www.daytekno.com

Alamat: Benteng, Campaka, Purwakarta, Jawa Barat 41181Map: KlikDisiniJam Buka: 08.00-16.00 WIB (Selasa-Minggu)No. Telp: 0811 1163 115WhatsApp: 0811 1163 115

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 15.000,-Parkir Motor: Rp 3.000,-Parkir Mobil: Rp 5.000,-Parkir Bus: Rp 15.000,-

Dilihat dari bentukannya pasti kamu mengira bahwa Urban Farming Center ini lokasinya seperti di Eropa, ya? Padahal Urban Farming Center ini Purwakarta punya, lho. Karena Made In Purwakarta maka buat kamu yang ingin menjajal wisata ini pun gampang.

Selain itu Urban Farmin Center juga bisa dikunjungi dengan modal yang cukup murah. Tiket masuk Urban Farming Purwakarta hanya menyentuh angka sebesar 15ribuan saja per orangnya. Dengan harga murah dan terjangkau tersebut menjadikan wisata ini salah satu tempat plesiran paling favorit di Purwakarta.

Selain membayar tiket masuk, kamu pun akan dikenai biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi. Untuk motor biayanya 3ribu, mobil 5ribu dan bus 15ribu. Hanya dengan membawa uang 50ribu semua biaya wisatanya termasuk tiket masuk dan parkir pun masih tercover, murah banget kan?

Jalan Menuju Lokasi

Urban Farming Center merupakan salah satu objek wisata di Purwakarta yang lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau. Meskipun berada di pedesaan, namun akses jalan menuju lokasinya cukup mulus.

Jarak Urban Farming Center dari pusat Kota Purwakarta sekitar 10,5 kilometer dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 25 menit. Kamu bisa sampai dengan melalui beberapa rute salah satu diantaranya yakni via Jl. Ganda Negara ke Jl. Laks Laut RE Martadinata.

Dari Jalan Ganda Negara arahkan kendaraanmu menuju Jalan Ipik Gandamanah dan Jl. Raya Cempaka. Selepas Jl. Raya Cempaka kamu akan segera memasuki kawasan Benteng yang mana akan segera tiba di lokasi wisata. Disana sudah ada papan petunjuk jalan yang akan mengantarmu sampai di Urban Farming Center.

Baca Juga;  Broadway Alam Sutera: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Rute

Fasilitas

Semakin maju menjelma menjadi salah satu objek wisata unggulan di Purwakarta membuat Urban Farming Center semakin menambah kualitas pelayanannya. Salah satunya yaitu dengan menyuguhkan beragam fasilitas penunjang yang bisa menambah kenyamanan untuk para pengunjung.

Beberapa fasilitas yang disediakan oleh UFC salah satu diantaranya ada kantin. Tempat ini merupakan salah satu lokasi paling enak untuk menyantap aneka kuliner lezat sambil bersantai dan beristirahat. Makanan dan minuman yang disajikan cukup beragam serta harganya juga affordable.

Selain kantin, UFC juga menyediakan fasilitas toko souvenir dan oleh-oleh. Biasanya sebelum beranjak pulang para pengunjung memborong oleh-oleh khas Purwarta di toko ini. Macam souvernirnya dan oleh-olehnya lumayan banyak ada kaos, tas, makanan, pernak-pernik, dll.

Untuk memfasilitasi para pengunjung melaksanakan kewajiban shalat lima waktu, pengelola UFC juga menyediakan mushola. Tempat beribadah ini cukup nyaman dan layak digunakan karena dilengkapi juga oleh peralatan shalatnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengunjung UFC semakin hari kian membludak terutama saat akhir pekan. Hal tersebut mendorong pihak pengelola UFC untuk memperluas area parkir supaya semua kendaraan para pengunjung bisa muat. Bahkan, area parkirnya bukan hanya untuk motor dan mobil saja tetapi muat juga untuk bus pariwisata.

Terkadang mungkin kamu agak risih atau enggan untuk pergi ke toilet saat sedang berada di tempat umum. Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena toilet yang ada di UFC ini cukup bersih, nyaman, wangi dan terawat. Jadi, kamu bisa bebas pakai toilet ini tanpa harus khawatir sedikit pun.

Wahana

1. Perkebunan

Dari namanya saja pasti kamu sudah bisa menebak bahwa Urban Farming bukanlah sebuah objek wisata biasa melainkan ada unsur edukatifnya juga. Saat memasuki kawasan wisata ini dengan membayar tiket, kamu akan diberikan satu bungkus bibit/benih sayuran ataupun buah.

Baca Juga;  Taman Balekambang Tawangmangu, Wisata Selfie Anyar di Karanganyar

Dimana bibit tersebut akan kamu tanam di salah satu area perkebunan yang telah di sediakan. Wahana ini sangatlah bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan supaya bisa lebih dekat dengan alam. Bukan cuman orang dewasa saja, tetapi ini berguna juga untuk anak-anak

2. Mini Zoo

Jika tadi sudah mengenal atau mengetahui tentang perbibitan, kali ini kamu akan diajak untuk lebih dekat dengan satwa ternak lewat wahana Mini Zoo atau Rumah Ternak. Disini terdapat beberapa hewan ternak yang dibiarkan bebas berkeliling. Mini Zoo ini sangat cocok dijadikan sarana edukatif untuk si kecil.

3. Edukasi Bercocok Tanam

Urban Farming juga menyediakan wahana edukasi bercocok tanam. Dimana disini para pengunjung akan diberikan informasi atau pengetahuan mengenai inspirasi bercocok tanam yang sederhana agar nantinya bisa diterapkan di rumah sendiri.

Banyak pengetahuan yang akan kamu dapatkan disini salah satunya seperti bagaimana menata tanaman di lahan dengan area terbatas atau sempit, teknik hidroponik, vertikultur, dutch bucket, pengenalan media tanam, pelatahian pembibitan, penyemaian benih, dll.

4. Kampung Mini

Sesuai dengan namanya, disini kamu akan diajak untuk berkeliling kampung mini. Tempat ini di desain menyerupai sebuah pemukiman dimana ada rumah, ladang sayur, persawahan dan beberapa hewan seperti angsa, ayam, bebek dan lainnya.

5. Spot Foto

Saat memasuki kawasan Urban Farming kamu akan melihat sebuah gerbang atau gapura yang terbuat dari dedaunan dan berbentuk love. Tempat ini banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berswafoto. Berpose dengan latar belakang gerbang love ini sepertinya bisa jadi potret yang menarik untuk diunggah di sosial media.

6. Rumah ala Eropa

Selain memberikan sarana edukatif, Urban Farming juga menjadi salah satu objek wisata yang menawarkan banyak sekali spot foto instagramable salah satunya yaitu rumah-rumah bergaya Eropa.

Baca Juga;  20 Tempat Wisata di Karawang Terbaru & Paling Hits

Tempat ini didesain mirip seperti rumah para petani di Eropa yang di cat warna-warni seperti biru, hijau, kuning, pink dan lainnya. Tak hanya berwarna-warni saja, namun kecantikan rumah ala Eropa ini semakin terpancar dengan adanya tambahan bunga serta tanaman yang tertata rapi didepannya lengkap dengan pagar-pagarannya.

Pesona Urban Farming

Urban Farming merupakan kombinasi objek wisata yang sangat apik dan jarang ditemui di kota lain. Bagaimana tidak, mereka menggabungkan antara objek wisata edukatif dengan menambahkan ornamen-ornamen cantik sehingga tempat ini terlihat sangat instagenic.

Bukan hanya mendapatkan ilmu tentang bercocok tanam, tetapi disini kamu pun bisa hunting stok foto yang instagramable lewat spot-spot kece berupa rumah ala petani Eropan. Selain itu, tempat wisata ini juga cocok untuk semua kalangan dari mulai anak-anak, remaja dan dewasa.

Perlu kamu ketahui juga bahwa pengelolaan Urban Farming ini berada dibawah naungan salah satu Perusahaan Bibit Tanaman terkenal yaitu PT East West Seed. Hal tersebut bisa dibuktikan saat pertama kali masuk kamu diberikan sebungkus bibit tanaman.

Tak hanya menyuguhkan tempat yang seru dan menyenangkan, suasana di Urban Farming juga sangat sejuk serta teduh. Selain karena lokasinya berada di jauh dari hiruk pikuk kendaraan, area wisata ini juga dikelilingi oleh pepohonan rindang.

Oiya, FYI disini kamu tidak diperkenankan untuk membawa makanan ataupun minuman dari luar, karena didalam sudah ada kantin. Selain itu kamu juga harus menjaga kebersihan dan kerapihan kawasan wisata ini.

Jika sebelumnya kamu sudah pernah menjumpai wisata serupa di Bogor yakni De Voyage, sudah saatnya nih sekarang jajal versi lain yang ada di Purwakarta. Jadi tunggu apalagi? Bersegeralah untuk menyambut libur akhir pekanmu yuk!

0
Bagikan:
x