Banyak Fungsi Penting, Tren Pasang Dashcam Meningkat

Avatar
Banyak Fungsi Penting, Tren Pasang Dashcam Meningkat

www.daytekno.com – Salah satu perangkat yang belakangan ini banyak digunakan di mobil adalah kamera dasbor atau dashboard camera ( dashcam ). Sebab, perangkat ini punya banyak fungsi penting.

Dengan menggunakan dashcam, pengguna mobil bisa merekam kejadian, baik kasus kecelakaan lalu lintas atau tindak pidana . Sehingga, bisa memudahkan dalam proses penyelesaian masalah.

Herman Budiman, pemilik workshop Automania, mengatakan, sekarang sedang tren memasang Digital Video Recorder (DVR), karena sekaligus sebagai alat bukti jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di jalan,” ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Herman mengatakan, per bulannya dia bisa menjual hingga tiga set hingga lima set. Sedangkan untuk kisaran harga dashcam sendiri, bisa mencapai Rp 1,8 jutaan.

Dashcam yang dijual pada umumnya bersifat universal. Sehingga, bisa dipasang pada semua mobil, baik yang modern maupun lawas sekalipun.

Menurutnya, setiap mobil memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dalam pemasangan dashcam. Perbedaan harga bisa berdasarkan tingkat kesulitan pemasangannya.

“Contohnya, di mobil-mobil premium pasti harga instalasinya lebih mahal dibanding mobil umum,” kata Hendra, yang memasarkan merek Mtech.

Selain itu, ada juga dashcam dengan merek Blackvue, yang banderolnya cukup tinggi. Harganya berkisar mulai Rp 2 jutaan hingga Rp 11 jutaan.

Rudy Ham, Direktur Pemasaran Dashcam Blackvue, mengatakan, Blackvue bekerja layaknya blackbox di dalam mobil. Sehingga, tidak ada rasa khawatir lagi bahwa kita akan kehilangan bukti ketika terjadi sesuatu di jalanan.

Baca Juga;  Tilang Elektronik Mulai Berlaku di Jakarta, Ketahui Sistem Kerja Tilang ETLE Mobile

“Dengan menggunakan dashcam yang sudah terpercaya tentu memberikan kita rasa tenang ketika kita berkendara”, kata Rudy, dalam kesempatan yang berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.