Begini Cara Tepat Mengeringkan iPhone yang Basah

Avatar
Begini Cara Tepat Mengeringkan iPhone yang Basah

www.daytekno.com – Smartphone kini menjadi perangkat yang tak dapat terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya sebagai alat komunikasi, smartphone dengan berbagai merek dan tipenya kini semakin canggih dengan beragam fitur.

Salah satu smartphone yang banyak digunakan adalah iPhone. Smartphone buatan Apple ini populer selain karena mudah digunakan, value dari ponsel ini juga tinggi.

Karena sudah menjadi bagian dari kehidupan dan digunakan untuk beraktivitas, smartphone, termasuk iPhone, tidak luput dari risiko kerusakan. Penyebabnya bisa karena berbagai hal, salah satunya karena basah terkena air.

Pengguna bisa saja tidak sengaja menumpahkan cairan seperti kopi atau air putih dan mengenai iPhone yang tengah digunakan, atau bahkan iPhone terkena air hujan saat berada di dalam saku pakaian.

Hal tersebut pasti membuat pengguna sedikit panik dan khawatir perangkat iPhone Anda mengalami kerusakan.

Beberapa dari orang-orang cukup panik hingga bingung bagaimana cara penanganan pertama untuk mengatasinya.

Nah, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi iPhone yang basah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Minggu (12/12/2021).

Bersihkan bagian yang basah

Perlu diingat, hal pertama yang harus diperhatikan saat iPhone basah adalah matikan ponsel Anda dan hindari untuk mengisi baterai. Jika iPhone saat itu sedang terhubung dengan kabel pengisi daya, segera cabut.

Saat iPhone Anda terciprat beberapa cairan dari minuman seperti teh, kopi, atau soda, cobalah untuk membasuhnya sedikit menggunakan air pada bagian yang terkena basah saja.

Jangan membasuhnya secara keseluruhan. Beberapa iPhone 7 dan terbaru saat ini sebenarnya sudah didesain khusus tahan air. Jadi, Anda akan lebih aman menggunakannya.

Keringkan

Setelah itu keringkan iPhone Anda menggunakan kain yang lembut dan tidak berserat. Usahakan menggunakan kain khusus seperti untuk pembersih lensa, agar bagian iPhone yang basah mengering dengan baik.

Baca Juga;  Western Digital Rilis SSD WD Blue SN570 di Indonesia, Ini Harganya

Keluarkan kartu SIM

Untuk memastikan seluruh bagian iPhone kering sempurna, buka juga bagian slot kartu SIM dan keluarkan kartu SIM Anda. Hal ini dilakukan agar cairan yang masuk dan mengenai bagian dalam perangkat ponsel mengering secara keseluruhan.

Ketuk perlahan

Ketuk-ketuk iPhone perlahan di telapak tangan Anda untuk memastikan tak ada tetesan-tetesan air yang masih menggenang di dalam perangkat. Selain itu hal ini juga membantu iPhone lebih cepat kering.

Diamkan iPhone di tempat yang kering

Diamkan iPhone di tempat kering bersamaan dengan mengeringkannya kembali menggunakan aliran udara dari kipas agar sisa-sisa air atau perangkat yang masih lembab mengering dengan baik.

Jangan langsung di-charge

Ingat setelah mengeringkan iPhone yang basah, diamkan setidaknya beberapa jam sebelum Anda mengisi dayanya.

Selain itu hindari untuk menyeka iPhone dengan kain sembarang seperti handuk, serbet, atau lainnya. Seperti poin sebelumnya, keringkan dengan lap lembut seperti lap khusus pembersih lensa.

Terdapat metode lain untuk mengeringkan iPhone yaitu dengan memasukkan ke dalam beras atau menggunakan silica gel. Beras atau silica gel inilah yang memiliki fungsi untuk menyerap kelembaban dan partikel cairan yang masih tersisa di perangkat iPhone.

Namun, Anda juga harus berhati-hati sebaiknya lakukan metode pertama yang disarankan oleh Apple seperti langkah-langkah di atas.

Selain itu, agar menghindari hal ini terjadi Anda harus lebih waspada dalam melakukan aktivitas dan berhati-hati dalam meletakkan iPhone.