Apakah Ada Asuransi yang Melindungi Saat Sewa Mobil Lepas Kunci?

Avatar
Apakah Ada Asuransi yang Melindungi Saat Sewa Mobil Lepas Kunci?

www.daytekno.com – Menyewa mobil lepas kunci memang lebih fleksibel untuk menemani kegiatan atau perjalanan. Alasannya, karena penyewa bisa mengemudikan mobil sendiri ke mana saja tanpa harus terikat oleh keterbatasan sopir dari pihak rental.

Namun, perlu diperhatikan saat mengemudi karena risiko di jalan selalu saja ada. Baik kerusakan internal mobil sampai terjadinya kerusakan eksternal karena kecelakaan atau sejenisnya.

Lantas, apakah ada asuransi yang melindungi penyewa mobil lepas kunci?

Anang, pemilik rental mobil Anang Trans, mengatakan, bila terjadi kecelakaan atau kerusakan selama mobil disewa, itu menjadi tanggung jawab penyewa untuk memperbaikinya.

“Kalau di kami, belum bisa memberikan asuransi, jadi ketika mobil mengalami kerusakan selama disewa, itu menjadi tanggung jawab penyewa,” ucap Anang kepada Kompas.com, Senin (12/12/2022).

Dia mengatakan sehingga penyewa perlu memikirkan betul-betul sebelum memutuskan menyewa mobil lepas kunci.

“Kalau dirasa mengemudi belum mahir, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mengemudi, lebih baik menyewa beserta sopir dari pihak rental yang sudah disiapkan,” ucap Anang.

Dia mengatakan dengan menyewa mobil beserta sopirnya, maka risiko bila terjadi kerusakan lebih ditoleransi.

“Kalau sopir dari kami, bila terjadi kecelakaan bakal ditoleransi, sehingga penyewa tidak perlu membayar biaya perbaikan mobil,” ucap Anang.

Sementara itu, Setiawan, pemilik rental AD Trans Klaten, mengatakan, asuransi bisa didapatkan oleh penyewa mobil lepas kunci tapi tidak penuh.

“Kami memberikan kebijakan dengan memberikan asuransi terbatas, jadi setiap terjadi peristiwa kerusakan, kami akan memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 50.000 per kejadian,” ucap Setiawan.

Dia mengatakan walau asuransi yang diberikan tidak cukup besar, itu dirasa cukup memberi kenyamanan untuk penyewa.

Baca Juga;  Pilihan City Car Bekas Harga Rp 80 Jutaan, Dapat Mirage sampai Ignis

“Kecil memang, tapi semoga kebijakan tersebut memberikan nilai positif, penyewa juga merasa nyaman tidak perlu khawatir saat menyewa mobil lepas kunci,” ucap Setiawan.

Jadi, asuransi saat menyewa mobil lepas kunci perlu dipertanyakan sebelum Anda memutuskan untuk menyewa. Dengan demikian, Anda akan memahami apakah pihak rental memberikan asuransi atau tidak, karena setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.