Cara Memindah Kontak Dari Android ke iPhone

Avatar
Cara Memindah Kontak Dari Android ke iPhone

Bagi para pengguna smartphone dengan jenis android yang mulai berpindah menggunakan ponsel pabrikan dari Apple yaitu iPhone, tentu saja membutuhkan beberapa tips dan juga trik guna melakukan pemindahan data dari perangkat smartphone terdahulu ke perangkat yang baru. Salah satu jenis data yang mungkin dinginkan untuk dilakukan tindakan pemindahan dari perangkat smartphone android ke iPhone adalah data kontak nomor telepon.

Mengetahui cara untuk memindah kontak dari perangkat android ke iPhone merupakan sebuah pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh para pengguna baru perangkat iPhone. Pasalanya, seperti yang sudah kita ketahui bersama, daftar kontak telepon merupakan sebuah file atau data penting yang pada umumnya memiliki jumlah yang cukup banyak, sehingga memerlukan adanya tindakan pemindahan secara cepat.

Melakukan pemindahan kontak dari android ke iPhone secara cepat sebenarnya bukanlah sebuah perkara yang sulit untuk dilakukan. Pasalnya, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan tindakan pemindahan kontak dari dua jenis perangkat smartphone yang berbeda tersebut. Jika kamu merasa penasaran mengenai bagaimana cara memindah kontak dari android ke iPhone tersebut, informasi yang ada pada artikel ini akan menjawab semuanya.

Cara Memindah Kontak Dari Android ke iPhone

Cara Memindah Kontak Dari Android ke iPhone

Untuk dapat memindah kontak yang sebelumnya telah tersimpan di perangkat android ke perangkat iPhone, sebenarnya ada dua jenis cara yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah dua jenis cara tersebut:

1. Melakukan pemindahan tanpa aplikasi

Sudah dituliskan pada uraian di atas, jika melakukan pemindahan kontak dari HP android ke iPhone bukan merupakan sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Pasalnya, tindakan pemindahan tersebut dapat dilakukan bahkan tanpa menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Berikut ini adalah cara yang dapat kamu pilih jika ingin memindahkan file kontak telepon dari android ke iPhone:

  • Melalui sim card

Mungkin sebagian besar pengguna gadget sudah mengetahui jika SIM card yang terpasang dalam sebuah perangkat handphone yang dimiliki dapat digunakan sebagai media penyimpanan untuk menyimpan daftar nomor kontak meskipun tidak menyediakan  kapasitas penyimpanan yang besar.

Baca Juga;  Pembaruan Kumulatif KB4579311 Windows 10 Bawa Perbaikan Dan Peningkatan Fitur Keamanan

Berikut ini adalah tata cara memindahkan kontak dari perangkat android ke iPhone melalui SIM card:

    1. Pada perangkat android, buka pada menu Kontak.
    2. Cari dan klik  menu bergambar tiga garis horizontal.
    3. Klik pada menu pilihan Kelola kontak.
    4. Pilih Ekspor.
    5. Pilih kartu sim untuk menjadi tempat tujuan pengeksporan kontak.
    6. Pilih nomor kontak siapa saja yang akan kamu lakukan tindakan pengeksporan.
    7. Klik Ekspor kembali jika diperintahkan.
    8. Setelah proses pengeksporan selesai dilakukan, cabut SIM card yang terpasang pada perangkat android kemudian pasang ke perangkat iPhone.
    9. Setelah kartu SIM telah terpasang dan terdeteksi di perangkat iPhone, cari dan klik menu Pengaturan di perangkat iPhone.
    10. Klik Kontak, kemudian pilih Impor kontak dari SIM.
    11. Pilih lokasi penyimpanan mana yang akan kamu gunakan untuk menyimpan file kontak tersebut.
    12. Tunggu hingga proses pengimporan selesai di proses.
  • Menggunakan akun Google

Cara selanjutnya untuk memindah kontak dari android ke iPhone adalah dengan melakukan sinkronisasi akun Google di perangkat iPhone, dengan menggunakan akun Google yang digunakan di perangkat android terdahulu. Maka dari itu, kamu harus mengetahui nama dan juga sandi dari akun Google yang akan kamu masukan agar proses pemindahan dapat dilaakukan dengan cepat.

Untuk memindahkan file kontak dari android ke iPhone dengan menggunakan bantuan dari Google Account yang dimiliki dan digunakan sebelumnya adalah sebagai berikut:

      1. Buka menu Pengaturan di perangkat iPhone yang dimiliki.
      2. Klik Mail, lalu pilih Akun.
      3. Klik pada menu pilihan Tambah Akun, kemudian pilih Google.
      4. Ikuti segala petunjuk dan perintah yang diberikan, guan melakukan penambahan akun Google terdahulu di perangkat iPhone.
      5. Setelah proses penambahan akun Google telah berhasil dilakukan, lakukan tindakan sinkronisasi semua data dan informasi yang terdapat pada akun Google yang ditambahkan.
  • Membuat file VCFSelain melalui sinkronisasi dengan menggunakan akaun Google, kamu juga dapat memindahkan kontak dari android ke iPhone secara manual melalui pembuatan file VCF . Caranya adalah dengan mengubah data kontak menjadi file VCF, lalu mengunggahnya ke iPhone.
Baca Juga;  Laptop Murah Untuk Sekolah Online Harga 3 Jutaan

Meskipun cukup memakan waktu karena dilakukan secara manual, namun semua kontak akan berhasil dipindahkan ke iPhone milikmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

      1. Buka aplikasi Kontak pada android dan ketuk menu tiga titik di bagian atas.
      2. Pilih opsi impor/ekspor.
      3. Pilih “ekspor ke file .vcf”. Data kontak akan disimpan di perangkat android.
      4. Setelah disimpan, kirim file tersebut ke iPhone.
      5. Buka file .vcf di perangkat iPhone.
      6. Selesai.

2. Pemindahan menggunakan aplikasi

Selain menggunakan beberapa cara manual di atas (pemindahan tanpa menggunakan bantuan aplikasi), berikut ini ada beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk memudahkan dalam memindah kontak dari perangkat android ke iPhone:

  • Move To iOS

Aplikasi pertama yang dapat kamu pilih dan gunakan untuk membantumu dalam melakukan pemindahan kontak dari android ke iPhone adalah Move To iOS. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi paling direkomendasikan untuk dipilih, pasalnya Move To iOS. merupakan aplikasi yang dibuat sendiri oleh perusahaan Apple, guna memudahkan para pengguna ketika ingin melakukan pemindahan data ke perangkat iPhone.

Berikut ini adalah cara menggunakan Move To iOS, ketika ingin memindahkan kontak dari android ke iPhone:

    1. Unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi Move To iOS pada perangkat android, lalu jalankan aplikasi tersebut.
    2. Buka menu Apps & Data klik Move Data From Android pada perangkat iPhone.
    3. Ketika muncul “Requirements and Approvals” pilih Agree.
    4. Pilih Next and continuepada menu Find Your Code.
    5. Kamu akan dikirimkan sebuah kode yang berisikan 6 digit angka, dan masukan kode tersebut ke aplikasi Move To iOS di android.
    6. Kamu tinggal menunggu proses transfer data selesai.
  • MCBackup

Aplikasi dari pihak ketiga yang dapat kamu gunakan sebagai alat yang dapat mempermudah dalam melakukan pemindahan data berupa file kontak dari perangkat android ke perangkat iPhone adalah MCBackup

Baca Juga;  Pak Wamendag, Kapan Bursa Kripto Indonesia Diluncurkan?

Banyak pihak yang merekomendasikan aplikasi MCBackup ini ketika ingin melakukan transfer data dari dua jenis perangkat yang berbeda dikarenakan tampilan user interface yang dimiliki oleh aplikasi MCBackup ini cukup mudah untuk dipahami dan digunakan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memindahkan kontak dari Android ke iPhone menggunakan MCBackup:

    1. Unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi MCBackup di perangkat android, lalu jalankan.
    2. Pilih opsi “Backup Contacts” untuk mencadangkan kontak
    3. Setelah proses pencadangan selesai, MCBackup akan membuat file .vcf yang berisi kontak yang terdapat pada perangkat android.
    4. Selanjutnya, kirim file .vcf tersebut ke perangkat iPhone, misalnya melalui email atau menyimpannya di cloud storage.
    5. Di perangkat iPhone, buka aplikasi Mail atau cloud storage yang digunakan untuk mengakses file .vcf tersebut.
    6. Unduh file .vcf ke perangkat iPhone.
    7. Setelah file .vcf diunduh, buka aplikasi Kontak di iPhone.
    8. Pilih opsi “Impor Kontak” dan pilih file .vcf yang telah diunduh.
    9. Tunggu proses impor selesai.

Penutup

Itulah beberapa cara yang dapat kamu pilih dan gunakan untuk memindahkan kontak dari perangkat android ke perangkat iPhone yang dapat penulis sajikan. Semua cara yang di sebutkan di atas  tentu merupakan cara yang cukup mudah untuk dilakukan dan memiliki tingkat keberhasilan yang sangat baik jika dilakukan dengan prosedur pemindahan yang benar.

Terimakasih telah membaca….