Cara Memelihara Kucing Anggora Agar Terjaga Kesehatan dan Kecantikkannya

  • Bagikan
Kucing Anggora merupakan salah sartu jenis kucing yang cukup banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat. Kucing ini memiliki ciri khas bulu yang lebat dan panjang. Bagi nada yang tertarik untuk melihara kucing anggora, maka sebaiknya mengetahui bagaimana cara memelihara kucing anggora dengan benar. Kucing angora merupakan jenis kucing yang membutuhkan kasih sayang serta perhatian yang cukup ekstra. Hal ini dikarenakan anggora termasuk kucing yang manja. Selain itu kucing anggora juga termasuk kucing yang nakal, terutama juka memperoleh perhatian yang cukup dari para pemiliknya.
Cara memelihara kucing anggora

Cara Memelihara Kucing Anggora

Kucing anggora merupakan salah satu jenis kucing yang cukup unik dan menarik, baik secara fisik atau pun tingkah laku. Dengan bulunya yang lembut, panjang serta cantik menjadikannya salah satu jenis kucing yang cukup digemari. Perawatan kucing anggora tentu memiliki perbedaan dengan perawatan kucing biasa. Secara umum, perawatan kucing jenis ini dapat dikatakan susah-susah gampang. Diperlukan adanya perawatan yang teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulunya agar bulunya tetap bersih dan cantik.

Memelihara Kucing Anggora Dengan Tepat

Dengan memiliki bentuk fisik serta bulu yang sangat cantik, perawatan kucing anggora pun tidak terlalu sulit. Oleh karena itu, kucing anggora pun sangat banyak diminati para penggemar kucing. Perawatan yang baik dan benar pada seekor kucing bertujuan agar selalu terjaga kesehatannya serta memiliki bulu yang tambah lebat dan cantik. Bagi anda pemula yang merasa kebingungan dalam memeilihara seekor kucing, terutama kucing anggora.
Berikut ini tipa memlihara kucing anggora secara baik dan benar antara lain:

Sediakan Kandang Yang Luas

Kucing Anggora merupakan salah satu jenis kucing yang senang bermain. Oleh karena itu anda perlu menyediakan kandang yang luas untuk kucing tersebut. Selain itu juga sediakan berbagai jenis mainan termasuk dengan ruang untuk melompat dan memanjat. Hal ini perlu anda perhatikan, karena kucing anggora termasuk dalam jenis kucing yang aktif.

Menjaga Kesehatan Bulu Kucing Anggora

Pada umumnya, kucing membersihkan diri dengan cara menjilati tubuhnya. Akan tetapi dalam memeilihara kucing anggora agar bulunya tetap sehat dan cantik, anda perlu memandikannya setidaknya setap dua bulan sekali.
Perlu anda ketahui, memandikan kucing anggora terlalu sering sangat tidak dianjurkan. Hal ini karenakan bulu kucing anggora terbilang cukup rapuh sehingga sangat rentan untuk terjadi kerontokan apbila dimandikan terlalu sering. Selain menjaga kebersihan bulu kucing anggora, sebaiknya anda juga rutin untuk menyikat atau menyisir bulu kucing setiap hari atau dalam beberapa hari sekali.
Dalam menyisir bulu kucing anggora, anda dapat menggunakan sisir metal bergerigi panjang yang banyak tersedia di toko hewan peliharaan. Dengan menyisir bulu kucing anggora secara rutin, tentu dapat menjaga penampilan agar tetap terawat dan sehat.

Perhatikan Makanannya

Cara memelihara kucing anggora selanjutnya, anda juga harus memperhatikan pakan yang diberikan. Sebaiknya anda memberikan makanan dengan protein yang tinggi. Masing-masing jenis makanan yang anda berikan kepada kucing anggora hendaknya memiliki kandungan protein 40%. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah obesitas yang sering kali terjadi pada kucing.
Selain memperhatikan beberapa cara memelihara kucing anggora di atas, anda juga harus memperhatikan kesehatan kuku, dan gigi. Anda dapat memotong kuku secara rutin dalam beberapa minggu sekali. Untuk kesehatan gigi anda dapat menyikat gigi kucing dengan menggunakan sikat lembut yang telah diolesi pasta khusus kucing. Hal penting lain yang harus anda perhatikan adalah dengan memeriksakan kucing ke dokter hewan agar kesehatan dan kebutuhan vaksinasinya tercukupi dengan baik.
 
0
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x