Cara Memperbaiki Dinamo Ampere Mobil Yang Rusak

Avatar
Cara Memperbaiki Dinamo Ampere Mobil

Cara Memperbaiki Dinamo Ampere Mobil Yang Rusak – Melakukan penambahan berbagai aksesoris lampu pada mobil, mungkin menjadi sebuah kesenangan atau hobi yang dilakukan oleh sebagian orang, guna mempercantik penampilan dari mobil yang mereka miliki. Memiliki sebuah mobil yang dilengkapi dengan berbagai pernak-pernik berupa aksesoris lampu dengan berbagai macam bentuk dan warna, nyatanya memang akan menambah kesan estetik dari sebuah kendaraan mobil.

Namun dibalik kesan estetik dan modis dari adanya tambahan aksesoris lampu pada mobil, ternyata dapat menimbulkan dampak negatif, yaitu membuat dinamo ampere mobil menjadi rusak. Kerusakan ini dapat terjadi karena, daya listrik yang tersimpan pada aki tidak cukup untuk memutar dinamo starter, lantaran dinamo ampere habis untuk menyalakan aksesoris.

Dinamo ampere pada mobil atau alternator berperan sebagai pengganti kinerja aki mobil saat mesin menyala. Listrik yang dihasilkan oleh alternator akan mengisi aki dan dialirkan ke komponen lainnya sehingga mobil dapat bergerak. Jika terjadi masalah pada dinamo, maka komponen yang terkait tidak akan dapat dihidupkan.

Jika sampai permasalahan tersebut terjadi pada mobilmu,tentu saja akan menimbulkan efek yang sangat merugikan. Kamu akan mengalami mesin mobil menjadi ngadat karena kekurangan supply listrik, mobil akan sulit ketika di starter, dan perlu biaya yang cukup mahal jika kamu ingin memperbaikinya.

Penyebab Rusaknya Dinamo Ampere Mobil

Selain adanya pemasangan lampu aksesoris yang terlalu berlebihan, berikut ini adalah permasalahan teknis yang dapat menyebabkan adanya timbulnya kerusakan pada dinamo ampere mobil :

  1. Output energi alternator yang terlalu tinggi
  2. Arus listrik terhambat akibat adanya kontak antara carbon rush dengan slip rings
  3. Belt kendur

Ciri-ciri Dinamo Ampere Mobil Rusak

Dinamo ampere merupakan salah satu bagian dari komponen kelistrikan, yang memiliki peranan yang sangat vital. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa ciri-ciri yang ditunjukan, jika dinamo ampere pada mobil milikmu telah mengalami kerusakan :

Baca Juga;  Lampu Indikator Menyala? Segera Periksa Kesehatan Mobil

1. Indikator aki menyala

Jika indikator aki pada instrument cluster mobilmu tiba-tiba menyala, itu merupakan sebuah tanda jika mobilmu mengalami permasalahan pada bagian kelistrikan. Adanya kerusakan pada dinamo ampere mengakibatkan sistem penyimpanan daya listrik pada aki tidak berjalan dengan baik, sehingga indikator aki akan memberikan peringatan jika aki mengalami permasalahan.

Jika hal tersebut terjadi pada mobilmu, kamu tidak perlu merasa panik. Lakukanlah pengecekan tegangan aki tegangan pada aki mobilmu dengan menggunakan voltmeter, ketika mobil dalam keadaan mesin menyala dan juga mesin mati.

2.Adanya malfungsi komponen

Malfungsi komponen merupakan situasi di mana komponen-komponen yang berada pada mobil, tidak dapat berfungsi dan bekerja secara optimal. Jika terjadi kerusakan pada dinamo ampere pada sebuah mobil, semua komponen yang memerlukan tenaga listrik dalam pengoperasiannya, tidak akan mampu bekerja secara maksimal.

Sebagai contoh, AC tidak terasa dingin, lampu utama redup, dan juga mobil yang tidak dapat distarter karena konsumsi daya listrik tidak cukup.

3.Lampu kabin tampak lebih redup

Lampu kabin yang memerlukan konsumsi tenaga listrik yang bersumber dari aki, tentu akan menerima dampak secara langsung ketika ada permasalahan pada aki. Permasalahan sistem pengisian daya listrik pada aki yang tidak dapat berjalan dengan baik karena adanya kerusakan pada dinamo ampere, akan mengakibatkan lampu kabin mengalami kekurangan supply daya listrik, dan mengakibatkan lampu kabin menjadi redup.

4.Terdengar suara decitan ketika mesin dinyalakan

Munculnya suara decitan pada mesin juga menunjukkan adanya permasalah pada dinamo ampere. Suara decitan tersebut disebabkan oleh ketidak sejajaran posisi pulley, yang mengakibatkan sabuk pada alternator tergelincir, sehingga menimbulkan suara decitan.

Cara Memperbaiki Dinamo Ampere Mobil

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri yang ditunjukan ketika mobil mengalami kerusakan pada komponen dinamo ampere, berikut ini adalah langkah perbaikan yang dapat kamu lakukan, jika terjadi kerusakan pada bagian komponen dinamo ampere mobil :

Baca Juga;  Kapan eCanter Resmi di Jual di Indonesia?

1.Memeriksa bagian bearing dengan puller

Jika beberapa ciri-ciri yang mengindikasikan adanya kerusakan pada dinamo ampere terjadi pada mobilmu, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah melakukan pengecekan pada bagian bearing dengan puller, menggunakan alat dinamo tester.

2.Pembongkaran dan pembersihan

Setelah kamu melakukan pengecekan dengan menggunakan dinamo tester ternyata mengindikasikan adanya kerusakan, kamu dapat melakukan langkah pembongkaran. Lakukan pembongkaran secara total pada semua komponen, lalu bersihkan secara menyeluruh (tidak terkecuali slip ring dan brush), dilanjut dengan melakukan pengecekan pada bagian dinamo ampere.

3.Perakitan dan pengecekan

Jika beberapa langkah tersebut telah selesai kamu lakukan, kamu dapat melakukan pengecekan pada beberapa komponen tersebut (dinamo ampere, bearing, slip ring dan brush), sebelum melakukan perakitan kembali komponen tersebut, dan melakukan pengecekan dengan cara menyalakan mesin mobil. Dalam melakukan perakitan ulang, pastikan terlebih dahulu tidak ada kebocoran pada slip ring.

Namun apabila setelah melakukan beberapa langkah memperbaiki dinamo ampere mobil di atas, permasalahan kerusakan dinamo ampere pada mobilmu tetap saja tidak bisa teratasi, mau tidak mau kamu harus mengganti dinamo ampere mobilmu dengan yang baru. Tentu saja ini merupakan hal yang akan sulit dan juga ribet jika kamu lakukan secara mandiri. Mungkin kamu perlu mengunjungi atau mendatangi bengkel service mobil untuk menangani permasalahan ini.

Baca Juga : Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram

Biaya Perbaikan Dinamo Ampere

Pertanyaan mengenai besarnya biaya perbaikan(service) dinamo ampere mungkin menjadi pertanyaan yang paling kamu ingin tahu jawabannya. Jika berbicara mengenai biaya perbaikan, tentu saja kamu tidak perlu mengeluarkan uang jika dapat berhasil melakukan perbaikan mandiri dengan menggunakan langkah-langkah perbaikan di atas.

Baca Juga;  Mitsubishi Siapkan 7 Mobil Konsep Pada Tokyo Auto Salon 2022

Namun jika kamu ingin melakukan perbaikan dengan menggunakan jasa bantu dari bengkel service, mungkin kamu harus menyiapkan dana kurang lebih Rp 125.000,00. Namun dengan catatan, dinamo ampere mobilmu hanya perlu dilakukan service, bukan mengganti dengan unit yang baru.

Namun jika mobilmu terpaksa membutuhkan unit dinamo ampere yang baru, mungkin kamu harus menyiapkan dana hingga mencapai jutaan rupiah, tergantung dari jenis mobil yang kamu lakukan penggantian dinamo ampere. Pada umumnya, biaya service mobil pabrikan Eropa akan lebih mahal dibandingkan dengan mobil pabrikan Jepang

Penutup

Sekian informasi mengenai bagaimana cara memperbaiki dinamo ampere pada mobil yang rusak, lengkap dengan ciri-ciri timbulnya kerusakan, penyebab adanya kerusakan, hingga besarnya biaya perbaikan dan penggantian. Semoga informasi yang disajikan tersebut dapat bermanfaat bagimu, dan terimakasih telah membaca…