Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram

Avatar
Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram

Menjaga kaca mobil agar selalu berada dalam kondisi bersih merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemilik mobil. Selain menjadikan tampilan mobil agar terlihat bersih dan rapi secara keseluruhan, kebersihan kaca mobil juga akan mempengaruhi kenyaman pengendara.

Kaca mobil yang tampak buram dan kotor dapat menyebabkan penglihatan pengemudi terbatas, sehingga memicu  terjadinya kecelakaan. Tentu saja ini menjadi sebuah permasalahan kecil yang akan menimbulkan efek besar. Maka dari itu, pentingnya untuk kamu melakukan pembersihan kaca mobil yang buram dengan menggunakan cara yang tepat agar kaca mobil kembali bersih.

Faktor Penyebab Kaca Mobil Menjadi Buram

Penyebab timbulnya buram pada kaca mobil dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Pentingnya bagi kamu untuk mengetahui faktor penyebab timbulnya buram pada kaca mobil yang kamu miliki sebelum melakukan langkah pembersihan. Karena setiap faktor  yang menjadi penyebab timbulnya buram pada kaca mobil, akan memerlukan metode pembersihan yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah faktor umum yang menjadikan menyebabkan timbulnya buram pada kaca mobil yang kamu miliki:

1. Air hujan

Air hujan mungkin menjadi penyebab yang paling umum menjadikan kaca mobil tampak buram. Endapan air hujan yang berada di kaca tanpa adanya pembersihan secara langsung akan mengakibatkan timbulnya buram pada kaca mobil. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menyalakan wiper ketika berkendara saat hujan, atau memakirkan mobil di tempat yang teduh ketika tidak digunakan.

2. Debu dan kotoran

Faktor selanjutnya yang dapat menyebabkan kaca mobil menjadi buram dalahan adanya debu dan kotoran yang menempel pada kaca dalam kurun waktu yang lama. Permukaan kaca mobil yang tidak rata di mana ada lekukan yang tidak terlihat oleh kasat mata, dapat menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran.

Debu dan kotoran yang masuk ke celah-celah permukaan kaca tersebut dan tidak segera dilakukan pembersihan, dapat mempengaruhi kejernihan kaca pada kendaraan roda empat milikmu.

3. Jamur

Jamur menjadi faktor penyebab kaca mobil menjadi buram berikutnya yang paling serius. Bukan hanya karena membutuhkan langkah pembersihan yang paling sulit dan rumit, timbulnya jamur kaca mobil yang sudah terlalu banyak, dapat memaksamu untuk melakukan penggantian kaca mobil yang baru.

Baca Juga;  Guna Kelancaran Arus Lalu-Lintas Libur Nataru, Ditlantas Polda Banten Siapkan Sistem Kendali

Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram

Setelah mengetahui beberapa faktor umum yang menjadi penyebab kaca mobil menjadi buram, selanjutnya kamu dapat melakukan langkah pembersihan kaca mobil yang buram dengan benar karena sudah mengetahui faktor penyebabnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan kaca mobil yang buram, sesuai dengan faktor yang menyebabkan timbulnya buram pada kaca mobilmu:

1.Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram Karena Air Hujan

Air hujan menjadi salah satu faktor yang paling umum dan paling sering mengakibatkan kaca mobil menjadi buram. Jika kamu senantiasa menyalakan wiper di saat berkendara dalam keadaan hujan, permasalahan kaca mobil yang buram mungkin tidak akan terjadi. Namun bagaimana jika permasalahan kaca buram pada mobil bisa terjadi karena kamu terlalu sering memarkirkan mobilmu di tempat yang terbuka ketika hujan? Bagaimana cara membersihkannya?

Berikut ini adalah cara membersihkan kaca mobil yang buram karena air hujan:

1.Membasahi kaca mobil dengan menggunakan air bersih

Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin membersihkan kaca mobil yang buram karena terkena air hujan adalah membasahi seluruh bagian kaca mobil dengan menggunakan air bersih. Hal ini dilakukan agar mempermudah dalam melakukan proses pembersihan selanjutnya.

2.Menggunakan pasta gigi

Setelah kamu membasahi seluruh permukaan kaca mobil dengan menggunakan air bersih secara merata, langkah selanjutnya adalah mengolesi bagian kaca yang tampak buram dengan menggunakan pasta gigi secara merata, dan diamkan beberapa saat.

Adanya kandungan Sodium Lauryl Sulfate (SLS) pada pasta gigi, akan membantumu untuk mempermudah mengangkat kotoran yang mengakibatkan kaca mobilmu menjadi buram.

3.Menggosok menggunakan kain

Setelah kamu mengoles bagian permukaan kaca mobil yang tampak buram dengan menggunakan pasta gigi, dan mendiamkannya beberapa saat, langkah selanjutnya adalah menggosok permukaan kaca yang telah diolesi dengan pasta gigi dengan menggunakan kain.

Gosokan kain secara perlahan dan berulang kali, hingga permasalahan buram yang ada pada permukaan mobil tidak tampak lagi. Namun sebelum kamu melakukan langkah ini, pastikan terlebih dahulu kain yang kamu gunakan dalam kondisi bersih dan memiliki tekstur yang lembut. Kelembutan kain perlu kamu perhatikan agar tidak menimbulkan permasalahan lain (lecet) pada kaca mobil ketika kamu gosok.

Baca Juga;  Cukup Krusial, Kapan Mobil Harus Dicuci Pasca Treatment Nano Ceramic?

4.Membilas dengan air bersih dan lap menggunakan kain kering

Setelah proses penggosokan menggunakan kain telah selesai kamu lakukan, langkah selanjutnya adalah membilas seluruh bagian kaca mobil dengan menggunakan air bersih. Langkah ini merupakan bagian dari  untuk mengetahui hasil gosokan yang telah kamu lakukan. Jika masih terdapat bagian yang tampak buram, oleskan kembali pasta gigi pada bagian tersebut, dan gosok kembali menggunakan kain.

Setelah semua bagian yang kau lakukan penggosokan sudah terlihat bersih dan tidak ada lagi kaca yang tampak buram, kamu harus kembali membilas seluruh permukaan kaca mobil hingga benar-benar bersih. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa pasta gigi yang kamu gunakan, tidak ada yang tertinggal.

Setelah semua permukaan kaca mobil sudah kamu pastikan bersih dan tidak ada sisa pasta gigi  yang tertinggal, langkah terakhir yang kamu lakukan adalah mengelap lapisan permukaan kaca dengan menggunakan kain kering. Hal ini dilakukan agar tidak ada bercak-bercak air yang tersisa pada permukaan mobilmu nanti.

2.Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram Karena Debu Dan Kotoran

Cara membersihkan kaca mobil yang buram karena kotoran ataupun debu sangatlah mudah untuk kamu lakukan. Kamu hanya perlu menyiapkan sebuah ember yang berisikan air bersih dan dua lembar kain pembersih yang kering. Kamu hanya perlu mengguyur seluruh bagian permukaan kaca mobil yang tampak buram dengan menggunakan air bersih, lalu lap menggunakan satu kain pembersih yang telah kamu siapkan.

Lakukan pengelapan secara berulang-ulang agar permukaan kaca mobil benar-benar kembali bersih, lalu bilas kembali dengan menggunakan air. Setelah permukaan kaca sudah kamu pastikan kembali dalam kondisi bersih, lakukan pengeringan dengan mengelap menggunakan kain pembersih yang tersisa.

Baca juga : Kaca Lampu Mobil Buram? Begini Cara Mencegahnya!

3.Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram Karena Jamur

Sesuai dengan apa yang telah tertulis pada penjelasan di atas, cara pembersihan kaca mobil buram yang disebabkan oleh jamur lumayan sulit untuk dilakukan. Namun meskipun rumit, kamu dapat menggunakan beberapa bahan pembantu berikut ini untuk melakukan pembersihan, yang dapat kamu temui di sekitarmu.

Baca Juga;  Gak Sama, Ini Perbedaan Sistem Penggerak 4WD dan AWD

1.Menggunakan pasta gigi

Pasta gigi merupakan bahan yang sangat multifungsi. Selain dapat membersihkan kaca mobil yang buram karena air hujan, kamu juga dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkan kaca mobil yang buram karena jamur. Cara pembersihannya pun juga sama seperti membersihkan kaca mobil yang buram karena air hujan. Sangat simpel bukan? wkwkwk.

2.Menggunakan tembakau

Jika kamu berpikir tembakau hanyalah bahan yang berguna untuk pembuatan rokok, kamu salah besar! Tembakau ternyata juga dapat kamu gunakan sebagai bahan pembantu yang efektif untuk membersihkan kaca mobil yang buram.

Berikut adalah langkah-langkah pembersihan kaca mobil yang buram dengan menggunakan tembakau:

    1. Untuk membersihkan kaca mobil dari jamur, rendam dahulu tembakau dalam air dingin selama 15 menit.
    2. Gunakan air yang benar-benar bersih dan tidak tercampur dengan deterjen atau bahan kimia.
    3. Lalu, bersihkan kaca menggunakan air bersih dan siramkan air rendaman tembakau ke kaca.
    4. Gosok dengan menggunakan spons atau bahan lembut lain hingga jamur menghilang, hindari menggunakan lap atau alat pembersih lain yang dapat merusak permukaan kaca.
    5. Setelah selesai, bilas kaca dengan air bersih dan lap hingga kering serta terlihat bersih dan nyaman dipandang.

3.Menggunakan cuka dapur

Bahan terakhir yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan kaca mobil yang buram karena jamur adalah menggunakan cuka dapur atau cuka apel. Berikut adalah cara pembersihannya :

    1. Untuk membersihkan jamur pada kaca mobil, campurkan tiga sendok makan cuka dapur atau cuka apel ke dalam satu liter air bersih.
    2. Kemudian, celupkan kain ke dalam campuran air dan cuka tersebut.
    3. Gosokkan lap pada bagian kaca yang terkena jamur hingga hilang sempurna.

Namun jika kamu merasa ragu untuk menggunakan tiga bahan di atas, kamu dapat menggunakan bahan khusus untuk membersihkan jamur yang terdapat pada kaca mobil, atau mungkin membawa mobilmu yang mengalami kaca buram ke bengkel-bengkel kaca mobil untuk mendapatkan penanganan yang khusus.

Sekian informasi mengenai bagaimana cara membersihkan kaca mobil yang buram. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagimu dan terimakasih telah membaca