Apakah Normal Kalau Pengereman Honda Freed Kasar?

Avatar

www.daytekno.com – Honda Freed sudah tidak diproduksi lagi di Indonesia, namun populasinya masih cukup besar di Indonesia.

Selain itu, harga bekas Honda Freed juga tergolong masih cukup tinggi. Tentu, itu bisa menjadi bukti bahwa mobil keluaran pintu geser lansiran 2009 sampai 2015 ini cukup diminati konsumen..

Namun, jika Anda berniat membeli mobil ini, perlu memperhatikan kondisi remnya. Pasalnya, ada komponen rem yang sempat bermasalah dan perlu dilakukan penggantian.

Pemilik Bengkel Pradana Iwan Pratikno mengatakan, secara umum Honda Freed tidak banyak masalah, kerusakannya termasuk wajar karena setiap mobil memang membutuhkan perawatan. Namun, ada komponen rem pada mobil ini yang perlu diperhatikan.

“Dulu rem Honda Freed sempat ditarik oleh Honda, jadi master remnya itu bermasalah, komponen ini menyatu dengan booster sebagai komponen utama penerus gaya dorong dari pedal rem,” ucap Iwan yang sempat bekerja sebagai mekanik Honda kepada Kompas.com di Semarang, Minggu (16/10/2022).

Dia mengatakan sebagai penerus gaya dorong, master rem bertugas menekan minyak rem untuk disalurkan ke masing-masing rem di setiap roda.

“Nah, malangnya master rem Honda Freed ini tidak mampu memindahkan gaya dorong dengan lembut , jadi ketika direm itu terasa nyentak,” ucap Iwan.

Kendati demikian, dia mengatakan pihak Honda sempat melakukan recall alias kampanye perbaikan massal Freed. Masalahnya kala itu, kondisi komponen master rem yang tidak bekerja maksimal.

“Dulu sempat ditarik, seharusnya semua Honda Freed yang remnya bermasalah sudah teratasi pada waktu itu, hanya saja peluang untuk terlewat, entah karena pemilik kendaraan atau faktor apa, master rem yang bermasalah itu bisa saja belum sempat diganti,” ucap Iwan.

Dia menjelaskan sebagai calon pembeli mobil tersebut, ada baiknya untuk memeriksa semua komponen mobil yang akan dibeli, salah satunya yang tidak boleh ketinggalan adalah memeriksa performa rem Honda Freed.

Baca Juga;  5 Fitur dan Teknologi Canggih yang Ada pada Mobil Flagship, Apa Saja?

“Periksa saja, siapa tahu performa remnya tidak lembut, ada entakan ketika rem dioperasikan dengan pelan, itu bisa jadi master remnya yang bermasalah,” ucap Iwan.

Jadi, karakter rem Honda Freed seharusnya lembut. Jika memang milik Anda remnya tidak lembut, sebaiknya perlu melakukan pemeriksaan ke bengkel langganan yang kompeten di bidangnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”