Mobil  

BMW M3 Akhirnya Punya Versi Station Wagon, Lebih Kencang dari M5 Terbaru

Avatar
BMW M3 Akhirnya Punya Versi Station Wagon, Lebih Kencang dari M5 Terbaru

www.daytekno.com – MUNICH – Setelah sekian lama absen di persaingan, BMW akhirnya kini hadir di segmen station wagon kencang yang selama ini dihuni Audi RS4 Avant dan Mercedes-AMG C63 Estate. Karena BMW M3 Touring untuk pertama kalinya dalam sejarah resmi diluncurkan. Bahkan diklaim sudah pecahkan rekor lap di Nurburgring untuk mobil station wagon.

Performa BMW M3 Touring.

Pecahkan rekor lap station wagon tercepat.

Ya, ini adalah kali pertama sebuah BMW M3 hadir dalam versi Touring alias station wagon. Versi ini akhirnya dihadirkan melalui generasi G-Series, yang dibuat dengan kode G81. Jadi BMW bisa menawarkan sebuah mobil dengan nilai kepraktisan lebih tinggi, namun tetap bisa memenuhi hasrat konsumen yang ingin memacu adrenalinnya.

Mobil ini hanya dihadirkan dalam satu pilihan trim, yaitu M3 Competition M xDrive. Artinya ini adalah M3 varian dengan performa tertinggi, berikut sistem penggerak all-wheel drive (AWD). Varian ini sama seperti yang telah ditawarkan lewat M3 sedan, sejak tahun 2020 lalu.

Sama seperti versi sedan, M3 Competition Touring menggendong mesin enam silinder segaris 3.0 liter twin-turbo. Tenaganya mencapai 503 hp, disertai torsi puncak 650 Nm yang disalurkan ke seluruh roda via transmisi otomatis 8-speed. Tapi tidak ada opsi transmisi manual untuk M3 Touring. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dicapainya dalam waktu 3,6 detik saja, sebelum menyentuh batas top speed 280 km/jam.

Perbedaan utama tentu dari bentuk body yang punya atap lebih panjang karena bagasi yang membesar. Atapnya ikut mengadopsi roof rail seperti Seri 3 Touring, tapi M3 Touring meski varian Competition, tidak dapat atap karbon. Alasannya karena tidak ada vendor yang sanggup membuat panel karbon sebesar atap panjang G81. Alhasil BMW M menawarkan opsi warna gloss black untuk atapnya.

Baca Juga;  Mau Tahu Harga Xpander Si Pendobrak Pasar LMPV?

Gaya desain utama M3 terbaru dibawa ke versi Touring, termasuk kidney grille raksasa khasnya. Padahal sempat diharapkan bahwa tampilan M3 Touring bisa dibuat lebih kalem oleh para penggemar BMW. Velg belang terpasang dengan diameter 19 inci di depan dan 20 inci di belakang. Pengereman dari divisi M juga dibawa, dengan tersedia opsi cakram carbon ceramic. Sistem drivetrain dilengkapi juga dengan Active M Differential untuk kedinamisan handling.

Interior M3 Competition Touring sudah mengikuti update versi LCI (life cycle impulse) alias facelift Seri 3 dan M3 tahun ini. Layar meter cluster digital 12,3 inci dan infotainment 14,9 inci sudah digabung dalam satu frame lebar. Lapisan Merino leather mendominasi trim interior. Jok bucket depan M Sport Seat punya rangka berbahan serat karbon. Selebihnya sama persis seperti M3 versi sedan.

BMW mengklaim rekor station wagon terkencang di Nurburgring Nordschleife, yaitu dengan lap time 7:35,060. Angka tersebut bahkan sudah unggul dari BMW M5 Competition dan Honda NSX terbaru. Mobil kencang dengan bagasi 1.510 liter ini punya potensi kuat untuk adu performa di atas kertas.

Dalam sejarahnya, ini adalah kali ketiga BMW M membuat model Touring. Pertama adalah M5 Touring generasi E34 yang pernah menjadi ikon di era 1990an. Lalu di tahun 2007, lahir M5 Touring E61 bermesin V10 yang legendaris. Sebenarnya BMW pernah bereksperimen dengan Seri 3 Touring generasi E46, namun akhirnya tidak dilanjutkan ke jalur produksi. Baru di generasi keenamnya ini M3 punya versi atap panjang.(WAHYU HARIANTONO)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”