu saja per orangnya. Harga tiket masuk tersebut bahkan sudah termasuk karcis parkir kendaraan lho. Biaya retribusi ini nantinya digunakan untuk pemeliharaan Gunung Andong.

Rute Pendakian Andong Mt.

Jika ingin mendaki Gn. Andong maka kamu bisa melewati beberapa pilihan rute diantara ada jalur selatan (Purworejo, Ketep Magelang dan Yogyakarta), jalur utara (Semarang, Ungaran, Salatiga, Solo dan Boyolali), jalur barat (Temanggung, Wonosobo, Grabag, Secang dan Parakan).

1. Jalur Selatan

Jalur selatan adalah salah satu rute favoritnya para pendaki karena medannya tidak sulit dan sudah bagus. Sepanjang pendakian Jalur Selatan ini kamu akan dimanjakan oleh pemandangan cantik yang mungkin tidak akan didapatkan di jalur lain.

Perjalanan awal bisa dimulai dari Terminal Tidar Magelang menuju Pasar Ngablak. Dari Pasar Ngablak kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Dusun Kenteng sejauh 2 kilometer. Saat memasuki wilayah Dusun Ngablak ini kamu sudah dekat dengan basecamp Sawit.

2. Jalur Barat

Jika kamu berasal dari Temanggung, Wonosobo, Grabag, Secang ataupun Parakan maka awalilah perjalananmu dari Terminal Secang lalu naiklah bus dengan Jurusan Krincing dan menujulah ke arah Pasar Grabag.

Sesampainya di Pasar Grabag, lanjutkan perjalananmu menuju Desa Mangu lalu dilanjutkan dengan perjalanan ke basecamp Sawit. Dari basecamp kamu bisa melakukan pendakian menuju Puncak Andong dengan estimasi waktu sekitar 2 jam.

Baca Juga;  5 Referensi Wisata Danau Daerah Kalimantan Barat Ini Punya Keunikan dan Keindahan Yang Patut Dikunjungi

3. Jalur Utara

Berikutnya jika kamu dari arah Utara maka awalilah perjalananmu menuju Pasar Sapi Salatiga. Dari sana kamu masih harus melanjutkan perjalanan ke Pasar Ngablak. Kemudian berkendara lagi kira-kira 2 kilometer untuk bisa sampai di Desa Kenteng.

Tak jauh dari Desa Kenteng kamu akan sampai di basecamp Sawit yang merupakan base utama pendakian Gunung Andong. Kamu tidak perlu khawatir karena medan pendakian menuju Puncak Gunung Andong bisa dibilang cukup landai. Selain itu disana juga sudah ada jalur makadam yang tertata rapi.

Saat memasuki area hutan pinus, medan akan berganti menjadi jalan setapak dan menanjak. Seusai medan menanjak dan panjang di sepanjang Pos 2 menuju Pos 3, terdapat tangga bebatuan yang merupakan ciri khas dari Gunung Andong.

Kemudian dari Pos 2 Dewandaru menuju Pos 3 Watu Wayang juga disediakan pegangan berupa tali yang akan memudahkan para pendaki untuk berjalan naik.

Fasilitas

Meskipun tidak setinggi gunung-gunung disekitarnya namun Gn. Andong ini memiliki fasilitas yang cukup memadai dan sangat berguna untuk para pendaki lho gengs.

Beberapa fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh para pendaki diantara ialah di beberapa pos pemberhentian, basecamp maupun di Puncak terdapat warung makan dimana kamu bisa membeli air minum, camilan ataupun numpang isi baterai HP ataupun kamera.

Warung makan ini menyediakan aneka camilan dan makanan berat seperti gorengan, mie sampai nasi pecel. Selain itu mereka juga menyajikan minuman hangat yang dijual dengan harga murah meriah mulai dari 3ribuan saja.

Berbeda dengan gunung pada umumnya yang sumber airnya minim, Gn. Andong ini justru memiliki keistimewaan. Dimana para pendaki bisa mendapatkan menjumpai pancuran air ada di sepanjang jalan pos dua dan di puncak.

Selain warung makan, disana juga terdapat fasilitas toilet umum yang cukup memadai. Nah buat para pendaki yang ingin camping diatas puncak tapi mager bawa perlengkapannya disana juga sudah ada fasilitas jasa penyewaan tenda lho.

Baca Juga;  10 Daftar Pilihan Rental Motor di Daerah Tangerang Dengan Harga Murah Mulai Rp.50.000

Adanya gazebo-gazebo mini yang terdapat di Puncak Gn. Andong juga bisa menjadi salah satu sarana bersantai dan beristirahat untuk para pendaki. Duduk santai di gazebo sambil menyeruput secangkir kopi dan ditemani oleh tiupan angin semilir bisa jadi kombinasi yang sempurna deh.

Sekilas Andong

Andong Mt. sendiri merupakan salah satu gunung yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di Desa Ngablak, Magelang dengan ketinggian mencapai 1.726 Mdpl. Meskipun kecil namun Gunung Andong ini memiliki keistimewaan dari sisi panorama alamnya.

Gunung Andong sendiri memiliki beberapa puncak yang masing-masingnya menawarkan keindahannya masing-masing. Puncak Gn. Andong terdiri dari Puncak Andong, Puncak Jiwa, Puncak Makam dan Puncak Alap Alap.

Di Puncak Makam Andong kamu bisa melihat makam tokoh Joko Pekik yang letaknya berada di sebelah barat gunung. Sedangkan Puncak Alap Alap letaknya berada di sebelah timur Gunung Andong, namun kamu harus berhati-hati jika berada disini karena jalurnya lumayan sempit dan di kanan kirinya terdapat jurang.

Hampir di semua Puncak Gunung Andong memiliki kecantikan tersendiri untuk diabadikan lewat lensa kamera, namun salah satu puncak yang paling di favoritkan oleh para pendaki ialah Puncak Jiwa.

Puncak yang berbentuk seperti punuk sapi ini merupakan titik atau lokasi favorit untuk melihat lanskap pemandangan 360 derajat dari atas Gunung Andong. Bukan cuman pemandangan saja, namun di Puncak Jiwa ini juga terdapat gazebo-gazebo kece biasa dijadikan sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Asal muasal penamaan Gunung Andong sendiri bermula dari sebuah daun yang sering disebut Andong. Konon daun tersebut dipercaya sebagai salah satu daun yang dipersyaratkan dalam sebuah ritual, khususnya untuk acara selametan.

Makna dari Daun Andong sendiri berarti Andongoo yang memiliki arti Berdoa Kepada Tuhan. Selain itu, penamaan andong sendiri berasal dari bentuk gunung yang menyerupai punggung, maka disebutlah Gunung Andong.

Baca Juga;  15 Hotel Murah di Cihampelas yang Bisa Anda Datangi Kapanpun, Mulai Rp.200.000

Pesona Andong

Magelang merupakan salah satu Kota di Jawa Tengah yang menyimpan segudang potensi pariwisata. Bukan hanya Candi Borobudur saja, namun Magelang punya destinasi wisata lain yang tak kalah menawan yakni Gunung Andong.

Banyak orang bilang kalau Andong Peak ini merupakan salah satu gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Dengan puncak yang tidak terlalu tinggi membuat Gunung Andong ini mudah untuk ditaklukan.

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun jangan meragukan pesona keindahan yang ditawarkan oleh Andong ini lho. View yang ditawarkan sangat memukau dan memesona. Banyak pendaki yang menjadikan Andong sebagai tempat berburu sunset dan sunrise.

Dari atas Andong Peak kamu bisa melihat view beberapa Gunung disekelilingnya seperti Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran Tidar dan Telomulyo. Selain itu kamu juga bisa melihat pemandangan Kota Magelang dari atas ketinggian.

Saking eksisnya, Andong Peak ini bahkan bukan hanya didaki oleh para pendaki dari Magelang saja namun berasal dari luar kota juga lho. Apalagi saat akhir pekan tiba pendaki Andong meningkat dua kali lipat.

Waktu paling recommended untuk mendaki Andong jika ingin menikmati momen sunrise time ialah sekitar jam 3 pagi. Bukan hanya sunrise, pemandangan saat pagi hari pun akan diwarnai oleh kabut yang seakan menimbulkan sensasi seperti sedang berada diatas awan.

Bukan hanya saat hari masih cerah saja, namun view dari atas puncak Gn. Andong saat malam hari pun nggak kalah memukau lho. Kamu bisa melihat lautan lampu kota yang berkerlap-kerlip dipadukan dengan cahaya bintang di langit membuat suasana diatas puncak terasa lebih romantis.

Gimana? Masih sanggup nolak pesona kecantikan dan keindahan yang ditawarkan oleh Andong Peak diatas? Selagi masih punya waktu libur gunakanlah untuk memanjakan dirimu sendiri yang mungkin salah satu caranya yaitu dengan mendaki Gn. Andong ini!

0
Bagikan:
x