Simak penjelasan tentang cara membuka brankas pribadi di hp Oppo oleh Daytekno berikut ini. Pengguna bisa menyimpan dokumen ataupun media digital lainnya ke dalam brankas pribadi, fitur brankas ini tersedia di berbagai merk dan seri smarpthone termasuk Oppo.

Parbikan smartphone asal Tiongkok ini memang selalu memperbarui fitur di produk terbaru mereka termasuk brankas pribadi bahkan ada pula private space yang fungsinya seakan pengguna memiliki dua smartphone dalam satu device.

Apa itu Brankas Pribadi di Smartphone Oppo?

Brankas pribadi atau private safe adalah fitur bawaan smartphone yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan file berupa dokumen, video, musik, dan media digital lainnya ke dalam lemari besi virtual agar orang lain tidak dapat mengaksesnya.

Keunggulan Brankas Pribadi Oppo:

cara membuka brankas pribadi di hp oppo

1. Keamanan Tingkat Tinggi dengan Kemudahan Penggunaan

Brankas Oppo hadir dengan keamanan yang tinggi dan penggunaannya sangat mudah. Kamu hanya perlu memasukkan sandi atau menggunakan sidik jari untuk membukanya. Dengan fitur keamanan ini, kamu dapat yakin bahwa file dan dokumen penting kamu aman dari akses yang tidak sah.

2. Penyimpanan Beragam Jenis Berkas

Brankas pribadi Oppo memungkinkan kamu untuk menyimpan hampir semua jenis file atau dokumen penting. Mulai dari foto kenangan, video berharga, file rar, dan berbagai jenis format lainnya dapat disimpan dengan aman di brankas ini. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir kehilangan atau merasa kesulitan mencari file-file berharga tersebut.

Baca Juga;  Cara Mengganti Favicon Blogger di Versi Terbaru

3. Efisiensi Penyimpanan di Smartphone

Salah satu keunggulan brankas pribadi Oppo adalah tidak memakan kapasitas penyimpanan di smartphone kamu. Hal ini karena brankas menggunakan sistem enkripsi untuk menyimpan file-file penting. Dengan demikian, kamu tetap dapat memiliki ruang penyimpanan yang cukup luas di smartphone tanpa perlu mengorbankan keamanan file-file berharga.

4. Dikembangkan oleh Brand Terpercaya

Brankas pribadi Oppo dikembangkan oleh brand smartphone ternama, OPPO, yang telah dikenal luas akan kualitas dan keandalan produknya. Hal ini menambah tingkat kepercayaan pengguna terhadap brankas ini sebagai solusi penyimpanan berkas penting.

Kekurangan Brankas Pribadi Oppo:

1. Keterbatasan Fungsi Pencarian

Salah satu kekurangan brankas pribadi Oppo adalah keterbatasan dalam mencari file yang ada di dalamnya. Jika kamu tidak mengingat nama file dengan tepat, proses mencari file bisa menjadi kurang efisien. Oleh karena itu, disarankan untuk memberikan nama file dengan deskriptif agar memudahkan pencarian di kemudian hari.

2. Risiko Kehilangan Akses

Meskipun fitur ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi, ada risiko kehilangan akses jika kamu lupa sandi atau sidik jari yang digunakan untuk membuka brankas. Dalam situasi ini, kamu tidak hanya kehilangan akses ke brankas tetapi juga tidak dapat mengakses file-file berharga yang telah disimpan di dalamnya. Sebagai langkah pencegahan, penting untuk selalu mencatat atau mengingat dengan baik sandi yang digunakan.

Cara Mengaktifkan Brankas di Smaprhone Oppo

Sebelum membuka brankas, tentu kita harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu dan kamu juga bisa membuat shortcut pada homescreen supaya lebih mudah untuk mengaksesnya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke Pengaturan
  • Gulir layar ke bawah dan pilih menu Keamanan
  • Geser lagi ke bawah dan pilih menu Brankas Pribadi
  • Atur kata sandi, password, pin atau sidik jari yang kamu gunakan untuk membukanya nanti

Cara Membuka Brankas Pribadi di Hp Oppo

cara membuka brankas pribadi yang lupa kata sandi

Layaknya lemari besi pada umumnya, kamu perlu sandi untuk membuka brankas tersebut sehingga mendapat akses ke file di dalamnya. Inilah fungsi fitur tersebut supaya tak sembarang orang bisa membuka file yang bersifat rahasia.

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Pilih menu Keamanan
  • Masukan kunci keamanan yang sudah kamu buat sebelumnya
Baca Juga;  Meta Setop Bulletin, Layanan Newsletter yang "Seumur Jagung"

Membuka Brankas Pribadi Lewat Photos

  1. Buka aplikasi Photos pada perangkat OPPO.
  2. Pada halaman utama, tahan lama pada menu Photos, Albums, atau Explore yang terletak di bagian bawah layar.
  3. Selanjutnya, sistem akan meminta kamu untuk memasukkan Password, PIN, atau Pattern yang telah ditetapkan sebelumnya.
  4. Apabila berhasil memasukkan data keamanan yang tepat, kamu akan diizinkan untuk mengakses Brankas Pribadi atau Private Safe.
  5. Di halaman Private Safe, kamu dapat membuka dan melihat data yang sebelumnya disembunyikan dengan aman.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat dengan mudah membuka dan mengakses data rahasia yang tersimpan dalam Brankas Pribadi melalui aplikasi Photos pada perangkat OPPO.

Jika kamu ingin cara yang lebih cepat maka buatlah shortcut dengan meletakan icon Brankas Pribadi di homescreen. Caranya tekan icon pengaturan di pojok kanan atas di halaman Brankas Pribadi Oppo. Pilih opsi Pintasan Layar.

Cara Menyimpan File ke Brankas Pribadi Oppo

Cara Menyimpan File ke Brankas Pribadi Oppo

Jika kamu merasa sebuah file itu penting, rahasia atau tak ingin orang lain melihat file tersebut maka lebih baik menyimpannya ke dalam brankas. Bagaimana cara memasukan file ke dalam brankas smartphone?

  • Silakan masuk ke dalam pengaturan ponsel dan arahkan ke opsi ‘Kata Sandi & Keamanan‘.
  • Setelah itu, pilih ‘Kata Sandi Privasi‘ dan tentukan jenis kata sandi yang hendak kamu gunakan, apakah itu numerik, pola, atau alfanumerik.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memperkuat keamanan kata sandi. Mohon ikuti petunjuk yang muncul di layar hingga proses tersebut selesai.
  • Setelah berhasil menyiapkan kata sandi, kamu dapat mengatur Brankas Pribadi dengan membuka menu pengaturan, lalu pilih bagian ‘Privasi‘ dan akhiri dengan memilih ‘Private Safe‘.
  • Masukkan kata sandi yang telah diatur sebelumnya.
  • Berikutnya, pilih folder yang diinginkan dan klik ikon berlogo plus ‘+‘ untuk menambahkan file yang ingin dimasukkan ke dalam Brankas Pribadi. Jika sudah selesai, klik ikon centang untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan.
Baca Juga;  Bagaimana Sistem Pengajuan KUR di BRI 2023?

Cara Mengakses dan Mengembalikan Foto dari Brankas Pribadi Oppo

Jika kamu telah menyembunyikan foto di Brankas Pribadi, namun merasa bahwa hal tersebut tidak begitu perlu, tidak perlu khawatir, kamu dapat dengan mudah mengembalikan file tersebut dari Brankas Pribadi.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Galeri.
  2. Pilih Album yang relevan.
  3. Tahan dan tahan beberapa saat pada tulisan “Album” di pojok kiri atas.
  4. Masukkan kata sandi Brankas Pribadi yang telah kamu atur sebelumnya.
  5. Pilih foto yang ingin ditampilkan kembali, kemudian pilih “Atur sebagai publik” pada ikon gembok.
  6. Terakhir, pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan.

Cara Membuka Brankas Pribadi yang Lupa Kata Sandi

Cara Membuka Brankas Pribadi yang Lupa Kata Sandi

Kemungkinan besar kamu akan lupa password Brankas Pribadi, terutama jika kamu tidak menggunakan fitur tersebut dalam waktu yang cukup lama. Namun, apakah ada cara untuk mengakses Brankas Pribadi jika kita lupa kata sandi? Tentu saja!

Cara memulihkan brankas pribadi dapat kamu lakukan dengan syarat kamu dapat menjawab pertanyaan keamanan yang ditanyakan saat pertama kali membuat password.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka Brankas Pribadi yang lupa kata sandi:

  1. Buka aplikasi Brankas Pribadi.
  2. Pilih opsi “Lupa kata sandi” di bagian bawah kotak kata sandi atau pola.
  3. Pilih pertanyaan keamanan yang sesuai yang kamu ingat dan berikan jawaban yang benar. Atau sebagai alternatif, kamu dapat memasukkan alamat email yang digunakan saat mendaftar Brankas Pribadi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengakses kembali foto-foto yang ada di Brankas Pribadi Oppo.

Adanya fitur brankas pribadi ini membuat pengguna smartphone Oppo tidak perlu menginstall aplikasi tambahan dari Google Play Store karena bisa langsung menikmati layanan ini sebagai fitur bawaan parbrik.

Sehingga data penting sekaligus rahasia milikmu tidak bisa dilihat oleh orang lain sehingga keamanannya terjaga karena butuh akses khusus. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu!

0
Bagikan:
x