Begini Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Avatar
Begini Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

www.daytekno.com – Meski jarang terlihat, ruang mesin tetap perlu dibersihkan dari berbagai kotoran. Selain untuk memperindah pemandangan, ruang mesin yang senantiasa bersih akan terhindar dari serangan tikus.

Pasalnya, tikus kerap bersarang di ruang mesin yang kotor. Bila sudah demikian, maka risikonya tikus akan menggerogoti kabel dan komponen lain yang terbuat dari bahan karet.

Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan ruang mesin. Berhubung membersihkan ruang mesin tidak boleh asal, berikut ini tips aman membersihkan ruang mesin mobil.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, untuk membersihkan ruang mesin bisa menggunakan lap basah yang dicampur dengan deterjen, namun jangan sampai menetes.

“Pakai lap basah yang dicampur deterjen untuk noda yang membandel dan menghilangkan bau, tapi perlu diperhatikan untuk tidak ada tetesan air, karena di ruang mesin banyak komponen elektronik yang rawan rusak bila basah,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (18/10/2022).

Dia mengatakan untuk memperhatikan area koil pengapian, karena komponen tersebut mudah sekali rusak bila kena air.

“Perhatikan koil pengapian, jangan sampai komponen tersebut basah atau air masuk ke celah selongsong koilnya, itu akan membuat koil mudah bocor dan terbakar,” ucap Ibrohim.

Sementara itu, Foreman Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Aji Dwi Nugroho, mengatakan untuk membersihkan ruang mesin tidak perlu dicuci, guna menghindari risiko kerusakan pada komponen elektronik di ruang mesin.

“Tidak usah dicuci, karena itu membahayakan perangkat elektronik di dalam ruang mesin seperti koil pengapian, ECM, TCM dan kotak sekering, itu tidak boleh basah terkena air,” ucap Aji kepada Kompas.com, Senin (17/10/2022).

Dia mengatakan cukup disemir saja dengan semir yang berkualitas dan wangi.

“Setelah kotoran yang menumpuk dibersihkan dengan lap, cukup disemir saja dengan bahan semir yang berkualitas dan wangi, cara itu akan membuat ruang mesin bersih dan kering,” ucap Aji.

Dia juga mengatakan agar tidak menggunakan bahan seperti minyak agar debu tidak menempel di ruang mesin.

“Jangan pakai minyak, oli, solar dan sejenisnya, itu justru akan membuat ruang mesin cepat kotor karena debu mudah menempel di tempat yang lengket,” ucap Aji.

Jadi, untuk membersihkan ruang mesin, cukup dibersihkan dengan lap basah, setelah itu disemir agar bersih, kering dan wangi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”