Halo sobat Day Tekno, Tahukah kamu, bahwa sekarang menyimpan file tidak perlu memerlukan kartu memori lho! Yah,  salah satunya menyimpan file dan dokumen di telegram / online. 
Cara menyimpan file di telegram
Berbagai aplikasi untuk simpan dokumen dan file online sangat banyak di hp. Namun pada pembahasan kali ini Day Tekno akan lebih fokus ke cara menyimpan file di telegram. 
Menyimpan file di telegram tanpa ada batas dan juga tanpa upgrade ke premium lho. Ketika mengunggah file ke chanel pribadi di telegram secara otomatis akan tersimpan permanen. Usahakan membuat chanel pribadi/private agar publik (umum) tidak bisa mengaksesnya. Langsung ke caranya sob…

Cara Simpan Dokumen dan File di Telegram 

  • Buka chanel telegram pribadi kamu
  • Klik ikon file (gambar seperti paper clip)
Cara membuat telegram jadi penyimpanan online
  • Pilih file jenis apa yang ingin diunggah
  • Klik send/kirim, file akan ke unggah ke chanel pribadi. Selesai
Setelah itu, kamu bisa menghapus file yang ada di memori hp. Agar mudah mencari file yang sudah diunggah, beri nama pada setiap file yang kamu unggah klik atau tahan foto lalu kasih catatan (caption)/tanda. Selesai
Ngomongin chanel pribadi di telegram, Sobat Day Tekno dah tau belum cara membuat chanel pribadi di telegram? Jika belum tau, Sobat Day Tekno bisa baca – baca di ” Cara Membuat Chanel di Telegram “. 
Nah itu lah cara membuat telegram jadi tempat penyimpanan online. Cara ini juga cocok untuk simpan dokumen di telegram dan cara save file di telegram.