Cara Budidaya Jambu Kristal Bagi Pemula

Avatar
Cara Budidaya Jambu Kristal Bagi Pemula

Cara Budidaya Jambu Kristal Bagi Pemula – Jambu kristal(Psidium Guajava) yang merupakan salah satu jenis varietas unggulan dari buah jambu kian hari terasa semakin populer  kalangan masyarakat. Selain memiliki rasa yang manis dan renyah layaknya buah jambu pada umumnya, namun jambu kristal memiliki sebuah ciri khas tersendiri, yaitu terkenal sebagai buah jambu yang memiliki jumlah biji sedikit.

Selain menjadi salah satu jenis buah yang sangat enak untuk dikonsumsi, buah jambu kristal ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam satu buah jambu kristal tersimpan berbagai macam kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin A, serat, antioksidan dan juga petasium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Semakin dikenalnya buah jambu kristal sebagai salah satu buah layak konsumsi yang memiliki berbagai keunggulan, hal ini dapat kamu manfaat sebagai salah satu peluang bisnis yang baik. Mencoba untuk melakukan budidaya jambu air merupakan salah satu opsi bisnis yang dapat kamu coba. Jika kamu merasa tertarik melakukan hal tersebut, simaklah informasi pada artikel ini karena akan membahas mengenai bagaimana cara budidaya jambu kristal bagi seorang pemula.

Syarat TumbuhJambu Kristal

Sebelum membahas secara lengkap mengenai bagaimana cara budidaya jambu kristal, alangkah baiknya jika kamu juga mengetahui syarat tumbuh dari jambu jenis ini, agar nantinya hasil dari proses pembudidayaan yang akan kamu dapatkan dapat optimal.

Berikut ini adalah sayarat tumbuh yang diperlukan oleh buah jambu kristal:

  1. Dapat hidup di daerah yang memiliki iklim tropis dan sub tropis, yang memiliki intensitas curah hujan 2.000-3.000 mm/tahun.
  2. Ketinggian lokasi pembudidayaan agar jambu kristal dapat tumbuh dengan maksimal adalah 5-1.000 mdpl.
  3. Tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki pH 6-6,5.
  4. Suhu lokasi yang dibutuhkan adalah 20-30 °C.
Baca Juga;  Galaxy M41 Jadi Ponsel Pertama Samsung Dengan Kapasitas Baterai Jumbo 6800 mAh

Cara Budidaya Jambu Kristal Bagi Pemula

Cara Budidaya Jambu Kristal Bagi Pemula

Setelah mengetahui beberapa karakteristik yang dimiliki oleh buah jambu kristal, berikut ini adalah cara budidaya jambu kristal yang dapat kamu gunakan sebagai referensi:

1.Menyiapkan lahan budidaya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin melakukan budidaya jambu kristal adalah menyiapkan lahan budidaya, Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara menyiapkan lahan budidaya yang baik bagi tanaman jambu kristal yang dapat kamu coba praktekan:

  1. Siapakan lahan kosong, lalu lakukan pengolahan tanah pada lahan tersebut dengan acara pencangkulan dan juga membersihkan berbagai macam gulma atau tanaman pengganggu.
  2. Lakukan pembuatan lubang tanaman dengan menggunakan ukuran panjang 40 cm, 50 cm dan tinggi 60 cm, dengan menggunakan jarak tanam antar pohon sebesar 5×5 m.
  3. Letakan tanah hasil galian di sebelah kanan lubang.
  4. Lakukan pencampuran pupuk kandang dan tanah dengan menggunakan perbandingan 1:1  di dalam lubang tanam yang telah selesai dibuat.
  5. Biarkan lubang hasil galian yang telah kamu lakukan selama 15-50 hari.

2.Penanaman bibit

Setelah lahan budidaya telah selesai kamu buat, langkah selanjutnya adalah melakukan penanaman bibit. Bibi yang kamu gunakan dapat berupa bibit hasil produksi sendiri ataupun membelinya di toko-toko bibit tanaman buah yang terpercaya.

Namun jika kamu ingin menggunakan bibit yang diperoleh dengan cara membeli, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika melakukan pembelian bibit:

  • Pastikan bibit yang akan kamu beli memiliki kualitas yang unggul, dengan dibuktikan adanya kepemilikan sertifikat misalnya.
  • Pilihlah bibit dari hasil perbanyakan vegetatif (okulasi/grafting).
  • Bibit telah berumur 12 bulan dan memiliki ketinggian kurang lebih 50 cm.

Setelah bibit jambu kristal yang memiliki kualitas unggul telah berhasil kamu dapatkan, berikut ini adalah cara penanaman yang dapat kamu lakukan:

  1. Sobek atau buka polybag yeng terdapat pada bibit.
  2. Lakukan pengaturan posisi akar dengan memastikan tidak ada bagian akar yang terlipat.
  3. Masukan bibit kedalam lubang tanam dengan meletakkanya kurang lebih 5 cm di atas pangkal batang dan bibit menghadap arah angin. Usahakan agar mata tunas tidak terkubur tanah.
  4. Tutup lubang tanam dengan menggunakan tanah hasil galian.
  5. Tancapkan beberapa batang bambu atau kayu di sekitar bibit yang kamu tanam, dengan tujuan agar bibit dapat tumbuh terus ke atas, bukan ke samping.
Baca Juga;  Cara Hapus Jejak Digital, Biar Tak Menyesal di Kemudian Hari

4.Perawatan

Tindakan perawatan pada tanaman jambu kristal yang telah selesai kamu tanam tidaklah sulit dilakukan. Kamu hanya perlu melakukan pembersihan gulma di sekitar tanaman jambu kristal, melakukan pemberian pupuk penyiraman secara berkala, pemangkasan dan juga melakukan perlindungan pada buah yang sudah mulai muncul dengan menggunakan plastik.

5.Masa panen

Pada umumnya, masa panen pertama jambu kristal dapat dilakukan ketika pohon sudah berumur 2 tahun dan telah memiliki buah. Berikut ini adalah ciri-ciri buah jambu kristal yang telah siap untuk dilakukan pemanenan:

  • Kulit berwarna hijau muda kekuningan.
  • Buah tampak lebih mengkilap.
  • Tercium aroma harum pada buah.
  • Jika dipetik buah sudah terasa manis dan daging buahnya agak lunak.

Setelah pohon jambu kristal yang kamu tanam selama kurang lebih dua tahun telah memiliki buah dengan ciri-ciri di atas, berikut ini adalah cara pemanenan buah jambu kristal yang baik:

  1. Petik buah beserta tangkainya.
  2. Masukkan kedalam keranjang buah secara hati.
  3. Lakukan pencucian buah terlebih dahulu sebelum masuk ke tahap pengemasan.
  4. Jika dalam 1 cabang sudah terpanen semua, segera lakukan pemangkasan, agar cabang bisa berbuah kembali.

Itulah sedikit informasi mengenai bagaimana cara budidaya buah jambu kristal yang dapat daytekno.com sajikan melalui artikel kali ini, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagimu. Terimakasih telah membaca..