Tips  

Cara Gadai Sertifikat Tanah di Bank BRI

Avatar
Cara Gadai Sertifikat Tanah di Bank BRI

Cara Gadai Sertifikat Tanah di Bank BRI  Menggadaikan sertifikat tanah yang dimiliki di Bank BRI menjadi salah satu solusi peminjaman dana yang cukup banyak digemari oleh banyak orang saat ini. Dengan bermodalkan dokumen sertifikat tanah, seseorang dapat memperoleh pinjaman dana dari Bank BRI yang cukup besar, hingga mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah, tergantung dari kondisi dan luas bidang tanah yang tercatat dalam sertifikat tanah tersebut.

Dibandingkan dengan melakukan pinjaman dana secara online (Pinjol) yang saat ini banyak dilakukan oleh kebanyakan orang yang mengalami permasalahan finansial, namun kerap kali menimbulkan berbagai  permasalahan, melakukan peminjaman dana dengan di Bank BRI dengan jaminan sertifikat lebih cocok untuk dilakukan, bagi kamu yang saat ini membutuhkan biaya yang cukup besar, guna keperluan modal usaha atau kegiatan investasi lainnya.

Pemberian pinjaman dengan nominal yang cukup besar, bunga pinjaman yang tidak dalam kategori wajar, serta prosedur peminjaman yang relatif cukup mudah menjadi sebuah keuntungan yang dapat peroleh ketika melakukan pinjaman dana di Bank BRI dengan menggunakan jaminan sertifikat tanah.

Bagi kamu yang saat ini membutuhkan suntikan dana yang cukup besar dan berkeinginan untuk melakukan peminjaman dana di Bank BRI dengan menggunakan bahan jaminan sertifikat tanah, pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba menyajikan sebuah artikel yang akan membahas bagaimana cara gadai sertifikat tanah di Bank BRI yang dapat kamu gunakan sebagai bahan referensi.

Cara Gadai Sertifikat Tanah di Bank BRI

Cara Gadai Sertifikat Tanah di Bank BRI

Bank BRI yang merupakan salah satu bank  milik BUMN, menyediakan berbagai macam produk pinjaman yang dapat dipilih oleh para nasabahnya yang membutuhkan suntikan dana, dengan menggunakan sertifikat tanah yang dimiliki menjadi bahan jaminan.

Bagi kamu yang memiliki dokumen sertifikat tanah dan ingin menggunakannya sebagai barang jaminan di Bank BRI agar mendapatkan dana pinjaman, berikut ini adalah langkah-langkah atau cara melakukan pengajuan pinjamannya:

1. Mendatangi kantor Bank BRI

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin melakukan peminjaman dana di Bank BRI adalah mendatangi kantor Bank BRI yang ada disekitar daerah tempat tinggalmu. Layaknya melakukan peminjaman di tempat atau bank lainnya, tentu kamu perlu membawa segala persyaratan yang dibutuhkan untuk dapat memperoleh dana pinjaman.

Baca Juga;  Windows 10 Game Bar Dapatkan Peningkatan Dan Sejumlah Widget Baru

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus kamu lengkapi dan kamu bawa, ketika kamu mendatangi kantor Bank BRI untuk melakukan pengajuan pinjaman dengan menggunakan sertifikat tanah sebagai bahan agunan atau jaminan:

  • Minimal debitur telah berusia 21 tahun.
  • Fotokopi KTP;
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
  • Fotokopi buku tabungan BRI;
  • Pas foto pasangan suami atau istri (bagi yang sudah menikah);
  • Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB);
  • Formulir permohonan pinjaman BRI;
  • Tidak memiliki riwayat masalah kredit;
  • Mempunyai bisnis yang sudah berjalan minimal 1 tahun;
  • Melampirkan surat izin usaha;

2. Melakukan pengisian formulir pengajuan pinjaman

Setelah kamu sampai di Bank BRI dengan membawa segala persyaratan yang telah disebutkan pada poin-poin di atas telah berhasil kamu, segera ambil nomor antrian yang telah tersedia. Setelah nomor antrian yang kamu dapatkan dipanggil, segera maju dan utarakan niatanmu untuk melakukan peminjaman dana kepada petugas.

Petugas akan memintamu untuk menyerahkan segala persyaratan yang telah kamu lengkapi, dan memintamu untuk melakukan pengisian formulir pengajuan secara lengkap dan benar, sesuai dengan jenis produk pinjaman yang akan kamu pilih.

3. Pemeriksaan dan verifikasi dokumen

Setelah kamu selesai melakukan pengisian formulir pengajuan pinjaman, serahkan formulir tersebut kembali ke pata petugas layanan. Petugas akan melakukan proses pemeriksaan formulir pengajuan yang kamu isi dan juga verifikasi segala persyaratan yang telah kamu berikan.

4. Pengajuan di proses

Apabila setelah melakukan pemeriksaan dan verifikasi dokumen persyaratan yang telah kamu berikan tidak ada kendala atau permasalahan, pihak bank akan melakukan pemrosesan pengajuan pinjaman yang kamu lakukan. Dalam tahapan ini, kegiatan survei lapangan mungkin perlu untuk dilakukan, sesuai dengan data yang tertera pada dokumen persyaratan.

Baca Juga;  Cara Install Game Fortnite di Ponsel Android Tanpa Google Play Store

Hasil dari proses yang dilakukan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan utama layak atau tidaknya pengajuan pinjaman dengan menjaminkan sertifikat tanah yang kamu miliki diterima.

5. Pencairan pinjaman

Setelah pihak bank telah selesai melakukan serangkain proses verifikasi data dan tahap uji kelayakan dinyatakan jika kamu lolos sebagai nasabah yang diperbolehkan untuk mendapatkan dana pinjaman, pihak bank akan mengundangmu untuk menandatangani perjanjian kredit dengan pihak BRI. Setelah itu dana pinjaman dicairkan ke rekening sesuai dengan nomor yang disetujui dan SHM atau SHGB akan ditahan bank sebagai agunan.

Jenis Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Tanah di Bank BRI

Berikut ini adalah beberapa jenis atau produk pinjaman yang disediakan oleh Bank BRI yang dapat dipilih oleh seorang debitur yang ingin melakukan peminjaman dana dengan menggunakan sertifikat tanah sebagai bahan agunan:

1. KUPEDES BRI

KUPEDES BRI merupakan produk pinjaman dengan sistem bunga bersaing yang bersifat umum yang dapat dipilih dan digunakan oleh semua sektor ekonomi. Produk pinjaman KUPEDES BRI ini ditunjukan bagi perorangan maupun badan usaha yang memenuhi telah syarat, dan dapat dilakukan di setiap unit kantor BRI yang telah ada.

Bagi seseorang yang ingin menggunakan produk pinjaman KUPEDES BRI, berikut ini adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh produk pinjaman dari Bank BRI ini:

  • Menggunakan sistem bunga bersaing.
  • Sistem pembayaran angsuran dapat dipilih sesuai dengan kemampuan atau kebutuhan ( Bulanan, musiman, dan lain-lain).
  • Adanya bonus yang akan diberikan kepada debitur yang dapat melunasi pinjaman dengan tepat waktu.
  • Berkesempatan untuk mendapatkan berbagai macam layanan asuransi seperti, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa dan meninggal dunia.

2. KUR BRI

Kredit Usaha Mikro (KUR) merupakan jenis produk pinjaman yang disediakan oleh Bank BRI dengan batas kredit yang mencapai 500 juta. Jenis produk pinjaman ini ditujukan kepada badan usaha atau perorangan yang memiliki kegiatan usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dengan bisnis produktif yang akan mendapat jaminan dari perusahaan penjamin.

Baca Juga;  Cara Memulai Bisnis Konter Pulsa Dan Kuota Untuk Pemula

Melansir dari laman website resmi Bank BRI, berikut ini adalah beberapa program Kredit Usaha Mikro yang disediakan oleh Bank BRI:

  • KUR Mikro

Program KUR  yang menyediakan pinjaman hingga mencapai 50 juta rupiah/debitur.

  • KUR Kecil

Bagi seseorang yang telah memiliki usaha yang telah terbukti produktif  dan layak , Bank BRI menyediakan layanan pinjaman melalui program KUR Mikro, yang memiliki plafon pinjaman lebih dari Rp50 juta sampai dengan Rp500 juta.

  • KUR TKI

Seusai dengan nama program pinjamannya, KUR TKI merupakan produk pinjaman kredit Kredit modal kerja dan atau investasi yang ditujukan bagi mereka yang ingin melakukan keberangkatan ke luar negeri untuk menjadi seorang TKI, sesuai dengan negara penempatan. KUR TKI memiliki limit pinjaman yang mencapai 25 juta rupiah.

3. KPR BRI

KPR BRI merupakan produk pinjaman yang ditujukan bagi para debitur yang ingin melakukan kegiatan pencicilan pembelian rumah. Dengan bermodalkan sertifikat tanah, seorang debitur yang menggunakan produk pinjaman ini dapat memperoleh dana pinjaman hingga Rp10 miliar,  yang dapat diangsur hingga 20 tahun lamanya.

 

Kesimpulan

Melakukan tindakan peminjaman dana dalam bentuk apapun dan menggunakan platform layanan apapun memang bukanlah sebuah hal yang disarankan. Namun jika saat ini kamu membutuhkan suntikan dana yang cukup besar guna melakukan pengembangan usaha atau melakukan sebuah langkah investasi, melakukan peminjaman dana di Bank BRI dengan menggunakan sertifikat tanah sebagai bahan jaminan, mungkin menjadi solusi yang cukup baik.

Namun sebelum melakukan peminjaman dana tersebut, pastikan terlebih dahulu memahami kondisi finansial dan menghitung rasio hutang yang kamu miliki, agar tindakan peminjaman yang kamu lakukan tidak menjadi sebuah sumber permasalahan yang baru, karena kamu merasa terbebani ketika melakukan pembayaran cicilan atau pelunasan.

Terimakasih telah membaca, semoga informasi yang ada pada artikel ini bermanfaat untukmu…