Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

www.daytekno.com

Virus Corona (COVID-19) membuka mata betapa pentingnya pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan dan mencuci tangan secara rutin. Yah, virus ini bisa bertahan hingga beberapa jam dan beberapa hari, serta mudah menular melalui sentuhan (kontak). Mengaplikasikan hand sanitizer adalah cara paling direkomendasikan untuk menghindari penularan. Tapi jika tak ada, mencuci tangan dengan sabun bisa jadi alternatif paling mudah dan sederhana sebagai ganti hand sanitizer.

Mobil Rentan Terhadap Virus

Interior mobil rentan jadi sarang kuman

Bagaimana dengan benda-benda atau objek yang sering disentuh? Sudah pasti harus diperhatikan kebersihannya dari segala kotoran dan bakteri. Kendaraan roda empat atau mobil misalnya. Ada banyak bagian yang sering disentuh, seperti handle pintu, hand grip, sabuk pengaman, tuas persneling, rem parkir, kenop AC, dan setir.

Untuk yang terakhir ini yang paling lama kontak dengan tangan. Tak sekedar disentuh, tapi juga digenggam. Market Watch pernah mengatakan kalau setir mobil bisa jadi lebih kuman dibanding dudukan toilet, khususnya untuk setir yang tidak pernah dibersihkan sama sekali.

Di musim wabah virus Corona saat ini, setir sangat rentan menjadi tempat bersembunyi virus. Bahkan untuk mobil yang hanya dipakai sendiri, bukan gonta-ganti sopir. Pengemudi bisa saja membawa virus dari luar saat di pasar, di mall, di dalam angkutan umum atau di tempat lain. Atau bisa juga usai bersalaman dengan orang lain yang positif Corona, menyentuh benda yang habis disentuh pengindap Corona, lalu tanpa mendisinfeksi tangan dia menyetir.

Cara Membersihkan Setir Mobil

Membersihkan setir mobil bisa dilakukan dengan mudah

Ada banyak bagian mobil selalu disentuh dengan tangan seperti disebut di atas, namun setir dan handel pintu harus mendapat perhatian lebih. Pastikan setir dalam kondisi bersih dan bebas kuman maupun virus sebelum dan sesudah mobil digunakan. Berikut beberapa cara membersihkan setir mobil:

Bagikan:
x