Bisnis  

Barang Bekas Itu Thrift atau Preloved Sih?

Avatar
Barang Bekas Itu Thrift atau Preloved Sih?

www.daytekno.com – Istilah pakaian bekas sering diidentikkan dengan Thrift ataupun Preloved, meskipun begitu sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan Loh!

Yuk simak pembahasan mengenai Thrift dan Preloved berikut ini.

Tentang Thrift dan Preloved

Thrift

Istilah Thrift dapat diartikan sebagai barang branded bekas maupun baru yang dijual dalam kondisi yang masih bagus dan layak pakai. Konsep dari barang Thrift sendiri adalah barang donasi atapun barang yang sudah ketinggalan mode meski datang dari barnd yang mahal.

Lalu, apa maksud dari barang donasi?

Di negara maju, masyarakat terbiasa membeli barang baru meskipun barang yang lama masih dalam kondisi yang layak, kemudian mereka akan menyumbangkannya dan sumbangan tersebut bisa diekspor bila sulit didistribusikan, kemudian akan diimpor oleh pengusaha thrift.

Biasanya barang thrift dibeli di luar negeri dalam bentuk karungan atau bal yang di dalamnya tidak jarang terdapat barang bermerek ataupun nuansa vintage dan 90s, yang bisa dijual grosir maupun satuan dengan harga yang lebih murah karena dihitung kiloan. Jadi, penjual thrift yang memasarkan barangnya secara grosir akan membuatnya untung banyak.

Eits tapi tidak hanya penjual ajaloh yang kelihatannya diuntungkan, tetapi pembeli bisa juga diuntungkan lho. Pasalnya, pada bal thrift tidak jarang ditemukan barang bermerek yang masih dalam kondisi yang bagus dan tanpa cacat. Meskipun bisa saja kamu akan mendapatkan harga agak mahal tetapi tetap saja jauh lebih murah dibandingkan dengan beli barunya.

Preloved

Istilah Preloved dapat diartikan sebagai barang koleksi pribadi yang dijual karena sudah bosan atau tidak terpakai lagi. Barang yang dijual dalam preloved kebanyakan memiliki kondisi yang masih berkualitas dan hampir mirip dengan kondisi saat barang masih baru dan harganya cukup bervariasi.

Baca Juga;  PPKM akan Dihentikan, Coba Mulai Bisnis dengan Dekorasi Pernikahan

Konsep dari barang preloved adalah barang koleksi pribadi penjual yang bisa jadi bermerek atau tidak, barang tersebut dijual satuan dengan harga yang bervariasi, bisa jadi miring dari harga asal ataupun sebaliknya harga bisa jadi lebih mahal karena dianggap barang antik atau koleksi terbatas yang dicari orang.

Dari penjelasan diatas disimpulkan bahwa yang menjadi perbedaan antara Thrift dengan Preloved terletak pada barang yang dijualnya. Thrift adalah barang yang bekas dari luar negeri yang kondisinya masih layak pakai dan dijual dalam bentuk karungan atau bal, sedangkan preloved merupakan barang koleksi pribasi yang biasanya dijual satuan.

Demikian pembahasan singkat mengenai perbedaan Thrift dan Preloved untuk kamu. Untuk anda yang ingin membeli baju thrift ataupun Preloved pastikan kamu selalu memeriksa kondisi barang dengan teliti. Pastikan semua dalam kondisi yang baik, cek kondisi jahitan, warna, ada tidaknya noda terutama di area lengan bawah, ketiak, dan leher.

Kalau kamu ingin tahu thrift shop yang berkualitas, bermerek, dan terjangkau pastinya kamu bisa mengunjungi instagram kami yaitu @shopddaeng atau melalui website resmi kami http://shopddaeng.rf.gd/ yaa 🙂

semoga bermanfaat..