Apa Bisa Kunci Mobil Tua Diubah Menjadi Sistem Keyless?

Avatar
Apa Bisa Kunci Mobil Tua Diubah Menjadi Sistem Keyless?

www.daytekno.com – Fitur start/stop button alias tombol start lumayan lazim saat ini tersedia pada mobil lansiran baru. Teknologi keyless ini biasanya juga terintegrasi dengan mekanisme buka-tutup kunci pada pintu mobil, serta piranti keamanan immobilizer.

Fitur ini memungkinkan pemilik untuk menyalakan mesin tanpa memasukkan anak kunci ke lubang kontak, tergabung dengan remote alarm.

Menariknya, ada pemilik mobil tua mau kendaraannya punya fitur ini, kemudian menyasar pada produk alarm aftermarket yang tersedia di pasar.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan aksesoris alarm keyless di pasaran bisa saja dipasang di mobil-mobil sekalipun standarnya tidak dibekali dengan alarm.

“Secara fungsi sama aksesoris keyless di pasaran dengan yang bawaan standar, sama-sama bisa menghidupkan mesin dengan tanpa anak kunci, yaitu pakai tombol, buka tutup kunci pintu juga bisa dioperasikan dari remote,” ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

Dia mengatakan meski secara fungsi sama, namun ada perbedaan yang sebenarnya cukup mendasar mengingat mobil tua tidak dibekali immobilizer.

“Keyless yang beredar di pasaran itu cocoknya justru untuk mobil-mobil tua yang tidak dibekali immobilizer, kalau sudah dibekali immobilizer justru susah untuk diubah ke remote yang tidak standar,” ucap Didi.

Dia mengatakan perbedaannya ada pada komponen yang bekerja, jika mobil yang menggunakan immobilizer menggunakan chip dan antena untuk menangkap sinyal dari remote.

“Perlu dipastikan lagi kalau keyless aftermarket , karena tentu saja itu berbeda dengan keyless bawaan pabrik yang menggunakan cip, yang bisa mengamankan mobil dari pencurian dengan sistem pencocokan sinyal, tidak sekadar mengubah sakelar starter,” ucap Didi.

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho menambahkan, dia mengatakan remote keyless aftermarket dengan bawaan pabrik jelas jauh berbeda karena dari harganya pun jauh berbeda.

Baca Juga;  Harga Sepeda Gunung di Bekasi Terbaru 2022, Merek Pacific, Polygon hingga United

“ Keyless aftermarket itu hanya aksesoris, yang artinya fungsi dari remote diserupakan dengan yang asli, sebenarnya remote keyless tersebut hanya alarm set yang berfungsi untuk membuka dan menutup kunci pintu dengan remote, lalu ditambah push button untuk menghidupkan mesin,” ucap Aji kepada Kompas.com, Jumat (25/11/2022).

Dia mengatakan keyless aftermarket tidak bisa mewakili fungsi keyless bawaan pabrik yang bisa mengamankan mobil dari pencurian.

“Remote keyless aftermarket itu fungsinya hanya untuk membuka dan mengunci pintu, bukan untuk mengamankan mobil dari pencurian, seandainya remote tersebut dijauhkan, asal pintu mobil terbuka atau tidak terkunci maka mesin mobil tetap bisa dihidupkan,” ucap Aji.

Dia mengatakan kalau keyless standar pabrik, begitu remote tidak terdeteksi ada di sekitar area jangkauan maka mobil tidak akan bisa dihidupkan.

Jadi, aksesoris keyless yang ada di pasaran sebenarnya bisa berfungsi untuk menghidupkan mesin tanpa anak kunci, tapi sistem keamanannya tidak sama dengan keyless bawaan pabrik.