www.daytekno.com – Ketika berkendara mobil di musim hujan , wiper jadi perangkat yang sangat penting digunakan untuk membantu visibilitas pengemudi.

Hanya saja, kecepatan sapuan wiper perlu disesuaikan dengan seberapa derasnya hujan yang turun. Karena bila tidak, justru bisa mengganggu pandangan pendara.

Nah, pada tuas sakelar wiper terdapat beberapa simbol yang memiliki arti berbeda-beda. Apa saja maksud simbol-simbol tersebut?

Foreman Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Aji Dwi Nugroho mengatakan, ada beberapa simbol yang terdapat pada sakelar wiper mobil, biasanya tiap mobil tidak sama. Ada yang lengkap dan ada yang tersedia beberapa saja.

“Yang lengkap biasanya tuas sakelar wiper bisa digunakan untuk mengendalikan wiper depan dan belakang, dan berbagai pilihan kecepatan sapuan wiper,” ucap Aji kepada Kompas.com, Sabtu (15/10/2022).

Dia mengatakan, untuk wiper depan biasanya dibekali 5 posisi simbol, yang ditandai dengan simbol depan atau tertulis front.

“Ada mist, jika pilihan sakelar tersebut diaktifkan maka wiper akan menyapu sekali saja biasanya digunakan ketika hujan masih rintik-rintik saja, jadi pengemudi bisa menekan tuas mist dan wiper akan kembali ke posisi awal atau, tapi wiper akan tetap aktif sekali siklus,” ucap Aji.

Menurut aji, satu siklus yang dimaksud posisi wiper akan berhenti pada posisi yang benar, atau tidak di tengah-tengah meski tuas sudah berada pada posisi off.

“Selanjutnya ada int yang artinya kecepatan akan menyesuaikan dengan setelan pengendara, bisa dibikin sangat pelan dan cepat, sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi hujan yang membasahi kaca, biasanya digunakan bila hujan rintik-rintik secara konsisten,” ucap Aji.

Dia menjelaskan, int bisa diaktifkan untuk menyapu hujan yang masih jarang-jarang tapi durasinya panjang, sehingga bila berkali-kali mengaktifkan wiper akan cukup merepotkan.

Baca Juga;  Banyak yang Tidak Tahu, Mobil Rusak Kena Gempa Ternyata Tak Dapat Asuransi

“Selanjutnya ada lo untuk sapuan wiper yang pelan dan hi untuk sapuan yang kencang, keduanya bisa digunakan bila hujan benar-benar sudah cukup deras,” ucap Aji.

Aji mengatakan, sisanya ada simbol washer, digunakan untuk menyemprotkan air ke kaca ketika ada kotoran yang menghalangi pandangan di hari yang tidak hujan.

“Selain itu untuk kaca belakang juga dilengkapi dengan sakelar yang terpisah, ada on, int, off dan untuk washer kaca belakang,” ucap Aji.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

0

Bagikan:
x