Bisnis  

Bisnis Wealthtech Menjadi Tren Baru, Bagaimana Prospeknya?

Avatar
Bisnis Wealthtech Menjadi Tren Baru, Bagaimana Prospeknya?

www.daytekno.com – Pernah dengar istilah bisnis wealthtech?

Seiring dengan semakin meleknya masyarakat untuk berinvestasi, bisnis wealthtech kian bersemi di Indonesia.

Lalu, sebenarnya apa itu bisnis wealthtech?

Simak ulasan lengkap mengenai bisnis wealthtech di artikel ini, yuk!

Apa itu Bisnis Wealthtech?

Bisnis wealthtech adalah bisnis yang menawarkan solusi digital untuk membantu seseorang dalam memperbaiki cara personal maupun profesional dalam manajemen dan investasi dengan menggunakan teknologi modern, seperti Artificial Intelligence (AI) dan Big Data.

Biasanya, bisnis ini menawarkan layanan manajemen kekayaan dengan metode yang berbeda dari cara konvensional.

Mengapa?

Tujuannya, untuk membuat manajemen kekayaan dan investasi supaya bersifat koheren, terkomputerisasi, serta mengintegrasikan seluruh layanan keuangan menjadi satu kesatuan.

Lebih lanjut, bisnis wealthtech akan sangat membantu masyarakat untuk menganalisis keuangan personal, mengakses profil risiko, menentukan portofolio investasi, serta pengelolaan aset.

Melalui beberapa kemudahan yang ditawarkan, tak heran bila bisnis wealthtech tengah menjadi tren di Indonesia.

Perbedaan Bisnis Wealthtech dan Fintech

Sama-sama bisnis yang mengelola keuangan, ternyata terdapat perbedaan antara bisnis wealthtech dan fintech, lho.

Bisnis fintech merupakan bisnis yang mengkombinasikan finansial dan teknologi untuk bertransformasi dari cara konvensional ketika user menggunakan, membelanjakan, maupun menerima uang ke cara modern yang memanfaatkan keberadaan teknologi.

Biasanya, bisnis fintech menggunakan software dan algoritma yang terspesialisasi dan dapat diakses melalui komputer maupun ponsel. Bisnis ini mencangkup beragam sektor dan industri, seperti bank ritel dan manajemen investasi.

Sementara itu, bisnis wealthtech adalah bisnis yang menawarkan solusi untuk automasi cara konvensional dalam hal manajemen kekayaan menjadi digital. Artinya, bisnis ini memiliki tujuan untuk memberikan solusi digital untuk manajemen dan investasi.

Baca Juga;  BRI Kembangkan UMKM Lewat Desa Wisata

Selain itu, bisnis wealtech juga erat kaitannya dengan penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Big Data untuk menciptakan cara yang terkomputerisasi dalam pengelolaan kekayaan dan investasi.

Perbedaan lain dari keduanya adalah dari segi jasa yang ditawarkan. Biasanya, bisnis fintech terlibat dalam hal peminjaman, pembayaran untuk hal atau barang tertentu, transfer uang secara internasional, keuangan pribadi, keuangan, modal, asuransi, serta consumer banking. Sedangkan bisnis wealthtech lebih menangani hal-hal seperti robo advisor, investasi mikro, broker digital, alat investasi, serta manajemen portofolio.

    Bagaimana P2P Fintech Lending Mampu Memberdayakan Masyarakat?

    5 Cara Bagaimana Fintech Mampu Membantu Perkembangan UKM

Prospek Bisnis Wealthtech di Indonesia

Melansir dari Liputan6, Kepala Grup Inovasi Keuangan Digital Otoritas Jasa Keuangan (IKD OJK), Triyono Gani mengatakan bahwa di tengah tantangan ekonomi pada tahun 2023 bisnis teknologi manajemen kekayaan (wealthtech) akan mulai bermunculan dan bisa menjadi jalan keluar masalah tersebut.

Momentum ini tentu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terlebih di tengah meningkatkannya literasi masyarakat luas terkait keuangan dan investasi.

Beberapa investor pun mulai bermunculan untuk mendanai bisnis wealthtech untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis ini. Terlebih dengan perilaku masyarakat selama pandemi yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dapat menekan angka pengeluaran sehingga ketersediaan waktu untuk riset meningkat dibarengi dengan modal investasi di pasar modal yang juga jadi lebih banyak.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang bisa dijadikan alasan mengapa bisnis wealthtech akan tumbuh dan berkembang di Indonesia, di antaranya:

    Faktor penentu pertumbuhan wealthtech adalah kelas menengah yang memiliki pendapatan lebih sehingga memiliki modal untuk investasi atau tabungan.

    Kalangan generasi muda yang mulai menggandrungi investasi.

    Semakin banyak perusahaan yang melantai di bursa saham, terutama perusahaan teknologi.

    Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan memudahkan seseorang untuk bertransaksi dan investasi.

    Cara Praktis Meningkatkan Profit Dari Investasi Saham

    7 Langkah yang Harus Dilakukan Ketika Investasi Merugi

Nah, sekarang sudah tahu dong apa itu bisnis wealthtech?

Dalam investasi selain imbal hasil yang tinggi, mitigasi risiko investasi pun perlu dilakukan. Bagi kamu yang baru akan memulai investasi, melakukan pendanaan di KoinRobo dari KoinWorks bisa jadi pilihan kamu, lho.

KoinRobo merupakan produk pendanaan berbasis peer-to-peer lending yang secara otomatis akan mendiversifikasikan pendanaan kamu ke beberapa pinjaman untuk memitigasi risiko dan imbal hasil terprediksi 5-13% per tahun.

Kepoin lebih jauh tentang KoinRobo dengan klik button di bawah, yuk!

Kunjungi KoinRobo!

    1

    2

    3

    4